Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Meta Semakin Mengembangkan Layanan Berlangganan Bebas Iklan

Meta
Ilustrasi Meta Instagram dan Facebook | foto: Curiocal.com

Jakarta, Unbox.id – Meta setahap demi setahap memberlakukan sistem berbayar terhadap platform yang ada di bawah naungan mereka, seperti Facebook dan Instagram. Kini, perusahaan teknologi tersebut memberi penawaran menarik terhadap penggunanya.

Perusahaan yang ada di bawah kendali Mark Zuckerberg tersebut akan memberi kebebasan akses pada penggunanya untuk mendapatkan layanan tanpa iklan. Namun, pengguna harus membayar biaya langganan yang berlaku untuk setiap bulannya.

Baca juga: Vivo X100 Series Akan Hadir dengan SoC Dimensity 9300

Pengguna Facebook dan Instagram di UE, EEA, dan Swiss kini dapat membayar €9,99 per bulan untuk web dan €12,99/bulan untuk iOS dan Android. Artinya, layanan tersebut dapat memberi penggunanya pengalaman bebas iklan di seluruh platform media sosial. 

Meta Kembangkan Layanan Berlangganan di Facebook dan Instagram

Biaya bulanan ini akan mencakup semua akun Facebook dan Instagram tertaut yang aktif oleh satu pengguna hingga 1 Maret 2024. Setelah itu, pengalaman bebas iklan pada setiap akun berlaku biaya tambahan €6/bulan di web. Dan €8/ bulan di iOS dan Android. 

Layanan iklan akan tetap tersedia untuk pengguna di kedua platform. Opsi bagi masyarakat untuk membeli langganan tanpa iklan menyeimbangkan persyaratan regulator Eropa sekaligus memberikan pilihan kepada pengguna.

Baca juga: Samsung dan SLBS Buka Studio Pertama di Indonesia

Hal tersebut memungkinkan Meta untuk terus melayani semua orang di UE, EEA, dan Swiss. Dalam keputusannya, Pengadilan Kehakiman Uni Eropa (CJEU) secara tegas mengakui bahwa fitur berlangganan adalah bentuk persetujuan yang sah.

Informasi Lainnya

Siaran pers Meta berbicara tentang komitmennya untuk menjaga keamanan informasi penggunanya dan sejalan dengan Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) UE dan Undang-Undang Pasar Digital (DMA). 

DMA mulai berlaku pada bulan Mei dan menganggap Facebook sebagai penjaga gerbang, yaitu platform digital besar yang menyediakan layanan inti dalam kategori jejaring sosial, yang memaksa Meta untuk mematuhi kewajiban dan larangan peraturan tersebut pada tanggal 6 Maret 2024. 

Daftar larangan DMA mencakup larangan tentang menggabungkan data yang terkumpul dari dua layanan berbeda milik perusahaan yang sama dan melacak pengguna di luar layanan inti platform mereka.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Nasib Instagram Flipside akan berakhir setelah 24 Mei 2024. Bahkan, pada tanggal tersebut, fungsi Instagram yang mirip dengan akun kedua akan dihapus...

Social Media

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp ancam tutup layanannya di India jika terpaksa mengkompromikan enkripsi end-to-end. Perusahaan mengajukan permohonan ke Pengadilan Tinggi Delhi, menentang peraturan TI...

Tech Industry

Unbox.id – Meta meluncurkan versi beta dari alat pembuat gambar real-time bertenaga AI di WhatsApp. Sayangnya, hanya pengguna WhatsApp di AS yang akan mendapatkan...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua...