Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Inilah Cara Hubungkan WhatsApp di 4 Perangkat

Whatsapp Multi Device_1a
Inilah cara menggabungkan konektivitas dari platform WhatsApp ke 4 perangkat sekaligus. (Sumber: Engineering at Meta)

Unbox.id – WhatsApp telah mengumumkan perluasan fitur baru yang memungkinkan penggunaan akun WhatsApp secara bersamaan di beberapa smartphone. Sebelumnya, fitur serupa dihadirkan oleh aplikasi perpesanan Telegram, yang memungkinkan pengguna untuk masuk ke akun melalui beberapa perangkat secara bersamaan. Ini juga memudahkan pengguna, salah satunya adalah mengirim file atau tautan dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Di WhatsApp, menurut CEO Meta Mark Zuckerberg, “Pengguna sekarang dapat masuk ke akun WhatsApp di empat smartphone sekaligus.” Siaran pers WhatsApp menyatakan bahwa setiap smartphone yang ditautkan akan terhubung ke WhatsApp secara mandiri. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa pesan pribadi, media, dan panggilan pengguna dienkripsi secara end-to-end.

Fitur Baru di WhatsApp

“Dan jika perangkat utama Anda tidak aktif untuk waktu yang lama, akun WhatsApp Anda akan secara otomatis keluar dari perangkat pendamping lainnya,” tulis perusahaan itu. Menggunakan fitur WhatsApp baru ini, perusahaan mengatakan telepon yang ditautkan sebagai perangkat pendamping akan membuat SMS lebih mudah.

“Sekarang Anda dapat beralih di antara banyak telepon tanpa keluar, dan Anda dapat langsung melanjutkan percakapan terakhir Anda,” kata platform perpesanan milik Meta. Pembaruan ini telah dirilis untuk pengguna di seluruh dunia dan akan tersedia di aplikasi WhatsApp semua orang selama beberapa minggu ke depan.

Cara Hubungkan Satu Akun WhatsApp di Beberapa Perangkat

Whatsapp Multi Device_2b

Cara hubungkan Whatsapp dengan perangkat-perangkat lainnya bisa diikuti dengan beberapa cara yang ada. (Sumber: The Indian Express)

Ada kemungkinan beberapa pengguna dapat menghubungkan akun WhatsApp mereka ke empat ponsel cerdas, tetapi yang lain mungkin tidak. Ini menunjukkan bahwa pembaruan akan tersedia untuk aplikasi WhatsApp semua orang dalam beberapa minggu ke depan.

Sejauh ini, Anda dapat menghubungkan akun WhatsApp Anda ke empat perangkat berbeda. Bagaimana?

  • Pengguna bisa membuka WhatsApp di smartphone
  • Ketuk opsi lainnya yang ada di Titik tiga vertikal lalu pilih Perangkat Tertaut atau Linked Devices
  • Ketuk Tautkan Perangkat atau Link Device
  • Buka kunci smartphone kamu, jika perangkat memiliki fitur autentikasi biometrik, ikuti petunjuk yang ditampilkan di layar.
  • Jika autentikasi biometrik tidak diaktifkan, pengguna akan diminta untuk memasukkan PIN yang digunakan untuk membuka kunci smartphone kamu.
  • Arahkan smartphone ke layar perangkat yang ingin ditautkan lalu pindai atau scan kode QR.

Baca juga: Whatsapp Hadirkan Fitur Channel Seperti Telegram

Ketahui Fitur Baru Lainnya

Selain itu, WhatsApp juga akan merilis fitur lain dalam beberapa minggu ke depan, sebagai alternatif dan cara mudah untuk terhubung ke perangkat pendamping. Pengguna akan dapat memasukkan nomor telepon mereka di WhatsApp Web untuk menerima kode sekali pakai, yang dapat ditukarkan di telepon mereka.

“Dengan cara ini, Anda tidak perlu lagi memindai kode QR untuk mengaktifkan penautan perangkat. Kami berharap dapat menghadirkan fitur ini ke perangkat pendamping lainnya di masa mendatang,” pungkas WhatsApp.

WhatsApp sebelumnya juga telah merilis fitur bernama Temporary Messages yang berguna untuk menghapus sebuah chat agar tidak perlu diarsipkan selamanya.

Rilis Fitur Pertahanakan di Chat

Menurut yayasan Meta, fitur keamanan ekstra ini mencegah pesan jatuh ke tangan yang salah. Tapi mereka mengakui sering ada pesan suara atau informasi penting yang ingin Anda simpan. Untuk alasan ini, WhatsApp juga meluncurkan fitur “Keep in Chat”, di mana pengguna dapat menyimpan teks yang diperlukan untuk nanti, “menggunakan kemampuan super khusus pengirim”.

“Kami percaya setelah mengirim pesan, terserah Anda untuk memutuskan apakah pesan tersebut dapat disimpan oleh orang lain yang berpartisipasi dalam percakapan,” tulis WhatsApp dalam siaran pers, Minggu, 23 April 2023.

Dia menjelaskan bahwa dengan fitur baru WhatsApp, pengirim akan diberi tahu ketika seseorang melindungi pesannya dan mereka akan memiliki opsi untuk menolak keputusan tersebut.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – WhatsApp telah mengumumkan fitur baru di Layanan Komunitas dalam aplikasinya. Pembaruan fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola acara di WhatsApp. Dalam keterangan...

Social Media

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp ancam tutup layanannya di India jika terpaksa mengkompromikan enkripsi end-to-end. Perusahaan mengajukan permohonan ke Pengadilan Tinggi Delhi, menentang peraturan TI...

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Apple di Tiongkok mungkin tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store. Menurut Wall Street Journal...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...