Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Fufuly, Bantal Canggih Untuk Hilangkan Stres dan Hati Jadi Tenang

Fufuly_1
Fufuly adalah bantak berteknologi canggih yang dapat redakan stres dan juga buat hati jadi tenang, (Sumber: YouTube)

Unbox.id – Dalam pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) tahunan, biasanya banyak perusahaan yang mempresentasikan berbagai inovasi, produk atau teknologi terbaru yang mereka produksi. Selain teknologi terkini, beberapa perusahaan menggunakan CES untuk memamerkan rangkaian produk teknologi yang bisa dibilang aneh dan aneh. Misalnya, pada CES 2023 yang digelar pekan ini di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), perusahaan Jepang Yukai Engineering menghadirkan bantal empuk yang diklaim bisa “bernafas”. Ya, bantal ini dinamakan Fufuly.

Disebut Sebagai Bantal Pintar

Fufuly_2

Bantal Fufuly dikabarkan menjadi robot bantal berteknologi canggih. (Sumber: Indozone)

Disebut demikian karena bantal pintar bernama Fufuly ini dapat mengeluarkan getaran atau suara halus yang dapat menenangkan penggunanya. Gelombang suara atau getaran yang dipancarkan oleh Fufuly ini kemudian dikatakan menyerupai nafas seseorang.

Lantas bagaimana cara kerja bantal dengan desain seperti balon putih? Shunsuke Aoki, CEO Yukai Engineering, mengatakan mekanisme pengoperasian fufuly diadopsi dari penelitian para peneliti di Universitas Tokyo di Jepang.

Menurut penelitian, gaya ritmis, suara atau getaran yang dihasilkan oleh nafas seseorang atau benda serupa dapat menenangkan pikiran pengguna yang merasakan atau mendengarnya. Teori dari penelitian ini dapat digambarkan dalam keadaan dimana pengguna memegang kucing yang sedang tidur, mengklaim bahwa dengkuran kucing tersebut membuat pengguna sedikit lebih tenang dari sebelumnya.

Namun, kali ini bukanlah seekor kucing yang dapat Anda peluk, melainkan sebuah bantal pintar yang bernama Fufuly. Berdasarkan mekanisme pengoperasian yang telah melalui penelitian secara seksama, bantal ini diyakini bisa membuat Anda menjadi tenang jika memeluk bantal ini, bahkan dapat menghilangkan stres.

Baca juga: Ini Dia Deretan Teknologi Smartphone Kekinian

Cara Menggunakan Fufuly

Nah, Fufuly ini bekerja berdasarkan prinsip ini. Dengan kata lain, pengguna dapat memeluk atau membelai Fufuly dan merasakan suara atau getaran halus yang dihasilkan bantal hanya untuk menenangkan atau menghilangkan stres.

“Menggunakan Fufuly selama lima menit dapat membantu mengurangi tingkat stres pengguna dan meningkatkan konsentrasi pengguna,” klaim Aoki seperti dikutip Engadget. Dari segi fitur, Fufuly memiliki tiga mode yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Fitur ini dapat diaktifkan langsung dari pad tanpa aplikasi, mungkin melalui tombol yang menghiasi pad.

Ketiga mode tersebut terdiri dari “Normal”, mode default yang dikatakan nyaman, “Deep” untuk menenangkan pikiran, dan “Third”, yang memancarkan mode gelombang getaran yang dapat disesuaikan dengan ritme pernapasan pengguna.

Baca juga: Ragam Produk Teknologi Asal Indonesia Yang Mendunia

Masih Hanya Ada di Jepang

Fufuly_3

Robot bantal canggih penenang hati ini masih dipasarkan di pasaran negeri Jepang saja. (Sumber: Engadget)

Meski masih dipamerkan, Aoki mengatakan mulai tahun ini produk ini akan diuji oleh pengguna biasa, namun hanya untuk pengguna di Jepang. Dia tidak menyebutkan kapan tepatnya tanggal rilis Fufuly atau apakah bantal ini akan tersedia untuk orang lain di luar Jepang.

Namun, yang jelas, peluncuran Fufuly, seperti produk Teknik Yukai lainnya, didasarkan pada skema crowdfunding dengan harga lebih tinggi $100 (sekitar Rs. 1,1 juta) per unit.

Jadi bagaimana menurut Anda? Apakah tertarik jika bantal pintar ini siap di produksi secara global? Bantal pintar ini memang terbilang cukup mahal, namun secara fungsi bukankah cukup efektif menurut Anda? Terlebih ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memeluk sesuatu namun bukan hewan peliharaan.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Teknologi kecerdasan buatan sedang diadopsi secara luas. Perusahaan-perusahaan di berbagai industri mengintegrasikan AI ke dalam produk dan layanan mereka, salah satunya...

Vivo

Jakarta, Unbox.id – Produsen teknologi gadget digital terkemuka asal Dongguan, Tiongkok, yakni Vivo, kabarnya tengah mengerjakan proyek terbaru. Produk yang sedang mereka kerjakan tersebut...

Artikel

Last updated on 22 November, 2023 Jakarta, Unbox.id – Menggunakan tablet dengan layar yang jernih dan bersih akan memberikan pengalaman beraktivitas yang nyaman dan...

Vivo

Jakarta, Unbox.id – Watch 3 dari vivo telah hadir dan mempelopori BlueOS merupakan rancangan khusus buatan vivo di sampingnya. Vivo Watch 3 adalah jam...