Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Google Maps Offline, Cara Mengaktifkannya untuk Bepergian Tanpa Sinyal

Google Maps
Ilustrasi Google Maps Offline | foto: Popular Science

Last updated on 11 Juni, 2024

Jakarta, Unbox.id – Google Maps merupakan aplikasi yang memiliki prioritas tinggi di dalam penggunaan ponsel baik Android maupun iOS. Fungsinya sebagai penunjuk jalan membuatnya menjadi salah satu aplikasi terpenting yang harus Anda miliki.

Namun, kendala yang paling sering terjadi dalam penggunaan aplikasi Google Maps ini adalah saat berada di lokasi tanpa sinyal. Sebab, saat Anda kehilangan sinyal di lokasi tertentu, aplikasi tidak bisa berfungsi sama sekali.

Baca juga: Pilihan Ponsel Dengan Spek RAM 3GB Yang Bagus

Solusi yang bisa Anda lakukan sejatinya sudah tersedia di dalam aplikasi Google Maps. Pengembang aplikasi ini menyediakan fitur offline yang bisa Anda akses tanpa menggunakan sinyal. Artinya, Anda tetap bisa menggunakannya meski tanpa sinyal.

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline

Untuk mengakses Google Maps offline, Anda cukup melakukan dua langkah sederhana. Tahap pertama adalah mengunduh data di pengaturan privasi. Buka aplikasi, klik setelan kemudian pergi ke pusat pengaturan privasi.

baca artikel menarik lainnya tentang : kuota internet paling murah

Setelah mengunjungi pusat privasi, Anda akan menemukan setelan peta offline di sana. Selanjutnya adalah mengunduh data peta offline tersebut. Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan tersebut selesai secara keseluruhan.

Baca juga: Pilihan Smartphone Samsung M Series Beserta Spek Terbaiknya

Jika Anda tidak menemukan menu tersebut solusi lainnya mungkin Anda bisa mengunduh aplikasi tambahan seperti Map Online & Offline di Playstore. Namun, kekurangan dari aplikasi ini adalah terdapat iklan-iklan yang mungkin saja mengganggu.

Tahap Kedua, Simpan Lokasi Offline

Tahap kedua, jika Anda berhasil mengunduh peta offline di pusat privasi adalah menyimpan lokasi tujuan Anda sebelum berangkat ke sana. Nah, Anda bisa memastikan terlebih dahulu, apakah nantinya Anda akan melewati pedalaman yang sulit sinyal atau tidak.

Menyimpan alamat dalam peta offline ini cukup mudah. Anda tinggal menentukan tujuan, rute, dan mode kendaraan, kemudian klik simpan mode offline. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan di mode peta tanpa jaringan internet.

Menggunakan peta offline akan jauh menghemat baterai karena tidak perlu menyalakan data. Kedua, Anda tidak perlu menghabiskan banyak kuota internet, lebih hemat jika perjalanan Anda cukup jauh.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pendiri SpaceX Elon Musk resmi meluncurkan layanan jaringan internet satelit Starlink di Indonesia pada Minggu, 19 Mei 2024, di Puskesmas Sumerta Kelod...

Tech Industry

Unbox.id – Pakar keamanan siber McAfee telah mengidentifikasi 13 aplikasi Android berbahaya baru di Google Play Store yang menimbulkan ancaman serius terhadap privasi dan...

Hardware

Unbox.id – Akhir pekan sudah semakin dekat, setelah jam kerja yang melelahkan, masyarakat kerap disibukkan dengan persiapan acara akhir pekan. Berkemah di alam liar...

Software

Unbox.id – Pengguna Android tampaknya semakin mewaspadai semakin maraknya peredaran aplikasi berbahaya yang mampu melewati sistem keamanan Google Play Store. Karena diunduh dari toko...