Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Fitur Baru WhatsApp Ini Akan Lindungi Pengguna dari Hacker

WhatsApp Chat Lock_1a
WhatsApp Chat Lock. (Sumber: ZDNet)

Unbox.id – Meta, perusahaan induk WhatsApp, terus meluncurkan fitur-fitur baru untuk aplikasi perpesanan populer di seluruh dunia. Saat ini, beberapa fitur baru di WhatsApp disebut dapat melindungi privasi pengguna, seperti memblokir tangkapan layar gambar profil. Selain itu, Meta juga sedang menguji beta indikator enkripsi ujung ke ujung untuk memberi tahu pengguna apakah obrolan mereka aman atau tidak. Maka kali ini fitur WhatsApp lebih berupaya melindungi penggunanya dengan meningkatkan fitur penguncian aplikasi. Mengutip WABetaInfo via Android Authority, pembaruan WhatsApp 2.24.6.20 akan memperkenalkan opsi untuk membuka kunci aplikasi. Opsi membuka kunci WhatsApp mencakup sidik jari, ID Wajah, atau kode sandi ponsel yang digunakan. “Setelah pengguna mengaktifkan kunci aplikasi, mereka dapat menggunakan sidik jari, wajah, atau pengenal unik lainnya untuk membuka WhatsApp,” kutip WABetaInfo. Jika benar fitur di WhatsApp ini akan diluncurkan maka ponsel dengan sensor biometrik yang rusak atau tidak berfungsi dapat menggunakan cara lain untuk membuka kunci aplikasi.

Menawarkan Dua Cara

WhatsApp Chat Security_2b

WhatsApp Chat Security. (Sumber: Tech Research Online)

WhatsApp saat ini menawarkan dua cara untuk mengamankan obrolan di aplikasi, yang pertama adalah mengunci aplikasi dan yang kedua adalah mengunci obrolan untuk obrolan tertentu.

Jika Anda menginginkan keamanan Untuk obrolan tertentu, pengguna perlu menggunakan sidik jari atau wajahnya untuk menghadapi. Buka kuncinya. Pembaruan WhatsApp tampaknya hanya berlaku untuk kunci aplikasi dan bukan kunci obrolan. Tidak jelas apakah fitur ini akan diperkenalkan nanti.

Untuk saat ini, pembaruan hanya tersedia untuk beberapa penguji beta, dengan harapan pembaruan ini akan diluncurkan ke lebih banyak pengguna dalam beberapa hari mendatang. Namun, pengguna diperingatkan untuk tidak menginstal pembaruan beta khusus ini karena beberapa kerusakan terjadi saat membuka aplikasi.

Penguji beta WhatsApp harus menunggu pembaruan di masa mendatang. Pembaruan ini mungkin memperbaiki masalah khusus ini.

WhatsApp Bakal Perluas Pilihan Otentikasi Keamanan untuk Pengguna Android

WhatsApp mengungkap fitur-fitur baru yang akan tersedia untuk pengguna Android Dengan fitur WhatsApp baru ini, pengguna Android akan memiliki lebih banyak opsi otentikasi keamanan yang dapat diterapkan.

Bocoran fitur baru terkait opsi otentikasi di WhatsApp untuk pengguna Android telah bocor terungkap seiring diluncurkannya versi beta WhatsApp, para beta tester telah dibekali dengan fitur ini.

Dampak dari hadirnya fitur baru WhatsApp ini adalah pengguna WhatsApp di Android dapat mengunci aplikasi perpesanan dengan berbagai cara. Mulai dari penggunaan sidik jari, pengenalan wajah, hingga penggunaan kode sandi ponsel cerdas.

Mengutip laporan Android Headlines, sebelumnya WhatsApp hanya mengizinkan pemblokiran aplikasi yang menggunakan metrik autentikasi biologis. WhatsApp membatasi pengguna untuk memilih metode keamanan lain di perangkat mereka.

Sekarang, berkat fitur baru yang akan datang ini, aplikasi WhatsApp bertujuan untuk memaksimalkan keamanan aplikasinya sendiri, melalui fitur keamanan di berbagai jenis perangkat. Penambahan Sistem identitas yang lebih aman merupakan perkembangan penting dalam menjaga keamanan pengguna dan informasi pribadi.

Berkat berbagai opsi autentikasi, orang yang tidak berkepentingan tidak bisa mengakses akun WhatsApp orang lain secara sembarangan.

Baca juga: WhatsApp Luncurkan Fitur Privasi Baru Di Platformnya

Pengguna yang Fitur Biometriknya Rusak Tetap Bisa Masuk ke WhatsApp

WhatsApp Application_1a

WhatsApp Application. (Sumber: Scanova)

Selain itu, fitur baru ini akan membantu pengguna dengan sensor biometrik yang rusak atau bermasalah di ponsel mereka untuk tetap masuk ke WhatsApp dengan aman.

WhatsApp telah mencari cara untuk menggunakan metode alternatif seperti kode sandi perangkat. Dengan cara ini, orang-orang yang mengalami kesulitan serupa masih dapat masuk ke akun mereka dengan aman.

Namun, hingga saat ini dengan versi terbaru, pembaruan dapat menyebabkan masalah aplikasi bagi beberapa pengguna. Oleh karena itu, pengguna sebaiknya tidak menginstal WhatsApp versi beta ini.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Apple di Tiongkok mungkin tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store. Menurut Wall Street Journal...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru untuk memberikan informasi tentang kontak yang baru saja diunggah. Untuk memperkuat posisi WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan nomor...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...