Inovasi Audio Bluetooth di Masa Depan

Unbox.id – Kini semakin banyak yang beralih menggunakan perangkat audio bluetooth. Hal ini terungkap dari laporan tahunan Bluetooth Special Interest Group (SIG) – organisasi yang mengawasi standar dan lisensi Bluetooth.

Bluetooth SIG mengumumkan lebih dari 50% headphone yang laku di pasaran saat ini merupakan headphone nirkabel. Angka ini juga menunjukkan perbedaan preferensi dalam memilih perangkat audio.

Direktur Senior untuk Pengembangan Pasar Bluetooth SIG, Chuck Sabin mengatakan headset berkabel kebanyakan diperoleh dari pembelian produk teknologi lain. Misalnya, pembelian smartphone yang langsung sepaket dengan headset.

Sedangkan, headset nirkabel biasanya dibeli dengan sengaja oleh para konsumen. Laporan SIG juga memprediksi speaker nirkabel yang tersedia di pasaran pada tahun 2023 akan mencapai 90%.

ARSITEKTUR AUDIO BLUETOOTH

Namun sebagian pengguna perangkat audio bluetooth merasa ragu terkait dengan kualitas audio bluetooth ini. Apakah inovasi ini bisa mengatasi berbagai masalah audio bluetooth yang ada saat ini?

Tanpa merinci dengan detail, Chuck Sabin membocorkan arsitektur baru audio bluetooth akan segera rilis semester kedua tahun ini. Chuck menambahkan teknologi audio ini akan mendorong kodek menghasilkan suara yang lebih berkualitas. Meski belum diketahui dengan jelas perbandingan kualitasnya dengan kodek yang tersedia sekarang.

Kelambatan dalam memproses data (latensi) juga akan ditekan hingga tidak mengganggu dan tidak dirasakan para penggunanya. Terutama bagi gamers jika teknologi audio bluetooth ini ingin masuk ke dalam pasar yang menjanjikan tersebut.

Inovasi berikutnya adalah arsitektur ini dicap bisa dioperasikan lewat berbagai gadget. SIG juga tengah mengembangkan audio bluetooth ini supaya bisa tersambung dengan berbagai saluran bluetooth yang ada. Nantinya Anda bisa mendengarkan musik sebuah konser atau suara televisi sebuah restoran.

Baca Juga: TV Audio Video Permainan Wearable/Earbud Pioneer E8 Hadirkan Banyak Fitur Ciamik

KELEMAHAN

Sayangnya, inovasi tersebut tampaknya hanya akan didukung oleh gadget terbaru yang memang dirancang dengan fungsi serupa. Arsitektur audio bluetooth ini juga rasanya baru akan diluncurkan ke pasaran pada tahun 2020. Tentunya, dengan harga yang terbilang premium sebagai generasi pertama hingga nantinya muncul manufaktur yang lebih murah.

Baca Juga: TV Audio Video Permainan Wearable/Earbud Pioneer E8 Hadirkan Banyak Fitur Ciamik

Foto: berbagai sumber

Sumber: berbagai sumber

Tinggalkan Balasan