Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Fitur Unik Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5

Samsung Galaxy Z Flip5_1a
Samsung Galaxy Z Flip5. (Sumber: The Verge)

Unbox.id – Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 merupakan smartphone lipat yang menawarkan pengalaman unik dengan desain ramping dan kompak yang mudah dimasukkan ke dalam saku. Keduanya menunjukkan penampilan yang kuat. Berbeda dengan pendahulunya (Galaxy Z Flip4 dan Fold4), Galaxy Z Fold5 dan Flip5 dilengkapi dengan engsel fleksibel baru (All-New Flex Hinge) yang memperkecil celah antara kedua bagian ponsel agar lebih fleksibel. datar. Saat dilipat dan ditutup, Galaxy Z Fold5 berukuran 13,4 mm, lebih tipis dibandingkan Galaxy Z Fold4 yang berukuran 15,8 mm.

Ketebalan Yang Berbeda

Samsung Galaxy Z Flip5_2b

Samsung Galaxy Z Flip5. (Sumber: Sam Lover)

Sedangkan Galaxy Z Flip5 memiliki ketebalan 15,1 mm dibandingkan 17,1 mm pada Flip4. Fold5 juga lebih ringan, yakni 253 gram dibandingkan model sebelumnya yang berbobot 263 gram. Selain itu, Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 dibuat dengan sangat kokoh. Layar utama memiliki lapisan tahan guncangan dan bagian belakang didesain ulang agar terlihat lebih kokoh.

Dilengkapi dengan dukungan sertifikasi IPX8, bingkai aluminium Armor, dan Corning Gorilla Glass Victus 2 yang diterapkan pada jendela Flex dan penutup belakang, Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 memberikan perlindungan yang diharapkan konsumen.

Semakin ditingkatkan dengan engsel Flex yang diumumkan mampu dalam menyerap dampak eksternal.

Bisa Nonton Film di Cover Screen Galaxy Z Flip5

Galaxy Z Flip5 dilengkapi dengan Flex Window, penutup layar berukuran besar yang memungkinkan pengguna mengakses informasi berguna tanpa harus membuka ponsel atau layar utama.

Layar eksternalnya sendiri berukuran 3,4 inci (diagonal) dengan panel Super AMOLED (kecerahan hingga 1.600 nits), refresh rate 60 Hz, dan resolusi 306 ppi. Uniknya, tampilan sampul Flip5 berbentuk seperti folder digital yang terlihat ikonik.

Meski tampilannya tidak memungkinkan pengguna memanfaatkan One UI Samsung, namun antarmuka penggunanya berbasis widget sehingga pengguna dapat mengakses semua aplikasi favoritnya.
Mulai dari mengecek cuaca, mengakses aplikasi perpesanan WhatsApp, membuka kamera, memutar musik melalui Spotify, melihat riwayat panggilan, memeriksa kalender, menonton video atau film di Youtube, Vidio dan Netflix.

Pengguna bahkan dapat menggeser layar untuk beralih di antara widget atau cubit ke tengah untuk menampilkan semua widget yang aktif.

PC dalam Saku

Samsung Galaxy Z Flip5_3c

Samsung Galaxy Z Flip5. (Sumber: CNET)

Samsung Galaxy Z Fold5 ibarat PC, tablet, dan ponsel yang dapat dilipat dan dimasukkan ke dalam saku. Perangkat ini 10g lebih tipis dan ringan dari pendahulunya, dan lipatan di layar beranda tidak terlalu terlihat.

Ukuran layar luar dan layar utama setara dengan Galaxy Z Fold4, masing-masing 6,2 inci dan 7,6 inci. Keduanya menggunakan panel Dynamic AMOLED dan memiliki kecepatan refresh adaptif 120Hz, namun layar Galaxy Z Fold5 lebih cerah.

Pada Galaxy Z Fold4, kedua layar memiliki kecerahan maksimum 1.200 nits. Sementara Galaxy Z Fold5 memberikan kecerahan maksimal hingga 1.750 nits sehingga lebih nyaman digunakan di lingkungan yang cukup terang, termasuk sinar matahari langsung.

Layar utama yang besar menjadi nilai jual Galaxy Z Fold5 karena memberikan ruang lebih luas untuk multitasking. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, Fold5 hadir dengan “gerakan” kontrol baru yang membuat multitasking lebih mudah dari sebelumnya.

Misalnya, menggesekkan dua jari dari tepi kiri atau kanan layar akan membuka dua aplikasi secara berdampingan. Jika pengguna ingin memperkecil jendela, cukup geser secara diagonal dari sudut layar.

Baca juga: Budget 1 Juta Mau Beli Ponsel Samsung RAM Besar? Ini Pilihannya!

Bebas Main Game Seharian Berkat Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy

Dari segi performa, Galaxy Z Fold5 dan Flip5 dibekali chipset bertenaga Snapdragon 8 Gen 2 untuk Galaxy, versi chipset kelas atas Qualcomm khusus untuk Samsung pada tahun 2023. Chipset ini akan memberikan kinerja sekitar 20% lebih baik dibandingkan SoC Snapdragon 8+ Gen 1 pada Fold4 dan Flip4.

Perbedaan utama yang menarik perhatian pada chipset versi ini adalah memiliki Cortex Inti Cortex-X3 inilah yang membedakan prosesor ini dengan varian SoC biasa yang memiliki clock speed sekitar 3,2 GHz.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Bocoran informasi mengenai Galaxy Z Fold 6 semakin jelas seiring semakin dekatnya tanggal peluncurannya. Baru-baru ini hasil uji performa Samsung Galaxy Z...

Tech Industry

Unbox.id – Samsung dikabarkan sedang bersiap memperkenalkan smartphone baru dengan harga terjangkau. Diduga smartphone yang dimaksud adalah Galaxy M35. Mengutip informasi dari GSM Arena,...

Tech Industry

Unbox.id – Baru-baru ini, spesifikasi dari HP layar lipat Samsung Galaxy Z Flip 6 bocor di situs benchmark Geekbench. Menurut situs tersebut, sebagaimana dikutip...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Bocoran informasi mengenai Samsung Galaxy C55 5G telah terungkap di laman Konsol Google Play. Kehadiran smartphone ini juga akan menjadi langkah langsung...