Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Facebook Rilis Fitur Baru, User Kini Bisa Bikin 5 Profil di 1 Akun

Fitur Baru Profile Facebook_1a
Fitur Baru Profile Facebook. (Sumber: Indozone Tech)

Unbox.id – Meta telah mengumumkan peluncuran fitur baru di jejaring sosialnya, Facebook, yang memungkinkan satu akun membuat lima profil pribadi. Pengembangan ini bertujuan untuk memungkinkan pengguna mengatur dan memisahkan kehidupan pribadi dan profesional mereka dengan lebih baik atau mempertahankan profil terpisah untuk kepentingan dan komunitas yang berbeda. “Membuat beberapa profil pribadi memungkinkan Anda dengan mudah mengelola dengan siapa Anda berbagi dan konten apa yang Anda lihat di berbagai bagian kehidupan Anda,” tulis Meta di halaman resminya. Misalnya, pengguna Facebook dapat membuat profil yang didedikasikan untuk minat kuliner, sedangkan akun lain digunakan untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga.

Uji Coba Setahun Terakhir

Mengutip blognya, Jumat (29/9/2023), Meta menyebutkan fitur pembuatan profil pribadi ini diluncurkan secara global pada minggu lalu dan akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang. Menurut Meta, Facebook sebelumnya telah memberikan kontrol untuk memilih dengan siapa pengguna membagikan kontennya.

Namun, setelah menguji beberapa profil selama setahun terakhir, ditemukan bahwa pengaturan yang lebih jelas tentang teman, grup, dan minat membantu pengguna merasa lebih nyaman berinteraksi dengan orang-orang yang paling relevan.

Cara Membuat Profil Tambahan di Facebook

Fitur Baru User Facebook_2b

Fitur Baru User Facebook. (Sumber: Hum NEWS)

Mengutip laman resminya, berikut ini cara membuat profil tambahan di akun Facebook:

  • Pilih nama dan buat @username hingga empat profil pribadi tambahan.
  • Terhubunglah dengan orang atau komunitas yang Anda pilih sehingga setiap profil memiliki Feed unik dengan konten yang relevan dan minat yang sama.
  • Nantinya, pengguna akan bisa beralih antar profil dengan mudah, tanpa perlu login berulang kali.

Namun, beberapa fitur Facebook, seperti Personal, Marketplace, Mode Bisnis, dan Pembayaran, belum tersedia di profil pribadi tambahan selama peluncuran.

Yang Perlu Diperhatikan Pengguna

Sementara itu, pesan profil tambahan akan tersedia di aplikasi Facebook dan di web. Menurut Meta, fitur chat akan tersedia untuk profil tambahan dalam beberapa bulan mendatang. Selain itu, kemampuan untuk membuat profil tambahan hanya akan tersedia untuk akun pengguna dewasa.

Saat membuat profil pribadi tambahan, pengaturannya juga otomatis diatur ke pengaturan default, artinya pengaturan notifikasi dan privasi dari satu profil tidak berlaku untuk profil lainnya.

Beberapa pengaturan, seperti siapa yang dapat melihat postingan profil atau mengirim permintaan pertemanan, juga akan dikelola secara terpisah untuk setiap profil. Facebook juga mengingatkan pengguna untuk mengikuti standar komunitas dengan fitur ini, termasuk tidak menggunakannya untuk melakukan penipuan atau pencurian identitas.

Pelanggaran kebijakan yang berulang juga dapat mengakibatkan sanksi yang sesuai dari perusahaan terhadap akun dan semua catatan yang terkait dengan akun tersebut.

Baca juga: AI Untuk Musik Dan Audio Dari Teks Besutan Meta Facebook

Pengguna Facebook Bisa Atur Reels Sesuai Minat

Beberapa waktu lalu, Facebook memperkenalkan serangkaian opsi untuk mengatur video Stories yang muncul di setiap tab pengguna. Pembaruan ini memungkinkan pengguna untuk menentukan jenis video atau konten yang ingin ditonton.

Mengutip informasi Engadget, muncul dua opsi baru saat pengguna mengklik ikon tiga titik di akhir video. Opsi tersebut adalah “Tampilkan lebih banyak” dan “Tampilkan lebih sedikit” atau “Tampilkan lebih sedikit”.

Saat pengguna memilih “Tampilkan lebih banyak”, Facebook meningkatkan rating video video tersebut, sehingga Cerita dengan konten serupa lebih sering muncul. Sedangkan jika pengguna memilih opsi “Tampilkan lebih sedikit”, peringkat skor video akan menurun dan platform akan mengurangi tampilan jenis gulungan serupa.

Oleh karena itu, semakin banyak pengguna mempersonalisasi Reel Facebook melalui opsi ini, semakin baik jejaring sosial Meta memahami konten video favorit pengguna.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Jaksa AS di Virginia sedang menyelidiki Meta (perusahaan induk Facebook) atas dugaan bahwa platform media sosial tersebut memfasilitasi dan mengambil keuntungan dari...

Social Media

Unbox.id – Tidak dapat disangkal bahwa Facebook telah menjadi raja media sosial. Media sosial adalah salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia,...

Operator

Jakarta, Unbox.id — Facebook dan Instagram mengalami masalah besar di seluruh dunia pada hari Selasa (05 Maret 2024) kemarin. Masalah tersebut mengakibatkan pengguna tidak...

Apps & Games

Unbox.id – Meta baru saja menutup jaringan akun palsu yang menyamar sebagai keluarga militer Amerika dan aktivis anti-perang. Menurut peneliti keamanan Meta, akun palsu...