Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Instagram Perkenalkan Fitur Terbaru: Quiet Mode

Quiet Mode
ilustrasi: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Terbaru, Instagram kembali merilis fitur unik yang tentunya semakin menambah kenyamanan pengguna saat menjelajah media sosial tersebut. Fitur tersebut adalah Quiet Mode, pengguna dapat memblokir semua jenis notifikasi sehingga tidak menimbulkan kebisingan saat kondisi bersantai atau sibuk.

Dengan kata lain, jika Anda mengaktifkan ‘mode senyap’ atau ‘quiet mode’ tersebut, Instagram tidak akan membunyikan suara notifikasi. Anda tetap bisa menerima notifikasi WhatsApp atau pesan SMS dan Email. Selain itu, pengguna lain di Instagram juga akan melihat indikator yang menyatakan Anda sedang dalam quiet mode.

Baca juga: Facebook Didenda Rp 6,4 T Karena “Ketentuan dan Layanan”

Indikator tersebut berupa balasan otomatis saat pengguna lain mengirimkan pesan DM (direct message). Namun, begitu Anda mematikan mode tersebut, aplikasi Instagram akan memberikan rincian notifikasi yang telah terlewat. Ini tidak jauh berbeda dengan media sosial tetangganya, yakni Facebook.

Pengguna Lebih Nyaman saat Mengaktifkan Fitur Quiet Mode

Facebook juga memiliki semacam quiet mode yang berfungsi untuk memblokir semua notifikasi. Bedanya, pengguna lain tidak akan tahu jika Anda sedang berada dalam mode tersebut. Di Facebook, Anda dapat mengatur jadwal, kapan mode tersebut harus aktif dan kapan mati secara otomatis.

Quiet Mode

Instagram mode senyap | foto: berbagai sumber

Pada dasarnya, semua pengguna Instagram dapat mengaktifkan mode senyap ini tanpa batasan usia maupun gender. Namun, pihak pengembang aplikasi, yakni Meta meminta remaja yang masih terjaga di malam hari memainkan Instagram untuk menyalakan quiet mode

Untuk saat ini, pengguna yang dapat menikmati fitur ini hanya terbatas untuk beberapa negara, seperti Amerika, Inggris, Irlandia, Australia, serta Kanada. Instagram akan mulai merilis fitur ini secara global setahap demi setahap. Sebelumnya, Meta juga telah meluncurkan fitur penghitung lama waktu menjelajah Instagram.

Baca juga: Instagram Segera Hapus Tab “Shop” Pada Februari 2023

Fitur tersebut akan menghitung seberapa lama waktu yang Anda habiskan untuk bermain dan memberi peringatan istirahat saat mencapai batas maksimal. Ada juga fitur pengontrol konten yang dapat menyaring konten apa saja yang hanya ingin Anda lihat di beranda. Jika menemukan konten yang tidak menarik, Anda bisa langsung menyingkirkannya.

Secara otomatis aplikasi akan menandai jenis-jenis fitur yang tidak menarik dan tidak Anda sukai. Baik konten yang ada di halaman depan, pencarian, dan juga yang ada di reels. Sebagaimana yang tertulis di laman The Verge, Anda juga bisa memblokir hashtag yang tidak ingin Anda lihat dan sebagainya.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Belakangan ini banyak beredar informasi mengenai akun TikTok para selebritis dan akun media yang diambil alih oleh orang yang tidak bertanggung jawab....

Apps & Games

Unbox.id – Instagram dikenal karena menguji metode “Istirahat Iklan” baru. Metode ini tidak memungkinkan pengguna melewatkan iklan begitu saja. Dengan metode live advertising yang...

Tech Industry

Unbox.id – Spanyol memblokir Meta untuk meluncurkan fitur-fitur yang berfokus pada pemilu di Facebook dan Instagram. Otoritas perlindungan data Agencia Española de Protección de...

Artikel

Last updated on 8 Juni, 2024 Unbox.id – Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer di dunia saat ini. Pada tahun 2021,...