Instagram Uji Coba “Hide Likes” di Enam Negara

Unbox.id – Mei lalu, Instagram menguji coba fitur menyembunyikan likes. Uji coba hanya berlangsung di Kanada.

Kini, Instagram memperluas uji coba fitur ini di enam negara. Irlandia, Italia, Jepang, Brazil, Australia, dan Selandia Baru bisa ikut menguji coba fitur tersebut.

CARA KERJA

Fitur ini akan menyembunyikan jumlah likes pada video dan foto yang diunggah di feed, halaman situs, dan profil.

Ketika memilih menggunakan fitur ini, beberapa foto akun yang menyukai konten masih bisa terlihat dalam feed. Namun jumlah pastinya tidak diketahui dan terangkum dalam “others”.

Hanya pemilik akun yang bisa melihat siapa saja dan berapa banyak akun yang menyukai konten mereka.

Menurut Instagram, fitur ini bertujuan agar pengguna Instagram lebih fokus pada foto dan video yang dibagikan orang lain. Bukan justru fokus pada jumlah likes yang didapat.

Perwakilan Instagram mengatakan berusaha mengeksplorasi berbagai cara mengurangi tekanan para pengguna di Instagram.

Merilis Instagram Stories tahun 2016 lalu jadi salah satu upaya Instagram mengurangi tekanan pengguna akan jumlah likes.

Baca juga: Begini Cara Menyimpan Instagram Stories Teman Anda Kedalam Ponsel Anda

MANFAAT

Selama ini, jumlah likes sering menjadi patokan popularitas sebuh konten yang dibagikan. Asumsinya, semakin banyak likes berarti konten yang diunggah disukai lebih banyak orang.

Banyak manfaat yang diharapkan dari fitur ini. Apalagi penggunaan media sosial termasuk Instagram dianggap memengaruhi kesehatan mental seseorang.

Misalnya untuk mengurangi perasaan kompetisi antar pengguna Instagram.

Tak jarang, jumlah likes mendorong kreator berlomba-lomba membuat konten yang memancing banyak likes. Hasilnya, sering kali ditemui konten yang seragam.

Fitur ini juga bisa mendorong rasa percaya diri pengguna. Pasalnya ketika mendapat likes yang sedikit, beberapa pengguna menjadi tidak percaya diri. Karena membandingkan jumlah likes mereka dengan pengguna lain.

Dengan fitur ini diharapkan konten yang diunggah juga akan lebih beragam. Karena para pengguna bisa leluasa mengunggah konten yang memang ingin mereka bagikan.

Tak hanya Instagram, Twitter juga mengambil langkah serupa. Maret lalu, Twitter sempat menguji coba desain yang menyembunyikan jumlah retweet di belakang sebuah tap.

Baca Juga: Wah, Tampilan Baru Twitter Berubah Drastis
Facebook Kini Minta Kata Sandi Email Pengguna Baru

Foto: berbagai sumber
Sumber: berbagai sumber

Tinggalkan Balasan