Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Ini Ponsel Yang Tak Bisa Pakai WhatsApp Mulai 24 Oktober 2023!

Whatsapp Application Mobile_1a
Whatsapp Application Mobile. (Sumber: Technology Review)

Unbox.id – Pengguna aplikasi WhatsApp yang menggunakan smartphone lawas sebaiknya mulai mengecek sistem operasi (OS) perangkatnya masing-masing. Pasalnya mulai 24 Oktober 2023, WhatsApp akan membatasi aplikasi untuk berjalan pada versi sistem operasi tertentu di smartphone Android. “Perangkat dan perangkat lunak sering berubah, jadi kami meninjau dan memperbarui sistem operasi yang kami dukung secara berkala,” tulis WhatsApp di halaman FAQ-nya. Menurut aplikasi obrolan Meta, setiap tahun ia memeriksa perangkat dan perangkat lunak mana yang paling tua dan memiliki pengguna paling sedikit untuk memutuskan perangkat dan perangkat lunak mana yang akan dihentikan dukungannya. “Perangkat ini mungkin tidak memiliki pembaruan keamanan terkini atau fitur yang diperlukan untuk menjalankan WhatsApp,” kata mereka.

Hanya Ponsel Android Dengan OS Versi 5.0

Whatsapp Android_2b

Whatsapp Android. (Sumber: CNET)

Oleh karena itu, WhatsApp mengumumkan pada 24 Oktober bahwa hanya smartphone Android yang menjalankan OS Android versi 5.0 ke atas yang akan didukung oleh WhatsApp. Sebelumnya, setidaknya OS 4.1 direkomendasikan sebagai sistem operasi Android untuk aplikasi WhatsApp.

“Mulai 24 Oktober 2023, hanya OS Android versi 5.0 ke atas yang didukung,” tulis perusahaan tersebut. Oleh karena itu, jika Anda pengguna smartphone Android yang masih menggunakan OS 4.1 atau versi lebih lama, sebaiknya periksa versi sistem operasi yang Anda gunakan saat ini.

Ketika dukungan berakhir, pengguna ponsel Android dapat memperbarui sistem operasinya jika masih bisa, namun jika tidak bisa, mereka harus mengganti perangkatnya dengan yang baru. Saat ini, hanya perangkat dengan iOS 12 atau lebih baru yang mendukung iPhone. Sistem operasi lain yang tetap didukung aplikasi WhatsApp adalah KaiOS 2.5.0 ke atas, termasuk JioPhone dan JioPhone 2.

Aplikasi WhatsApp Bakal Hadir di iPad

Sementara itu, WhatsApp dikabarkan akan memperluas kehadirannya di perangkat iPad. Informasi tersebut diketahui dari laporan terbaru WABetaInfo.

Menurut informasi dari Android Police, aplikasi WhatsApp untuk iPad dikembangkan oleh Meta dan Mac Catalyst. Aplikasi ini diketahui dapat diakses oleh pengguna yang menginstal WhatsApp beta di perangkatnya.

Untuk mencobanya, pengguna harus menginstal aplikasi TestFlight terlebih dahulu di perangkatnya. Pengguna kemudian cukup memindai kode QR di iPad mereka menggunakan akun WhatsApp utama di perangkat.

Setelah terhubung ke akun utama Anda, semua riwayat percakapan Anda akan muncul di iPad Anda. Pengguna juga dapat menjalankan aplikasi ini secara mandiri tanpa menghubungkan perangkat utamanya ke Internet.

Aplikasi WhatsApp di iPad Dinanti Pengguna

Adanya versi beta dari aplikasi ini jelas sudah ditunggu-tunggu oleh para pengguna. Sebab, saat ini belum ada aplikasi WhatsApp standalone untuk perangkat iPad. Menurut bocoran informasi tampilan, aplikasi WhatsApp di iPad mirip dengan yang ada di iPhone. Namun bedanya, layarnya terdiri dari dua bagian terpisah.

Bagian kiri berisi daftar obrolan, dan bagian kanan menampilkan obrolan yang sedang terbuka. Tampilan ini mirip dengan WhatsApp versi web.

Namun, belum jelas kapan aplikasi WhatsApp untuk iPad akan tersedia untuk seluruh pengguna. Yang jelas aplikasi ini bisa menjadi jawaban bagi pengguna yang sudah lama menunggu kedatangannya.

Baca juga: Backup Data Chat WhatsApp Di Ponsel Android Macet? Perbaiki!

Aplikasi WhatsApp Buat Mac Diluncurkan

Whatsapp Untuk Mac_3c

Whatsapp Untuk Mac. (Sumber: TechJuice)

WhatsApp juga merilis aplikasi mandiri untuk pengguna Mac setelah meluncurkannya untuk pengguna desktop Windows awal tahun ini.

Pengumuman tersebut juga disampaikan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg melalui akun Facebook miliknya, yang juga mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut dapat digunakan untuk video call grup hingga delapan orang.

Luncurkan aplikasi WhatsApp untuk Mac. Anda dapat melakukan panggilan grup dengan 8 orang melalui video atau 32 orang melalui audio, kata Zuckerberg. Meta mengatakan di blog resminya bahwa pengguna dapat bergabung dalam panggilan grup, melihat riwayat panggilan, dan menerima pemberitahuan panggilan bahkan setelah meluncurkan aplikasi macOS atau bahkan jika aplikasi ditutup.

Meta kembali menegaskan, aplikasi WhatsApp di Mac menggunakan sistem enkripsi end-to-end untuk melindungi pesan dan panggilan pribadi di perangkat apa pun.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – WhatsApp telah mengumumkan fitur baru di Layanan Komunitas dalam aplikasinya. Pembaruan fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola acara di WhatsApp. Dalam keterangan...

Social Media

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp ancam tutup layanannya di India jika terpaksa mengkompromikan enkripsi end-to-end. Perusahaan mengajukan permohonan ke Pengadilan Tinggi Delhi, menentang peraturan TI...

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Apple di Tiongkok mungkin tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store. Menurut Wall Street Journal...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...