Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Marketplace Favorit Seller Selama Bulan Ramadan

Marketplace online_1mo
Ada beberapa pilihan marketplace online bagi seller yang jadi pilihan selama Ramadan. (Sumber: HiToko)

Unbox.id – Seperti sudah menjadi tradisi, di bulan Ramadhan tahun 2023 ini, kebutuhan belanja masyarakat berkali-kali lipat lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan lainnya. Ini termasuk belanja online yang meningkat dari hari ke hari. Tentu saja, pembelanja online mengandalkan platform marketplace terlengkap, termurah, dan termudah untuk berbelanja, sama seperti penjual akan memilih marketplace yang akan membantu mereka mengembangkan bisnis, meningkatkan penjualan, dan menghasilkan lebih banyak pendapatan, lebih banyak keuntungan.

Survey Terbaru Telah Keluar

Survei terbaru dari Ipsos, perusahaan riset pasar global terkemuka, menyebutkan tiga manfaat teratas yang paling dirasakan penjual online saat menggunakan platform marketplace: membantu meningkatkan penjualan meningkatkan penjualan (84%), memperluas jangkauan pasar (72%) dan membantu menghemat pada biaya promosi yang dikeluarkan (69%).

Banyak inovasi yang ditawarkan oleh platform marketplace yang umumnya berkelanjutan untuk membantu penjual mengembangkan bisnisnya dan menghasilkan keuntungan, serta mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Menurut hasil survei terbaru Ipsos, Shopee (65%) dianggap sebagai pasar penghasil pendapatan terbesar untuk perusahaan penjualan online, berada di atas Tokopedia (16%), TikTok Shop (9%) dan Lazada (6%).

Selain itu, berdasarkan pilihan responden, Shopee (59%) juga menjadi pasar peringkat teratas yang paling menguntungkan bagi peritel online, diikuti oleh Tokopedia (20%) di posisi kedua dan TikTok Shop (8%), serta Lazada (7%).

Menurut Andi Sukma, Country Service Group Manager, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia, kehadiran pasar tersebut menjadikan belanja online menjadi salah satu alternatif utama untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Deretan Aplikasi Populer Yang Paling Menguras Baterai Ponsel

Pilihan Utama Penjual

Shopee Online_1so

Shopee menjadi salah satu platform marketplace online pilihan seller yang populer selama bulan Ramadan ini. (Sumber: Jatengnews)

Seiring dengan tuntutan tersebut, beberapa pelaku usaha berusaha untuk memenuhi minat pembeli yang kuat dalam berbelanja online dengan mengandalkan marketplace sebagai platform penjualan mereka, ujarnya, yang pada akhirnya membawa keuntungan bisnis bagi mereka.”

Melalui survei ini, lanjutnya, kami juga ingin menentukan merek/merek platform pasar mana yang menjadi pilihan utama penjual dalam memasarkan produknya dan faktor apa yang menentukan pilihan mereka.

Untuk mengetahui kualitas citra pelaku e-commerce atau platform marketplace dengan penjual, Ipsos menggunakan beberapa metrik antara lain: Dari segi indeks Top Of Mind (TOM), Shopee mengungguli pasar lain.

  • Shopee: 67%
  • Tokopedia: 16%
  • Tiktok Shop: 6%
  • Lazada: 6%

Artinya, ketika penjual online mendengar tentang platform marketplace, Shopee adalah merek pertama yang dipikirkan sebagian besar penjual. Berdasarkan indeks Most Used Brands (BUMO), platform pasar yang paling banyak digunakan oleh penjual online adalah Shopee yang memimpin dengan 80%, disusul Tokopedia (10%), TikTok Shop (6%), dan Lazada (3,%).

Selanjutnya dengan menggunakan pendekatan rasio loyalitas diketahui bahwa kinerja Shopee dinilai sangat baik sebesar 84%, diikuti oleh Tokopedia (14%), TikTok Shop (10%) dan Lazada (6%).

Baca juga: Deretan Aplikasi Di Anroid IOS Untuk Tunggu Waktu Berbuka Puasa

Menjelang Momentum Ramadan

Dari hasil penelitian di atas, pada malam menjelang Ramadhan pasar berperan penting dalam memfasilitasi dan mempersiapkan segala aspek yang lebih baik bagi penjual untuk meningkatkan kegiatan usahanya, salah satunya daya tarik fisik saat ini.

Survei ini juga mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi penjual online dalam memilih platform marketplace yang mereka gunakan.

84% responden setuju bahwa kampanye dan promosi bertema adalah fitur yang paling sering digunakan dan berdampak positif bagi bisnis mereka, diikuti oleh fitur streaming langsung (81%) dan konten video pendek (55%).

Secara khusus, dibandingkan dengan platform pasar elektronik, lebih dari setengahnya menilai Shopee (62%) sebagai pasar yang memberikan promosi paling menarik bagi pelanggan, diikuti oleh Tokopedia (16%), Tiktok Shop (12%) dan Lazada (6%).

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Huawei

Unbox.id – Huawei kabarnya akan merilis Gopaint, sebuah aplikasi melukis yang dikembangkan oleh Huawei untuk tablet. Merujuk pada akun resmi Huawei, Gopaint akan segera...

Huawei

Unbox.id – Huawei semakin aktif berkolaborasi dengan pengembang untuk menciptakan berbagai aplikasi asli untuk sistem operasi selulernya HarmonyOS. Undangan ini disampaikan oleh Rotating Chairman...

Tech Industry

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...

Tech Industry

Unbox.id – Belakangan ini banyak beredar pemberitaan tentang pengemudi transportasi online yang memaksa penumpangnya untuk mentransfer uang bahkan hingga melakukan kekerasan. Kabar ini pun...