Connect with us

Hi, what are you looking for?

Spesifikasi & Harga

Intel Hadirkan 6 Prosesor Generasi ke-13 Terbaru

Intel 13 gen_1
Produsen Intel hadirkan proseor generai ke 13 terbaru yang memiliki spek mumpuni. (Sumber: CPU Ninja)

Unbox.id – Sebuah perangkat laptop ataupun komputer pastinya diperlukan suatu spek yang mumpuni dan bisa menjadi pilihan bagi para penggunanya. Seiring akan hal tersebut, produsen Intel memang telah dikenal cukup lama dalam hadirkan sebuah produk perangkat teknologi yang mumpuni untuk bisa menambah performa dari seriap perangkat laptop maupun komputer yang ada. Lebih lanjut, perusahaan teknologi ini dikabarkan akan menghadirkan prosesor generasi ke-13nya yang mana hal ini bisa menjadi prosesor yang mumpuni untuk aktivitas penggunaan perangkat laptop atapun PC yang canggih.

Intel Hadirkan Prosesor Generasi Terbarunya

Intel 13 gen_2

Perusahaan teknologi ini hadirkan prosesor generai ke 13 yang mumpuni dan berspek tinggi. (Sumber: Tom’s Hardware)

Menjadi sebuah produk yang cukup mumpuni dan telah dipilih oleh para penggunanya, produsen Intel memang selalu hadirkan produk-produk berkualitas dan juga berspesifikasi tinggi. Dalam hal ini, Intel memang selalu hadirkan spek yang tidak main-main yang mampu memberikan pengalaman terbaik bagi para pengguna laptop ataupun PC di seluruh dunia.

Sejalan akan hal tersebut, belum lama ini produsen teknologi tersebut telah menghadirkan sebuah prosesor terbaru yang bisa menambah daya penggunaan perangkat laptop maupun PCnya agar lebih mumpuni. Dalam hal ini, produsen Intel tersebut menghadirkan beragam prosesor generasi terbarunya yang bisa dipilih dan juga diboyong oleh para penggunanya untuk menyesuaikan kebutuhan dari penggunaannya tersebut.

Hal ini dapat terlihat di mana prusahaan teknologi ini merilisnya pada acara yang bertajuk Intel Innovation di tanggal 27 September 2022 silam. Pada acar ini, pihak intel bahkan memasukkan hingga tak kurang dari enam jenis prosesor terbaru yang mumpuni. Ke enam prosesor ini akan masuk ke dalam prosesor generasi-13 di mana akan bisa menjadi suatu spek yang mumpuni.

Dengan memberikan kode Raptor Lake, ke enam prosesor ini adalah ntel Core i9-13900K, Intel Core i9-13900KF, Intel Core i7-13700K, Intel Core i7-13700KF, Intel Core i5-13600K, dan juga Intel Core i5-13600KF. Prosesor-prosesor berspek tinggi tersebut nantinya diharapkan bisa menjawab kebutuhan pasar dengan performa spek yang mumpuni dengan teknologi terbarunya itu.

Baca juga: Sah! Intel Resmi Dapat Kontrak Produksi Chipset Bagi Android

Mleihat Kemampuan Dari Proseor Terbaru Intel

Seiring dengan dihadirkannya produk prosesor terbaru dari Intel ini, pihak Intel sendiri menyematkan bahwa spesifikasi dari setiap produknya akan dikenal cukup mumpuni untuk bisa diboyong oleh para penggunanya. Hal itu dapat terlihat di mana proseor terbaru dari Intel ini telah dirancang dengan proses fabrikasi Intel 7. Dengan arsitekturnya yang dikenal Hybrid, prosesor ini nantinya akan mengandalkan Performances Cores (P-Cores) dan Efficiency Cores (E-Cores) untuk sistemnya.

Tak hanya sampai di situ saja, pihak perusahaan ini juga menyematkan bahwa prosesor generasi 13 ini pastinya akan lebih cepat dibandingkan dengan seri-seri generasi sebelumnya. Hal itu dapat terlihat di mana produsennya tersebut mengklaim performa prosesornya ini akan lebih cepat 41 persen ketika di dalam penggunaannya. Selain itu, prosesor ini juga dibekali dengan jumlah inti mencapai 24 inti (8 P-Cores dan 16 E-Cores) dengan jumlah 32 threads, serta total cache (L2+L3) yang mencapai 68 MB di dalamnya tersebut.

Sementara untuk kecepatan P-Cores yang dihadirkan di dalam prosesor ini, proseor generasi ke-13 ini akan mempunyai kecepatan base clock hingga mencapai 3,0 GHz. Kecepatan ini dikabarkan akan bisa ditingkatkan mencapti 5,8 GHz apabila para penggunanya mengaktifkan mode boost. Selanjutnya untuk bagian E-Cores, prosesor ini mempunyai kecepatan base clock sebesar 2,2 GHz dan akan mencapai 4,3 GHz apabila mode boost telah diaktifkan.

Baca juga: Intel Hadirkan Chip Khusus Untuk Mining Bitcoin

Harga Dari Prosesor Generasi 13 Keluaran Intel

Intel 13 gen_3

Proseor yang dihadirkan di generasi 13 ini akan memiliki harga yang sebanding dengan speknya. (Sumber: Wccftech)

Soal harga, perusahaan teknologi ini juga memberikan harga yang cukup kompetitif untuk bisa diboyong oleh para penggunanya. Harganya tersebut bisa dikatakan cukup sebanding dengan apa yang akan dihadirkan oleh produknya tersebut. Lebih lanjut, berikut adalah daftar harga prosesor Intel generasi ke 13 yang telah dirilis tersebut.

  • Intel Core i9-13900K: 589 USD setara Rp. 8,9 juta
  • Intel Core i9-13900KF: 564 USD setara Rp. 8,5 juta
  •  Intel Core i7-13700K: 409 USD setara Rp. 6,2 juta
  • Intel Core i7-13700KF: 384 USD setara Rp. 5,8 juta
  • Intel Core i5-13600K: 319 USD setara Rp. 4,8 juta
  • Intel Core i5-13600KF: 294 USD setara Rp. 4,4 juta

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Pemerintah Tiongkok telah mengeluarkan pedoman yang melarang penggunaan prosesor AMD dan Intel. Menurut Financial Times, seperti dikutip Engadget, larangan prosesor AS menandai...

Review Produk

Jakarta, Unbox.id – Lenovo GeekPro Gaming Desktop 2024 telah rilis di negara asalnya, Tiongkok. Produk tersebut memiliki beberapa tambahan baru pada jajaran mesin gaming...

Tech Industry

Unbox.id – Pemerintah AS disebut-sebut sedang mempertimbangkan untuk memberikan subsidi lebih dari USD 10 miliar atau setara sekitar Rp 157 triliun kepada Intel Corp....

Review Produk

Jakarta, Unbox.id – Pada bulan Januari lalu, perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung telah meluncurkan laptop seri Galaxy Book 4. Peluncuran perangkat laptop ini...