Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Instagram Perkenalkan Fitur Terbaru: Quiet Mode

Quiet Mode
ilustrasi: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Terbaru, Instagram kembali merilis fitur unik yang tentunya semakin menambah kenyamanan pengguna saat menjelajah media sosial tersebut. Fitur tersebut adalah Quiet Mode, pengguna dapat memblokir semua jenis notifikasi sehingga tidak menimbulkan kebisingan saat kondisi bersantai atau sibuk.

Dengan kata lain, jika Anda mengaktifkan ‘mode senyap’ atau ‘quiet mode’ tersebut, Instagram tidak akan membunyikan suara notifikasi. Anda tetap bisa menerima notifikasi WhatsApp atau pesan SMS dan Email. Selain itu, pengguna lain di Instagram juga akan melihat indikator yang menyatakan Anda sedang dalam quiet mode.

Baca juga: Facebook Didenda Rp 6,4 T Karena “Ketentuan dan Layanan”

Indikator tersebut berupa balasan otomatis saat pengguna lain mengirimkan pesan DM (direct message). Namun, begitu Anda mematikan mode tersebut, aplikasi Instagram akan memberikan rincian notifikasi yang telah terlewat. Ini tidak jauh berbeda dengan media sosial tetangganya, yakni Facebook.

Pengguna Lebih Nyaman saat Mengaktifkan Fitur Quiet Mode

Facebook juga memiliki semacam quiet mode yang berfungsi untuk memblokir semua notifikasi. Bedanya, pengguna lain tidak akan tahu jika Anda sedang berada dalam mode tersebut. Di Facebook, Anda dapat mengatur jadwal, kapan mode tersebut harus aktif dan kapan mati secara otomatis.

Quiet Mode

Instagram mode senyap | foto: berbagai sumber

Pada dasarnya, semua pengguna Instagram dapat mengaktifkan mode senyap ini tanpa batasan usia maupun gender. Namun, pihak pengembang aplikasi, yakni Meta meminta remaja yang masih terjaga di malam hari memainkan Instagram untuk menyalakan quiet mode

Untuk saat ini, pengguna yang dapat menikmati fitur ini hanya terbatas untuk beberapa negara, seperti Amerika, Inggris, Irlandia, Australia, serta Kanada. Instagram akan mulai merilis fitur ini secara global setahap demi setahap. Sebelumnya, Meta juga telah meluncurkan fitur penghitung lama waktu menjelajah Instagram.

Baca juga: Instagram Segera Hapus Tab “Shop” Pada Februari 2023

Fitur tersebut akan menghitung seberapa lama waktu yang Anda habiskan untuk bermain dan memberi peringatan istirahat saat mencapai batas maksimal. Ada juga fitur pengontrol konten yang dapat menyaring konten apa saja yang hanya ingin Anda lihat di beranda. Jika menemukan konten yang tidak menarik, Anda bisa langsung menyingkirkannya.

Secara otomatis aplikasi akan menandai jenis-jenis fitur yang tidak menarik dan tidak Anda sukai. Baik konten yang ada di halaman depan, pencarian, dan juga yang ada di reels. Sebagaimana yang tertulis di laman The Verge, Anda juga bisa memblokir hashtag yang tidak ingin Anda lihat dan sebagainya.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Meta meluncurkan versi beta dari alat pembuat gambar real-time bertenaga AI di WhatsApp. Sayangnya, hanya pengguna WhatsApp di AS yang akan mendapatkan...

Tech Industry

Unbox.id – Microsoft dikenal bermitra dengan Meta untuk memperkenalkan headset VR. Namun sepertinya headset VR ini tidak sepenuhnya merupakan hasil langsung dari kolaborasi kedua...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...