Connect with us

Hi, what are you looking for?

Handphone & Tablet

Samsung Galaxy S25 Bakal Diperkuat Snapdragon 8 Gen 4

Snapdragon 8 Gen 4_1a
Snapdragon 8 Gen 4. (Sumber: Gizmochina)

Unbox.id – Rumornya, Galaxy S25 akan hadir dengan dua prosesor berbeda. Saat ini bocoran informasi terbaru menyebutkan ponsel ini hanya hadir dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 4. Menurut analis Ming-Chi Kuo yang dikutip Gizchina, seri Galaxy S25 tidak akan menggunakan chipset Exynos. Ia mengungkapkan kemungkinan besar Samsung akan menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4. Samsung telah menggunakan chipset Qualcomm di seluruh seri Galaxy S hingga seri S23 yang semuanya menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2.

Adanya Dua Faktor

Snapdragon 8 Gen 4_2b

Snapdragon 8 Gen 4. (Sumber: Tech Zone)

Langkah tersebut dipicu oleh dua faktor, khususnya laporan bahwa Samsung mengalami masalah produksi dengan chipset 3nm Exynos 2500. Pengembangan Exynos 2500 untuk Galaxy S25 tidak berjalan sesuai rencana karena chipnya masih belum cukup untuk diproduksi massal.

Faktor kedua, menurut Ming-Chi Kuo, Samsung saat ini sedang mencari alternatif chipset yang lebih murah. Hal ini juga dimungkinkan dengan menggunakan chipset Dimensity 9300+ pada Galaxy Tab S8+. Alasan kami menggunakan chipset ini karena lebih murah.

Selain itu, ada rumor bahwa Samsung mungkin melengkapi SoC Snapdragon 8 Gen 3 saat ini ke ponsel lipat Galaxy Z Flip 6 dan Z Fold 6 yang akan datang, menunjukkan bahwa Samsung saat ini tidak menganggap Exynos sebagai chipset utama untuk ponsel andalan Anda.

Pencarian chip pengganti karena penggunaan chip Snapdragon 8 Gen 4 berpotensi menaikkan harga seri Galaxy S25. Kenaikan ini tidak main-main, diperkirakan harga chip akan naik 25 hingga 30%. Kenaikan harga chip tentunya juga mempengaruhi harga jual seri S25.

Di sisi lain, Qualcomm dan TSMC bisa mendapatkan keuntungan besar dari peningkatan pesanan jika Samsung secara eksklusif memilih Snapdragon 8 Gen 4.

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S25 Ultra

Sebelumnya banyak sekali bocoran informasi mengenai Galaxy S25 Ultra. Ponsel ini akan memiliki kamera beresolusi tinggi.

Baru-baru ini, Galaxy S25 Ultra terlihat di database IMEI. Laporan dari Android Authority yang dikutip Phone Arena, Senin (10 Juni 2024), menunjukkan ponsel tersebut memiliki nomor model SM-S938U, dengan huruf “U” di akhir kode negara yang mewakili Amerika Serikat.

Meskipun daftar database IMEI merupakan tanda awal bahwa Samsung akan meluncurkan model Galaxy S25 Ultra di AS tahun depan, namun belum ada bocoran resmi mengenai spesifikasi ponsel ponsel ini di database ini.

Sebagai informasi, Beberapa hari yang lalu terdapat bocoran dari salah satu leaker yang menyatakan bahwa Galaxy S25 Ultra akan menggunakan penyimpanan jenis UFS 4.1. Ini memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat dibandingkan UFS 4.0 yang digunakan pada S24 Ultra.

Selain itu, varian paling terjangkau dari S25 Ultra hadir dalam varian 12 RAM/256 GB. Sedangkan varian 512GB dan 1TB akan menggunakan RAM 16GB.

Di bidang fotografi, Samsung Galaxy S25 Ultra dikatakan memiliki 4 kamera dengan sensor utama 200MP, sensor ultra-wide 50MP, lensa telefoto, lensa 50 MP dengan 3x zoom optik dan lensa telefoto super 50 MP dengan zoom optik 5x.

Ponsel ini memiliki chipset bertenaga, dengan Snapdragon 8 Gen 4 dengan kecepatan clock lebih cepat, memberikan performa dan komputasi lebih optimal untuk fitur Galaxy AI. Ponsel ini dikabarkan akan dirilis pada Januari 2025.

Baca juga: Bocoran Desain Samsung Galaxy S24 FE Mulai Terungkap

Bocoran Produk Samsung di Galaxy Unpacked Juli 2024

Galaxy Unpacked 2024_1a

Galaxy Unpacked 2024. (Sumber: Smartprix)

Sementara itu, bocoran terkait produk yang akan diluncurkan pada acara Galaxy Unpacked sudah terkuak, tak hanya peluncuran ponsel layar lipat.

Dikutip dari Android Authority, salah satu leaker mengunggah beberapa gambar produk secara online. yang akan dilepas ke pasaran. diperkenalkan pada acara Galaxy Unpacked pada Juli 2024. Bocoran gambarnya memang buram, namun produk yang ditampilkan masih terlihat dan bisa kita simpulkan perangkat mana yang akan diperkenalkan nanti.

Salah satu bocoran gambar yang cukup menonjol adalah Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6. Dari gambar terlihat. Kedua ponsel layar lipat ini memiliki desain lebih persegi, mirip dengan Galaxy S24 Ultra.

Selain Z Fold dan Z Di ponsel Android, gambar render Galaxy Ring dan Galaxy Watch 7 juga sempat bocor. Sebagai informasi, Galaxy Ring dipamerkan di Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona.

Menurut laporan Android Authority, Samsung berencana menjual Galaxy Ring di Amerika Serikat pada Agustus 2024. Diperkirakan sebanyak itu. perusahaan Korea tersebut akan memperkenalkan Galaxy Ring selama acara Unpacked pada Juli 2024 dan akan membuka pre-order setelah acara tersebut.

Sedangkan untuk Galaxy Watch 7, jam tangan akan tersedia dalam model 40mm dan 44mm. Galaxy Watch 7 akan memiliki dua opsi konektivitas berbeda: Wi-FI dan 4G LTE.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

How To

Unbox.id – Banyak orang bertanya ke kami perihal kedatangan dari Fold6 dan Flip6. Namun kami pun juga bingung karena banyak smartphone flagship masuk ke...

Samsung

Unbox.id – Samsung akhirnya memperkenalkan Galaxy Fold 6 terbaru ke khayalak. Dengan peluncuran ini memang Fold 6 menggantikan Fold 5 meski ubahannya kali ini...

Tech Industry

Unbox.id – Samsung diperkirakan akan meluncurkan smartphone layar lipat generasi terbarunya, kemungkinan Galaxy Z Flip 6 dan Galaxy Z Fold 6, pada 10 Juli...

Tech Industry

Unbox.id – Setiap tahun, beberapa perangkat Samsung Galaxy kehilangan dukungan pembaruan OS Android setelah menerima pembaruan beberapa generasi. Tahun ini, Android 15 melalui One...