Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Instagram Uji Coba Pindahkan Unggahan Video ke Reels

Instagram Uji Coba Pindahkan Unggahan Video ke Reels (sumber: vamp-brands.com)
Instagram Uji Coba Pindahkan Unggahan Video ke Reels (sumber: vamp-brands.com)

Jakarta, Unbox.id – Instagram dikabarkan sedang menguji tampilan baru dimana rencananya akan memindahkan seluruh unggahan video pengguna ke platform Reels.

Pihaknya mengungkapkan bahwa perubahan yang saat ini sedang diuji oleh pengguna tertentu di seluruh dunia tersebut adalah merupakan bagian dari rencana mereka guna untuk menyederhanakan unggahan dan meningkatkan pengalaman video di Instagram.

Menurut unggahan konsultan media sosial yakni Matt Navara, pengguna nantinya akan menemukan pemberitahuan bahwa video yang akan mereka unggah akan muncul sebagai Reels.

Ia juga membagikan sebuah tangkapan layar yang menampilkan pesan yang mengatakan bahwa apabila akun bersifat publik, maka video pengguna akan dapat dilihat oleh siapapun melalui Reels. Sebaliknya, jika akun disetel sebagai privat, Reels hanya dapat dilihat oleh pengikut saja.

Baca juga: Instagram Akan Hadirkan Fitur Verifikasi Usia

Selain itu, Reels yang sudah diunggah juga dapat dibuat remix oleh pengguna lainnya dengan catatan akun tersebut bersifat publik. Jika Anda juga dapat menonaktifkan fitur tersebut agar video Anda tidak dibuat remix. Selain itu, pengguna juga tetap dapat menggunakan audio asli dari Reels tersebut untuk unggahan Reels mereka sendiri.

Di samping itu, pindahnya unggahan video menjadi Reels, tentu akan menimbulkan beberapa pro dan kontra, termasuk bagi video dengan format horizontal. Hal ini tentu akan menyulitkan pengguna Instagram untuk mengunggah video yang berformat horizontal karena Reels sendiri adalah berformat video vertikal.

Perubahan yang masih dalam tahap pengujian ini juga masih belum jelas apa yang akan terjadi pada video yang sudah pengguna unggah di Instagram, dan apakah pengguna masih akan diizinkan untuk mengunggah video hingga 10 menit, atau 60 menit pada akun terverifikasi.

Instagram Reels (sumber: techcrunch.com)

Instagram Reels (sumber: techcrunch.com)

Pihak Instagram mengungkapkan bahwa pengujian tampilan baru ini tak lain berkat para pengguna Instagram yang menghabiskan sekitar 20% waktunya di Reels selama membuka aplikasi Instagram. Tak heran jika mereka ingin memperluas fitur Reels dengan memindahkan seluruh unggahan video pengguna.

Hal tersebut juga merupakan salah satu upaya Instagram untuk bersaing dengan TikTok. Dengan adanya pembaruan ini, pihaknya berharap unggahan pengguna dapat menjangkau audiens yang lebih besar di Instagram dan Facebook.

Tahun lalu, Adam Mosseri selaku CEO Instagram juga mengungkapkan bahwa Instagram saati ini bukan lagi aplikasi berbagi foto, dan lebih memprioritaskan video di tengah persaingan yang signifikan dengan TikTok dan YouTube. Ia juga menambahkan bahwa pihaknya akan mengalihkan fokusnya ke video, belanja, dan pengiriman pesan.

Instagram juga telah menempatkan fokus yang lebih besar pada video dan mengadopsi lebih banyak fitur seperti TikTok pada tahun 2022. Selain itu, awal bulan lalu, Zuckerberg selaku pemilik Meta juga mengumumkan bahwa Instagram juga sedang menguji feed layar penuh yang sangat meniru saingan perusahaan.

Baca juga: Instagram Hadirkan Fitur Pin Post Seperti Twitter Bernama Grid Pinning

Untuk saat ini, masih belum diketahui kapan pembaruan di Instagram ini akan meluncur secara luas ke seluruh pengguna.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: techcrunch.com, vamp-brands.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple saat ini menghadapi tuntutan hukum dari Departemen Kehakiman AS. Perusahaan tersebut dituduh beroperasi secara monopoli dan menghindari persaingan. Dalam gugatannya, Departemen...

Social Media

Unbox.id – Meta akhirnya menambahkan fitur untuk melihat percakapan yang sedang trending di Threads. Aplikasi pesaing Twitter tersebut merilis fitur Trending Now untuk semua...

Tech Industry

Unbox.id – Salah satu aplikasi media sosial terpopuler, Instagram, disebut-sebut punya fitur baru yang memungkinkan pengguna menjadwalkan ulang foto yang ingin diunggah. Dikutip dari...

Tech Industry

Unbox.id – Jaksa AS di Virginia sedang menyelidiki Meta (perusahaan induk Facebook) atas dugaan bahwa platform media sosial tersebut memfasilitasi dan mengambil keuntungan dari...