Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Manfaat QRIS bagi pebisnis

QRIS
QRIS bagi pebisnis

Unbox.id-Setiap pebisnis pasti tidak asing lagi sistem pembayaran digital. Pembayaran digital adalah platform berbasis teknologi yang menjembatani proses transaksi non tunai baik kepada merchant online maupun offline. Pembayaran digital itu bisa berupa Mobile Banking, kartu kredit/debit, E-Money, E-Walet dan QRIS.

Bagi konsumen, sistem pembayaran digital memudahkan mereka untuk berbelanja tanpa harus membawa uang cash. Bagi pebisnis, memudahkan anda untuk menyimpan dan mengelola arus kas setiap transaksi.

Kali ini Unbox akan merekomendasikan pembayaran digital yang sangat mudah dan praktis untuk pebisnis yaitu QRIS.

Baca Juga :Aplikasi Kasir Pintar Versi Olsera

Apa itu QRIS?

QRIS (quick response code indonesia standard) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai penyelenggara sistem pembayaran yang mengunakan QR Code.

QRIS pembayaran digital dibuat oleh Bank Indonesia (BI) yang mulai diberlakukan secara nasional pada Januari 2020, dapat digunakan oleh berbagai industri teknologi finansial.

Manfaat QRIS

Sistem transaksi simpel dan mudah

Sistem QRIS

Sistem Qris

Pebisnis cukup memiliki 1 QR (quick response) code, maka pebisnis akan langsung menerima pembayaran non tunai yang telah di scan QR code oleh konsumen.

Alternatif pembayaran yang beragam.

apk QRIS

aplikasi QRIS

Konsumen dapat memilih sistem pembayaran digital dari berbagai akun E-wallet yang konsumen miliki, seperti gopay, OVO, Dana dan lainnya yang mendukung QRIS.

Meminimalisir penyebaran uang palsu

Agar pebisnis dapat terhindar dari penipuan pembayaran melalui uang palsu. dengan adanya QRIS pebisnis dapat meminimalisir penyebaran uang palsu terhadap konsumen lainnya.

Keamanan transaksi terjamin

QRIS menggunakan sistem pembayaran dengan memindai code QR dimana setiap transaksi yang dilakukan membutuhkan kode atau PIN persetujuan.

Jika terdapat transaksi yang tidak wajar, pebisnis dapat melaporkan ke E-wallet atau penyedia layanan yang bersangkutan secara online.

Transaksi tercatat dan akurat.

Semua transaksi akan tercatat secara otomatis dengan QRIS,  pebisnis dapat melihat riwayat traksaksi QRIS kapan saja sehingga pengeloan keuangan lebih efisien.

Proses transaksi yang cepat

Pemindaian beberapa detik dengan QRIS konsumen dapat melakukan pembayaran secara cepat. Hal ini dapat menghindari antrian panjang di kasir.

Pendaftaran yang mudah

Pebisnis tidak perlu mengunjungi bank atau finance lainnya, cukup dengan mendaftar QRIS melalui alamat www.qris.id

Pebisnis sudah dapat menerima pembayaran dari mana saja dan kapan saja.

 

Persyaratan daftar QRIS untuk pebisnis

Agar proses pendaftaran berjalan lancar,  berikut syarat yang harus sahabat Unbox siapkan :

  • scan KTP asli pemilik usaha
  • nomor kartu keluarga sesuai KTP
  • scan AKTA perusahaan sesuai nama badan usaha
  • scan NPWP
  • scan surat kuasa asli apabila ada perwakilan.

 

QRIS juga dapat digunakan untuk penggalangan donasi atau yayasan, syaratnya :

  • scan KTP asli orang penanggung jawab donasi
  • nomor KK sesuai KTP yang terdaftar
  • scan NPWP
  • AKTA pendirian yayasan
  • surat yayasan resmi atau surat ketetapan pemerintah
  • download formulir registrasi InterActive QRIS dan menandatanganinya
  • surat kuasa untuk perwakilan

 

Baca juga : Aplikasi Desktop Jarak Jauh

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini, Instagram telah meluncurkan fitur baru yakni kode QR yang memungkinkan para pengguna untuk membagikan postingan melalui kode QR. Instagram...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Di zaman yang serba digital saat ini sudah terdapat banyak pembayaran digital yang dapat memudahkan penggunanya. Kini pembayaran dapat dilakukan secara...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Dengan berbagai fitur canggih smartphone masa kini, anda hampir dapat melakukan apa saja. Termasuk dengan mengakses informasi menggunakan kode QR atau...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Jika Anda perhatikan, saat ini setiap benda yang dijual di supermarket selalu memiliki barcode. Barcode atau kode batang merupakan garis hitam...