Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Ketahui Apa E-Wallet Yang Paling Populer di Indonesia

E-Wallet Indonesia_1a
E-Wallet Indonesia. (Sumber: Ajaib)

Unbox.id – Kemajuan teknologi telah mengubah banyak sistem kehidupan termasuk dalam dunia jual beli (online dan offline) sehingga sistem pembayaran dapat mengalir dengan mudah dan cepat. Salah satunya adalah teknologi e-wallet atau dikenal juga sebagai dompet elektronik. Kasing aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk memproses pembayaran langsung dari ponsel Anda. Perkembangan aplikasi dompet digital ini juga cukup luas dan bisa Anda gunakan secara mobile, contohnya GoPay, OVO, Dana, LinkAja dan lainnya. Yang pasti transaksi pembayaran Anda akan jauh lebih mudah jika menggunakan aplikasi E-Wallet. Namun, dengan maraknya aplikasi pembayaran digital ini, mana yang terbaik? Untuk itu kami mencoba memberikan gambaran mengenai kelebihan dan kekurangan dari 4 aplikasi dompet digital terpopuler di Indonesia ini. Berikut ulasannya.

OVO

Ovo App_2b

Ovo App. (Sumber: Narasi TV)

Dengan meluncurkan halaman Wikipedia, OVO (PT Visionet Internasional) telah diizinkan beroperasi sebagai perusahaan fintech di seluruh Indonesia pada 25 September 2017. Per Oktober 2019, OVO bernilai sekitar 2,9 miliar USD dan merupakan perusahaan unicorn. OVO sendiri didirikan oleh Grup Lippo.

Ada manajemen keuangan, bagaimana melakukan? Coba atur di menu Finance, lalu pilih Budget. Karenanya, berkat riwayatnya, Anda bisa mengecek berapa pengeluaran yang telah dilakukan. Ketika Anda mengetahui pengeluaran Anda, Anda akan dapat mengelolanya dengan lebih baik.

Ada beberapa metode pembayaran yang bisa digunakan dan prosesnya sangat cepat, serta transaksi Anda selalu menggunakan PIN. Sehingga keamanannya benar-benar terjamin. Cara top up OVO juga sangat mudah untuk anda lakukan.

Poin OVO ini merupakan reward yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan OVO. Anda dapat menukarkan poin OVO dengan kupon atau promosi di layanan OVO.

Dari setiap perdagangan yang Anda lakukan di merchant yang bekerja sama dengan OVO, Anda bisa mendapatkan poin. Poin-poin ini dapat dikumpulkan dan kemudian ditukarkan dengan penawaran dan diskon eksklusif.

Dana

Didirikan pada tahun 2018, dompet digital Indonesia (Dana) dikelola oleh PT Espay Debit Indonesia Koe. Dua sponsor utama Dana tersebut adalah Grup Emtek dan Ant Financial (operator Alipay). Mereka hanya fokus pada pembayaran tanpa uang tunai dan tanpa kartu.

Di berbagai toko yang dilengkapi sensor Dana, pengguna dapat melakukan pembayaran produk hanya dengan menghubungkan perangkat dengan aplikasi Dana ke sensor yang tersedia.

Kemampuan untuk membayar tagihan. Menggunakan Dana Anda dapat dengan mudah membayar tagihan Internet, Listrik, Air, Telepon, BPJS, Kabel dan Asuransi.

Jangkau pedagang terkenal. Anda tidak lagi khawatir dengan pembayaran karena Dana bekerja sama dengan beberapa merchant atau merchant ternama yang tersebar di seluruh Indonesia seperti XXI, Alfamart, BCA, BPJS Kesehatan, dll.

Promosi yang menarik. Anda bisa mendapatkan keuntungan berupa potongan harga atau cashback setiap kali Anda bertransaksi di merchant yang bekerja sama dengan Dana. Gratis transfer antar dana dan antar bank. Salah satu fitur dana ini memungkinkan Anda mengirim uang ke pengguna dana lain secara gratis atau antar bank dan tentunya lebih cepat.

Baca juga: Manfaat QRIS Bagi Pebisnis

GoPay

GoPay_3c

GoPay. (Sumber: Forosla)

GoPay adalah bagian dari Gojek. GoPay sendiri diluncurkan pada tahun 2013 dan mendapat lisensi kripto atau mata uang kripto dari Bank Indonesia pada September 2014. Layanan tersebut merupakan pembaruan dari Gojek Credit.

Paket data dan kredit dapat dibeli. Menggunakan GoPay, Anda dapat mengisi data dan pulsa. Cara ini akan lebih efektif karena Anda harus pergi ke konter untuk membeli.
Bayar tagihannya. Anda dapat membayar beberapa tagihan dengan GoPay, seperti BPJS, tagihan listrik, dan pulsa. Anda bisa menggunakan layanan Go Bills di Gojek untuk membayar berbagai tagihan dengan GoPay.

Pembayaran utama untuk semua layanan Gojek. Anda tidak perlu khawatir menyiapkan uang atau memotong uang untuk membayar driver Gojek.

Karena otomatis akan terpotong dari saldo Gopay Anda. Dan jika GoPay Anda habis, Anda dapat mengisi ulang secara instan tergantung bagaimana Anda mengisi ulang GoPay, baik melalui driver Gojek atau ATM.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Perlindungan data sepertinya menjadi hal yang sangat penting di era digital. Salah satunya terkait foto dan video yang tersimpan di smartphone. Ini...

Apps & Games

Unbox.id – Tautan atau URL adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada alamat situs web. Biasanya URL atau link ini berisi kode yang agak...

Social Media

Unbox.id – Kehadiran smartphone telah mengubah cara hidup kita, bahkan saat kita ingin mencatat. Dulu untuk menulis sesuatu harus mencari kertas dan pulpen, sekarang...

Tech Industry

Unbox.id – Pendiri Meta Mark Zuckerberg telah mengumumkan bahwa bank sentral Brasil telah menyetujui peluncuran fitur baru pada layanan pembayaran milik Meta Platform di...