Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Mengenal Apa itu QR Code dan Bagaimana Cara Membuatnya

QR
Ilustrasi foto : berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Dengan berbagai fitur canggih smartphone masa kini, anda hampir dapat melakukan apa saja. Termasuk dengan mengakses informasi menggunakan kode QR atau kode respon cepat (quick response code). Bagi anda yang penasaran tentang fitur yang tercipta sejak tahun 1994 ini, mari simak ulasan redaksi di bawah ini

Kode QR sudah ada sejak tahun 1994 oleh perusahaan teknologi asal Jepang, Denso Wave. Kecanggihan tersebut memudahkan masyarakat yang ada di Jepang untuk mengakses informasi melalui gadget mereka. Pada tahun 2004, ia mendapatkan standarisasi untuk terus berkembang dan diperkenalkan ke seluruh dunia pada tahun 2010.

baca juga : Anuchard Game Action RPG Pendek Indonesia Untuk Gamer Jadul

Sayangnya, ketika fitur QR ini meluas ke seluruh dunia, popularitasnya justru kian menurun karena saat itu belum banyak pengguna smartphone. Hingga beranjak ke tahun 2014-2019, ia kembali naik daun saat pengguna ponsel pintar semakin menjamur. Pemanfaatan teknologi tersebut baru benar-benar terasa tepatnya pada tahun 2020.

Dengan menggunakan barcode ini, orang bisa dengan mudah mengakses situs, alamat, atau pesan tanpa perlu repot-repot menyalin teks. Barcode seperti ini bisa dengan mudah anda temukan di berbagai tempat. Di bungkus makanan, undangan pernikahan, bahkan untuk pembayaran di toko atau tempat parkir, anda bisa menggunakan scan.

Cara Mudah Membuat Kode QR Sesuai Kebutuhan Anda

Bagi anda yang penasaran bagaimana membuat kode tersebut, kali ini redaksi akan merekomendasikan dua cara. Pastinya, kedua cara ini sangat mudah. Meski anda dapat membuatnya melalui smartphone, akan lebih nyaman jika menggunakan desktop yakni laptop atau PC.

Ilustrasi foto : berbagai sumber

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk membuat kode ini adalah menggunakan QR Code generator. Anda tinggal membuka akses ke situs tersebut, kemudian pilih jenis barcode yang ingin anda buat. Selain membagikan link atau teks biasa, anda bisa memanfaatkan fitur lain seperti membagikan audio, gambar, atau video.

Misalnya, anda ingin membagikan lokasi Google Maps menggunakan kode tersebut, pertama anda harus menyalin link maps tujuan yang anda inginkan. Kemudian tempel link tersebut pada kolom link yang sudah tersedia pada pembuat kode. Tunggu beberapa detik, kode yang anda inginkan sudah siap. Selain itu, anda juga bisa menambahkan logo di tengahnya.

baca juga : Motorola Kembangkan HP Layar Gulung, Dapat Kode Nama Felix

Cara kedua untuk membuat kode adalah menggunakan aplikasi Canva. Anda yang sudah sering membuat desain poster pastinya tahu bagaimana cara menggunakannya. Kali ini, anda bisa membuat barcode yang bisa langsung anda tempel pada poster tersebut. Dengan begitu, orang tidak harus repot-repot menyalin link atau kontak yang ingin anda bagikan.

sumber : berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

How To

Jakarta, Unbox.id – Anda sedang panik karena foto dalam galeri iPhone tidak sengaja terhapus? Tenang saja, ada cara untuk mengembalikannya lagi. Foto bisa menjadi...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Majunya teknologi saat ini memungkinkan kita untuk dapat melakukan berbagai hal dengan mudah dan cepat hanya dengan smartphone, salah satunya yakni...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Smartphone entry-level atau low end selama ini dikenal sebagai kelas smartphone dengan harga yang terjangkau dan bersahabat. Mereka hadir untuk memenuhi...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Jika Anda perhatikan, saat ini setiap benda yang dijual di supermarket selalu memiliki barcode. Barcode atau kode batang merupakan garis hitam...