Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Hati-Hati! Waspada 2 Risiko Utama Keamanan di WhatsApp!

WhatsApp
WhatsApp

Unbox.id – WhatsApp merupakan salah satu perangkat digital yang cukup digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Selain kemudahan dalam penggunaannya, Whatsapp juga memberikan konektivitas komunikasi yang cepat ke sesama pengguna tersebut. Seiring dengan kepopuleran dari platform ini, ternyata para penggunanya perlu mengetahui resiko keamanan yang patut dicermati agar dapat menggunakan platform WhatsApp dengan aman.

Platform Terpopuler di Dunia

WhatsApp

WhatsApp

Tidak bisa dipungkiri jika WhatsApp merupakan salah satu platform komunikasi digital yang cukup digandrungi oleh masyarakat di seluruh dunia. Platform yang berasal dari negara Amerika Serikat ini memang menawarkan kemudahan berkomunikasi dan juga fitur yang mudah untuk digunakan sehingga cepat dikenal oleh publik.

Dengan kepopulerannya, bisa dikatakan bahwa WhatsApp adalah platform digital yang terpopuler di dunia. Hal itu dapat dilihat dari pemakaiannya rata-rata per harinya. Dalam hal ini, terdapat hingga 65 miliar pesan per harinya yang digunakan oleh para pengguna WhatsApp di seluruh dunia.

Maka tak heran jika platform WhatsApp menjadi sebuah kebutuhan tersendiri bagi masyarakat dalam berkomunikasi secara digital. WhatsAapp seakan hadir untuk menjawab apa yang menjadi tantangan bagi para penggunannya.

Baca juga: WhatsApp: Penyebab Dan Cara Mengatasi Notif Tidak Bunyi

2 Risiko Keamanan WhatsApp

WhatsApp Web

WhatsApp Web

Meskipun menjadi salah satu platform yang paling populer di kalangan masyarakat dunia, nyatanya WhatsApp juga memiliki risiko keamanan di dalamnya. Dalam hal ini, para penggunanya perlu mengetahui lebih lanjut tentang apa saja risiko yang ada dalam menggunakan platform komunikasi digital ini.

Untuk itu, terdapat beberapa risiko keamanan di dalam WhatsApp yang perlu diketahui agar pemakainya bisa menggunakan WhatsApp dengan aman.

Cadangan Tak Terenkripsi

Para pengguna WhatsApp yang mengirimkan pesan dengan menggunakan platform ini terlah terenkripsi dari ujung ke ujung. Artinya, pesan yang dikirim tersebut hanya pengirim dan juga penerima pesan yang dapat membaca pesan tersebut.

Meskipun terlihat aman, tetapi  hal itu tidaklah sepenuhnya memberikan keamanan digital secara menyeluruh. Tidak ada yang tidak mungkin jika pesan yang dikirim dapat terhapus ataupun hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Agar menjaga hal tersebut, WhatsApp menyediakan fitur di mana para penggunannya bisa menyimpan file maupun pesan-pesan yang telah dikirimkan agar tetap aman dan terjaga. Fitur ini sendiri nonaktif secara default, maka para penggunanya perlu mengaktifkan secara manual.

Untuk mengaktifkan fitur ini, para pengguna bisa mengikuti langkah berikut ini. Pertama Buka Pengauturan lalu memilih Obrolan dan selanjutnya pilih Cadangan Obrolan. Selanjutnya pilih Cadangan Terenkripsi ujung ke ujung lalu pilih nyalakan untuk mengaktifkan fitur ini.

Baca juga: Cara Tambahkan Anggota Grup WhatsApp Tanpa Simpan Nomor

Malware

Risiko berikutnya adalah adanya malware.Malware yang ada di dalam platform WhatsApp bisa didapati ketika penggunanya menggunakan fitur WhatsApp Web di perangkat PC. Ini tentu menjadi celah bagi penjahat untuk melakukan peretasan pada akun WhatsAapp milik penggunanya.

Selain itu, terdapat pula phising yang dapat mengelabui para pengguna Whatsapp Web. Hal ini bertujuan agar para penggunanya seakan percaya ketika menggunakan platform yang mirip namun bukan dari resmi WhatsApp Web.

Untuk menghindari hal tersebut, para pengguna harus lebih cermat dalam menggunakan fitur WhatsApp Web. Gunakan fitur ini di situr resmi milik WhatsApp yaitu di web.whatsapp.com agar terhindar dari potensi kejahatan digital yang dapat mudah mengancam kapanpun.

 

Sumber: Dari berbagai sumber

Foto: Midtrans, TelecomByte

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp dikabarkan memiliki fitur yang akan memudahkan pengguna perangkat Android dalam mengirim gambar dan video dalam resolusi tinggi (HD). Fitur baru WhatsApp...

Social Media

Unbox.id – WhatsApp saat ini sedang mengerjakan fitur yang memungkinkan pengguna mengedit gambar menggunakan editor foto bertenaga kecerdasan buatan (AI). Dengan fitur ini, pengguna...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp dikenal meluncurkan kemampuan menyematkan atau menyematkan pesan ke dalam obrolan individu dan obrolan grup sejak Desember tahun lalu. Namun, kemampuan ini...