Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Instagram Buka Akses Uji Coba Fitur Baru untuk Semua Pengguna

Instagram Application_1a
Instagram Application. (Sumber: CNET)

Last updated on 21 Juni, 2024

Unbox.id – Instagram dilaporkan berencana menawarkan akses yang lebih luas ke uji coba fitur. Jika sebelumnya uji coba hanya tersedia untuk sejumlah kecil penguji (penguji beta), aplikasi Meta akan memperluasnya. Instagram saat ini sedang mempertimbangkan untuk membagikan akses uji coba ke fitur eksperimental untuk pengguna yang berminat. Oleh karena itu, pengguna dapat menguji fitur-fitur yang dikembangkan oleh platform.

baca artikel menarik lainnya tentang : supervision instagram

Informasi Dari Sebuah Akun Threads

Instagram Application_2b

Instagram Application. (Sumber: Tech Universeas)

Mengutip laporan Gadgets360, informasi tersebut diketahui dari laporan salah satu akun Threads. Akun tersebut membagikan tangkapan layar menu Pengaturan aplikasi Instagram yang menunjukkan opsi bagi pengguna untuk mengakses fitur yang diuji. Untuk mengakses fitur ini, pengguna cukup membuka Pengaturan dan Aktivitas. Selanjutnya, klik opsi “Akses awal ke fitur”.

Dengan opsi baru ini, Instagram akhirnya memberikan pengguna akses awal ke fitur eksperimental mereka. Kehadiran opsi ini akan membantu perusahaan menyesuaikan fitur-fitur baru Instagram agar sesuai dengan selera mayoritas pengguna.

Instagram sendiri bukanlah platform pertama yang melakukan hal tersebut. Google sebenarnya sudah menawarkan akses serupa melalui Google Search Labs dan YouTube Experiments. Selain itu, aplikasi Instagram juga disebut sedang meneliti fitur-fitur baru menggunakan kecerdasan buatan (AI). Fitur ini memungkinkan pengguna membuat tema latar belakang dengan bantuan AI.

Dengan tambahan fitur AI ini, pengguna bisa berkreasi dengan tema latar belakang di kolom chat untuk membuat antarmuka lebih personal. Selain itu, Instagram juga mencoba menyediakan fungsionalitas cross-posting. Fitur ini memungkinkan pengguna mengunggah postingan konten dari Instagram ke Threads.

Meta Uji Coba Integrasi Instagram-Threads

Di sisi lain, Meta dikatakan sedang menguji cara baru untuk meningkatkan keterlibatan di aplikasi Threads menggunakan Instagram. Perusahaan disebutkan sedang menguji fitur posting foto dari Instagram langsung ke Threads.

Mengutip laporan Engadget, informasi tersebut dikonfirmasi Meta setelah beberapa pengguna Threads melihat fitur tersebut muncul di Instagram. Menurut Meta, fitur cross-posting dari Instagram ke Threads bersifat opsional.

Disebutkan bahwa pengguna juga memiliki opsi untuk secara otomatis membagikan semua foto baru yang diunggah ke akun Threads mereka. Pengaturan cross-posting dapat disesuaikan melalui aplikasi Instagram.

Harap diperhatikan bahwa Meta telah menguji sejumlah fitur untuk mendorong pertumbuhan Tema. Faktanya, layanan Meta memiliki 150 juta pengguna. Sebelumnya, perusahaan juga mencoba melakukan cross-posting dari Facebook ke Threads. Pengguna juga dapat mempromosikan unggahan Topik langsung di feed Facebook dan Instagram.

Baca juga: Threads Tawarkan Bonus Puluhan Juta Untuk Kreator Konten

Fitur Flipside Resmi Hilang dari Instagram

Instagram Flipside_3c

Instagram Flipside. (Sumber: Techuniverse)

Sementara itu, Instagram mengumumkan akan menghapus fitur kedua akun tersebut, Flipside, pada 24 Mei 2024. Kini, fitur Flipside Instagram sudah benar-benar hilang dari Instagram.

Pada beberapa penggunanya, saat membuka aplikasi Instagram, ada adalah pemberitahuan bahwa Flipside tidak lagi ada di Instagram.

Namun, video yang diunggah ke profil Flipside akan disimpan ke Arsip atau diarsipkan. Instagram menyatakan bahwa hanya pemilik akun yang dapat melihat semua unggahan di arsip, kecuali pemilik akun ingin membagikannya.

Berdasarkan pantauan, ikon gembok (Flipside icon) yang semula terletak di kanan bawah profil Instagram telah menghilang. Flipside telah resmi dihapus dari Instagram.

Sementara itu, Instagram sebelumnya mengatakan pemilik akun dapat mengunduh unggahan Flipside miliknya untuk disimpan di perangkatnya. Pengunggahan konten bersama di Flipside dapat dilakukan mulai akhir April hingga 25 Agustus 2024 melalui Pusat Akun. Namun sejauh ini belum ada informasi mengapa Instagram memutuskan untuk menghapus Flipside atau fitur akun Instagram kedua.

Kepala Instagram Adam Mosseri mengumumkan pembaruan tersebut pada akhir pekan. Dia berharap pembaruan ini akan membantu Threads menjadi tempat yang lebih positif. Threads menguji fitur ini dengan sekelompok pengguna pada bulan April 2024, namun kini diluncurkan ke semua pengguna.

Threads, yang kini memiliki lebih dari 150 juta pengguna bulanan, secara bertahap menambahkan lebih banyak fitur untuk meningkatkan keamanan dan pengalaman pengguna secara keseluruhan, meminjam beberapa alat dari Instagram.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Last updated on 18 Juni, 2024 Unbox.id – Instagram dikenal karena menguji metode “Istirahat Iklan” baru. Metode ini tidak memungkinkan pengguna melewatkan iklan begitu...

Tech Industry

Unbox.id – Spanyol memblokir Meta untuk meluncurkan fitur-fitur yang berfokus pada pemilu di Facebook dan Instagram. Otoritas perlindungan data Agencia Española de Protección de...

Artikel

Last updated on 8 Juni, 2024 Unbox.id – Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer di dunia saat ini. Pada tahun 2021,...

Tech Industry

Unbox.id – Aplikasi media sosial Meta, Instagram, baru-baru ini meningkatkan fitur-fiturnya untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Fitur yang ditingkatkan adalah Notes. Sekadar informasi, Instagram meluncurkan...