Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Donasi Digital Masih Jadi Tren Lewat GoPay

GoPay_1go
Aktivitas donasi digital dengan menggunakan aplikais GoPay jadi salah satu yang masih jadi trend di masyarakatnya. (Sumber: Ajaib Kripto)

Unbox.id – Donasi digital ternyata masih menjadi tren atau kebutuhan masyarakat, meski sejak tahun lalu aktivitas masyarakat sudah mulai normal kembali. Hal ini tergambar dari jumlah total donasi digital yang ditransfer melalui GoPay. Berdasarkan data internal GoPay, total disbursement digital melalui platformnya akan mencapai Rp 154 ​​miliar sepanjang 2022. Alhasil, GoPay menemukan bahwa masyarakat kini telah mengadopsi kebiasaan baru di masa pandemi, termasuk hadiah digital. “Tahun lalu, meski bisnis sudah kembali normal, kami melihat animo masyarakat terhadap donasi digital masih sangat tinggi, terutama di bulan Ramadan,” kata Direktur Operator GoPay, Budi Gandasoebrata, dalam keterangan resmi yang diterima. Jumat, 31 Maret 2023).

Aktivitas Donasi Digital

Donasi digital juga akan memainkan peran penting dalam membantu masyarakat, karena tidak ada batasan. Seiring dengan kemudahan yang diberikan, BAZNAS juga turut membantu modernisasi dan digitalisasi pengelolaan zakat nasional, salah satunya melalui platform digital seperti GoPay.

Apalagi, menurut Kepala BAZNAS KH Noor Achmad, di masa pandemi Covid-19, jumlah orang yang membelanjakan dan bersedekah melonjak hingga melebihi 40%. Bahkan, kebanyakan dari mereka adalah anak muda.

Oleh karena itu, GoPay dan BAZNAS melalui gerakan BAZNAS Cinta Zakat optimis mampu terus membantu masyarakat meraih kebahagiaan yang setara pascapandemi, sekaligus mengedukasi tentang kemudahan donasi digital dan zakat.

“Terima kasih kami sampaikan kepada para muzaki di seluruh Indonesia. Zakat, infak dan sedekah mereka sangat ditunggu oleh mereka yang membutuhkan,” kata Noor.

Baca juga: Cara Lacak Nomor WA Dengan Mudah Gunakan Aplikasi Legal

Bayar Zakat Lebih Mudah Dengan GoPay

GoPay_2go

Membayar zakat dengan menggunakan aplikasi GoPay jadi salah satu yang jadi tren dalam aktivitas donasi digital. (Sumber: Droila)

Selain berdonasi, pengguna GoPay yang ingin membayar zakat dengan mudah selama Ramadhan bisa memanfaatkan fitur GoBill di aplikasi Gojek. Pengguna cukup memilih menu Zakat kemudian memasukkan jumlah yang ingin dibayarkan.

Masyarakat dapat menyalurkan zakatnya melalui GoPay melalui 400 dana mitra. Di sisi lain, dengan pencapaian GoPay sepanjang tahun 2022, layanan dompet digital tersebut meraih penghargaan BAZNAS sebagai mitra pengumpul zakat terbaik melalui Fintech. Ini merupakan penghargaan keempat yang diterima GoPay sejak tahun 2019.

Gabung BI Fast, Top Up Gopay Lebih Murah?

Di sisi lain, General Manager Gopay, Budi GS, mengatakan Gopay akan bekerja sama dengan BI Fast untuk menciptakan sistem pembayaran digital. Bahkan saat ini Gopay terhubung secara tidak langsung melalui salah satu mitranya dengan BI Fast.

“BI Fast kita rencanakan ikut, sekarang kita sudah terhubung dengan salah satu mitra kita secara tidak langsung,” kata Budi dalam pertemuan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Bali, Selasa (28/3).

Sebagai informasi, BI Fast merupakan infrastruktur sistem pembayaran ritel nasional yang dapat mendukung pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan ready available.

Sebagai bagian dari pengembangan bisnisnya, Gopay masih terus melakukan temuan dengan strategi yang sedang berjalan. Jika ada sesuatu yang tampaknya sesuai dengan peta jalan yang ditetapkan oleh perusahaan, itu akan dikembangkan bersamanya.

Baca juga: Deretan Aplikasi Untuk Menulis Di Layar Gadget Android

Punya Manfaat Lainnya

GopPay_3go

Aplikasi GoPay dalam aktivitas donasi digital mampu berikan manfaat lebih bagi masyarakat. (Sumber: GenPI)

Budi mencontohkan, kerja sama dengan BI Fast akan memberikan banyak manfaat bagi pengguna Gopay. Ini bukan untuk pengisian saldo, tapi manfaat tidak langsung dengan mendukung infrastruktur BI Fast.

“Apa yang kami lihat bermanfaat bagi pengguna, jika tidak secara langsung, kami dapat memperoleh manfaat yang lebih besar,” ujarnya.

Selain itu, dalam jangka panjang, penggunaan BI Fast juga menguntungkan transaksi cross-border yang lebih cepat dan hemat, yang terpenting katanya sudah ada akses sehingga Gopay bisa close connected ke BI Fast. “Tapi mulai hari ini kita sudah akses BI Fast,” ujarnya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Belakangan ini, iPhone SE 4 sedang ramai diberitakan. Kabar terkini menunjukkan bahwa Samsung telah menolak tawaran Apple untuk memproduksi panel OLED untuk...

Tech Industry

Unbox.id – Biasanya sebagian masyarakat masih meneruskan tradisi memberi bingkisan saat Natal dan Tahun Baru, tidak hanya kepada teman dekat dan sanak saudara saja,...

Tech Industry

Unbox.id – Pernahkah Anda membaca headline yang mengandung unsur clickbait? Judulnya eksplosif dan mengundang rasa penasaran, padahal isinya belum tentu sama. Situs clickbait ini...

Tech Industry

Unbox.id – CEO Microsoft Satya Nadella mengatakan diperlukan perubahan dalam struktur tata kelola OpenAI, tiga hari setelah CEO Sam Altman dipecat. Nadella mengungkapkan perlunya...