Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Mengaktifkan Instagram Dark Mode di Android dan iOS

Instagram dark mode_1ig
Ketahui bagaimana cara mengaktifkan Instagram Dark Mode di Android dan iOS. (Sumber: Popular Science)

Unbox.id – Cara kerja IG dark mode pada dasarnya mematikan piksel pada ponsel kita saat diaktifkan. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan beberapa keuntungan, salah satunya hemat baterai. Fitur dark mode Instagram bisa digunakan untuk kedua jenis sistem operasi, baik ponsel Android maupun ponsel Apple iOS. Jika penasaran dengan cara mengaktifkan fitur dark mode di ponsel, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengalihkan IG ke dark mode.

Mengaktifkan Dark Mode di Android

Cara mengganti fitur dark mode di HP Android cukup mudah dilakukan. Namun perlu Anda ketahui bahwa fitur dark mode ini hanya bisa diaktifkan pada smartphone dengan sistem operasi Android 10 atau lebih tinggi.

  • Pastikan jika perangkat yang digunakan sudah menjalankan sistem operasi Android 10. Perlu menjadi catatan kalau tidak semua hp Android mendapatkan sistem operasi ini karena tidak mendukung, atau tahun produksinya sudah lama.
  • Bila hp Android mendapatkan notifikasi untuk update OS Android 10, maka lakukan ini terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, buka menu settings atau pengaturan pada hp Android, kemudian pilih menu display, dan lanjutkan untuk memilih Night Mode dan aktifkan posisinya ke ON.
  • Jika sudah, langsung buka aplikasi Instagram dan lihat apakah tampilannya sudah berubah menjadi gelap. Jika belum, maka cek versi IG kamu apakah sudah terpasang versi terbaru atau belum.
  • Untuk mengembalikan tampilan seperti awal, lakukan langkah ketiga, namun kali ini, aktifkan Night Mode pada posisi OFF.

Mengaktifkan Dark Mode di iOS

Instagram dark mode_2ig

Cara mengaktifkan dark mode di Instagram pada platform iOS cukup mudah untuk di aplikasikan. (Sumber: Techno.id)

Bagi Anda yang menggunakan ponsel iOS, Anda juga dapat mengalihkan layar IG ke mode gelap. Cara mengaktifkan dark mode Instagram di ponsel iOS tidak jauh berbeda dengan ponsel Android. Berikut cara mengalihkan IG ke mode gelap di iOS.

  • Hal pertama yang harus kamu perhatikan jika ingin mengubah Instagram menjadi dark mode adalah pastikan hp tersebut sudah menjalankan sistem operasi iOS 13 atau yang lebih baru.
  • Jika sudah, untuk mengaktifkan tema gelap ini maka kamu perlu membuka menu settings pada hp. Jika sudah masuk, cari menu display dan pilih dark mode.
  • Setelah melakukan langkah tersebut, buka aplikasi Instagram dan lihat bila tampilannya sudah berubah menjadi gelap. Jika belum, lanjutkan pada langkah keempat.
  • Pastikan aplikasi Instagram yang sudah terpasang pada hp iOS kamu adalah versi yang terbaru. Jika belum segera update aplikasi IG kamu.
  • Sama seperti pada hp Android, untuk mematikan tampilan dark mode ini, langsung masuk ke pengaturan dan lakukan langkah yang sama, tapi kali ini matikan mode gelapnya.

Baca juga: Instagram Sedang Uji Coba Fitur Tambahan Musik Ke Foto Carousel

Kelebihan Instagram Dark Mode

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dengan mengaktifkan mode gelap ini adalah membuat mata Anda lebih nyaman saat menjelajah aplikasi Instagram. Ini hanya karena layar ponsel tidak terlalu cerah.

Layar ponsel tidak terlalu terang, sehingga nyaman digunakan secara visual. Tidak hanya itu, layar ponsel yang gelap ini secara tidak langsung tidak akan membahayakan mata kita, apalagi saat menggunakan ponsel dalam waktu yang lama.

Saat layar ponsel terlalu terang, mata kita menjadi tegang. Hal ini akan menurunkan kualitas penglihatan kita dan mata harus bekerja lebih keras untuk melihat. Inilah salah satu penyebab mengapa mata cepat lelah.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Media sosial kini tidak hanya sekedar platform untuk berinteraksi tetapi juga menjadi alat penting bagi masyarakat dan pelaku industri untuk melakukan pemasaran...

Tech Industry

Unbox.id – Salah satu aplikasi media sosial terpopuler, Instagram, disebut-sebut punya fitur baru yang memungkinkan pengguna menjadwalkan ulang foto yang ingin diunggah. Dikutip dari...

Apps & Games

Unbox.id – Meta, perusahaan induk Instagram, baru saja memperkenalkan fitur baru untuk aplikasi jejaring sosial berbagi foto dan video. Fitur baru Instagram (IG) memungkinkan...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id — Facebook dan Instagram mengalami masalah besar di seluruh dunia pada hari Selasa (05 Maret 2024) kemarin. Masalah tersebut mengakibatkan pengguna tidak...