Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Instagram Akan Luncurkan Fitur NFT dan Subscriptions

Instagram Akan Luncurkan Fitur NFT dan Subscriptions (sumber: macrumors.com))
Instagram Akan Luncurkan Fitur NFT dan Subscriptions (sumber: macrumors.com))

Jakarta, Unbox.id – Instagram kini dikabarkan akan meluncurkan fitur baru yakni fitur NFT dan juga Subscriptions untuk para konten kreator.

Minggu ini, mereka akan mulai menguji coba layanan NFT dan subscription untuk para konten kreator yang ada di Amerika Serikat.

Fitur Subscription

Fitur Subscription Instagram (sumber: dooleysocial.studio)

Fitur Subscription Instagram (sumber: dooleysocial.studio)

Untuk fitur subscription, Mark Zuckerberg selaku CEO mengungkapkan bahwa fitur ini diharapkan akan membantu para konten kreator untuk mendapatkan penghasilan dengan menawarkan keuntungan melalui followers mereka seperti dengan akses ke Live dan Stories yang lebih eksklusif. Ia menambahkan bahwa dirinya bersemangat untuk membuat tools untuk para konten kreator dan ia juga tak sabar melihat para konten kreator untuk segera menggunakan tools ini.

Pada tahap uji coba, fitur ini dapat memungkinkan para konten kreator untuk mendapatkan penghasilan bulanan secara rutin di Instagram sembari mendekatkan hubungan dengan followers loyal mereka masing-masing. Para konten kreator ini nantinya dapat menampilkan tombol “Subscription” di profil, dan menawarkan benefit khusus bagi para subscribers, termasuk menentukan harga konten bulanan.

Baca juga: 6 Aplikasi Edit Foto Terbaik 2022

Setelah fitur “Subscription” diaktifkan, para konten kreator dapat melakukan Live dan membuat konten Stories yang lebih eksklusif yang hanya dapat dilihat oleh followers yang sudah melakukan subscribe. Mereka juga dapat menyimpan Stories tersebut ke Highlights khusus para subscribers.

Untuk para subscriber juga aka nada badge khusus disamping komentar dan DM untuk mempermudah para konten kreator untuk mengidentifikasi para ubscribernya.

Sejauh ini, fitur tersebut hanya terbatas bagi beberapa kalangan konten kreator terpilih di Amerika, namun Instagram menyatakan bahwa mereka akan memperluas akses ke lebih banyak konten kreator dalam beberapa bulan mendatang.

Fitur NFT

Fitur NFT Instagram (sumber: techcrunch.com)

Fitur NFT Instagram (sumber: techcrunch.com)

Untuk fitur NFT, Mark Zuckerberg selaku CEO mengungkapkan bahwa Instagram akan memungkinkan beberapa pengguna untuk dapat menampilkan koleksi NFT mereka. Fitur ini dapat menampilkan NFT sebagai foto profil. Tak hanya Instagram, nantinya Facebook juga akan kebagian fitur NFT ini.

Selain jadi profile picture, Mark juga mengungkapkan bahwa nantinya NFT bisa dibagikan di Instagram Stories melalui Spark AR agar para konten kreator bisa menampilkan karya digital mereka. Namun sama seperti fitur subscription, fitur ini masih terbatas untuk para pengguna atau konten kreator terpilih di Amerika.

Baca juga: 3 Aplikasi Untuk Healing dan Jaga Kesehatan Mental

Menurut mereka, NFT merupakan sebuah kesempatan menarik bagi para konten kreator dalam mengoleksi karya digital yang unik. Instagram sendiri bukan paltform pertama yang menyematkan fitur NFT untuk para pengguna. Awal tahun lalu, Twitter sudah lebih dulu meluncurkan fitur semacam ini yakni dengan nama Twitter Blue, yang mana saat ini juga masih tersedia untuk para pengguna di Amerika dan pengguna iOS.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: techcrunch.com, dooleysocial.studio, macrumors.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Media sosial kini tidak hanya sekedar platform untuk berinteraksi tetapi juga menjadi alat penting bagi masyarakat dan pelaku industri untuk melakukan pemasaran...

Tech Industry

Unbox.id – Salah satu aplikasi media sosial terpopuler, Instagram, disebut-sebut punya fitur baru yang memungkinkan pengguna menjadwalkan ulang foto yang ingin diunggah. Dikutip dari...

Apps & Games

Unbox.id – Meta, perusahaan induk Instagram, baru saja memperkenalkan fitur baru untuk aplikasi jejaring sosial berbagi foto dan video. Fitur baru Instagram (IG) memungkinkan...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id — Facebook dan Instagram mengalami masalah besar di seluruh dunia pada hari Selasa (05 Maret 2024) kemarin. Masalah tersebut mengakibatkan pengguna tidak...