Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Instagram Hadirkan Fitur Pratinjau Postingan dan Grid

Instagram Fitur Pratinjau Postingan_1a
Instagram Fitur Pratinjau Postingan. (Sumber: Techno Insight)

Unbox.id – Bagi pengguna Instagram yang aktif membagikan foto atau video di feednya, postingan yang terlihat bagus di halaman beranda itulah yang membuat mereka senang. Namun, apakah pengguna dapat memastikan apakah postingannya bagus atau tidak ketika muncul di halaman beranda pengikutnya? Seperti dilansir India Today, Instagram rupanya telah menanggapi pertanyaan dan tuntutan pengguna terkait hal tersebut. Platform media sosial ini menawarkan fitur pratinjau postingan, sehingga pengguna dapat dengan cepat melihat seperti apa postingan mereka sebelum membagikannya secara publik. Terdapat juga fitur grid yang dapat digunakan untuk memotong foto menjadi beberapa bagian (grid) dan pengguna dapat dengan cepat melihat hasilnya sebelum mempostingnya.

Tidak Perlu Lagi Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Instagram Fitur Pratinjau Postingan_2b

Instagram Fitur Pratinjau Postingan. (Sumber: Insight App)

Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membagi foto menjadi beberapa postingan karena Instagram kini menggabungkannya langsung di dalam aplikasi.

Laporan menunjukkan bahwa pengguna di seluruh dunia sudah mulai mengonfirmasi kedatangan fitur ini. Namun, penting untuk dicatat bahwa Meta saat ini sedang menguji fungsionalitas grid dengan jumlah pengguna yang terbatas.

Sampai saat ini, belum ada tanggal atau jadwal resmi untuk ketersediaan umum Meta. Bagi pengguna Instagram yang ingin mengecek apakah mereka memiliki akses ke fitur ini, berikut panduan sederhana dari Meta untuk mengujinya.

  • Buka Play Store dan perbarui aplikasi Instagram jika pembaruan tersedia.
  • Buka aplikasi dan mulai membuat postingan. Jika opsi grid baru sudah terlihat, selamat, fitur tersebut sudah siap untuk diuji coba.

Pengguna Instagram Kini Bisa Kustomisasi Template Add Yours

Sebelumnya Instagram memperkenalkan fitur baru pada fitur Add Yours. Fitur baru ini memungkinkan pengguna membuat template yang dapat diisi orang lain dengan penyesuaian sesuai kreativitas mereka.

Prosesnya cukup sederhana. Pengguna dapat membuat template Tambahkan Anda dengan menambahkan GIF, teks, dan gambar ke Stories mereka, lalu mereka dapat memilih template Tambahkan Anda dari menu Stiker.

Yang keren dari fitur ini adalah setelah membagikan template Tambahkan Anda sendiri di Stories, orang lain dapat menggunakannya dan menambahkan elemen kreatif mereka sendiri. Jika pengguna ingin mengedit template orang lain, mereka cukup mengetuk opsi Tambahkan Milik Anda saat melihatnya di Instagram Stories.

Mereka kemudian akan dibawa ke menu Kamera, memungkinkan mereka bereksperimen dengan elemen yang ada, seperti menambahkan sentuhan pribadi dan banyak lagi. Selain itu, pengguna Instagram dapat melihat siapa yang membeikan sentuhan kreatif pada template tersebut dengan mengetuk wajah yang muncul di sisi kiri stiker.

Mengutip Engadget, fitur ini memungkinkan pengguna bebas berkreasi dengan Add Options Anda. model.

Mereka dapat membuat kuis, memulai tren di ruang kerja mereka, atau mendorong orang untuk berbagi foto lucu hewan peliharaan mereka di Instagram. Selain itu, menyertakan gambar dan GIF dapat membantu formulir Lainnya menonjol dan dapat diakses oleh lebih banyak pengguna Instagram.

Baca juga: Instagram Pertimbangkan Fitur Flipside

Hadirkan Fitur Video Notes

Instagram Video Notes_3c

Instagram Video Notes. (Sumber: Tech Asia)

Selain itu, pengguna Instagram kini bisa membuat catatan atau note dalam bentuk video pendek yang disebut juga dengan video note. Seperti kita ketahui, Notes merupakan fitur status Instagram yang diluncurkan setahun lalu.

Sejak peluncuran awal, fitur ini hanya memungkinkan pengguna memposting catatan sebagai teks atau emoji. Beberapa waktu kemudian, pengguna baru dapat memposting musik di Notes.

Sekarang Instagram telah menambahkan fitur lain. Pengguna dapat memposting catatan video berdurasi dua detik yang akan terlihat oleh pengikut umum atau teman dekat selama 24 jam. Demikian dikutip dari Tech Crunch.

Fitur baru ini tentu tidak akan menggantikan Instagram Stories, karena durasi video yang dapat dibagikan di Notes hanya dua detik. Yang membedakan fitur Video Notes dengan Video Stories adalah pengguna hanya bisa memposting konten dari kamera sebelum membagikan Video Notes.

Selain itu, pengguna perlu mengambil konten dalam aplikasi saat memposting video. Artinya, pengguna tidak bisa mengunduh video dari perpustakaan kamera ponsel. Untuk bisa memposting catatan video, sama seperti membuat catatan lainnya, pengguna cukup mengetik DM, lalu tap foto profil di Notes, lalu tap tombol kamera di atas foto.

engguna kemudian dapat menekan tombol rekam untuk merekam video berdurasi dua detik. Pengguna kemudian juga dapat menambahkan teks dan kemudian mempublikasikannya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Media sosial kini tidak hanya sekedar platform untuk berinteraksi tetapi juga menjadi alat penting bagi masyarakat dan pelaku industri untuk melakukan pemasaran...

Tech Industry

Unbox.id – Salah satu aplikasi media sosial terpopuler, Instagram, disebut-sebut punya fitur baru yang memungkinkan pengguna menjadwalkan ulang foto yang ingin diunggah. Dikutip dari...

Apps & Games

Unbox.id – Meta, perusahaan induk Instagram, baru saja memperkenalkan fitur baru untuk aplikasi jejaring sosial berbagi foto dan video. Fitur baru Instagram (IG) memungkinkan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id — Facebook dan Instagram mengalami masalah besar di seluruh dunia pada hari Selasa (05 Maret 2024) kemarin. Masalah tersebut mengakibatkan pengguna tidak...