Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Dimana Letak Perbedaan iPhone 15 dan iPhone 15 Pro?

iPhone 15 vs iPhone 15 Pro_1a
iPhone 15 vs iPhone 15 Pro. (Sumber: ZDNet)

Unbox.id – Apple resmi mengungkap iPhone 15 sebagai lini produk iPhone tahun ini. iPhone 15 memiliki 4 model: iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max. Bagi yang ingin upgrade ke iPhone 15 tapi bingung memilih model yang mana, berikut adalah perbedaan yang bisa diketahui untuk produk smartphone terbaru dari Apple tersebut bagi pasaran penggunanya di seluruh dunia.

Layar iPhone 15 vs iPhone 15 Pro

Kedua iPhone, iPhone 15 dan iPhone 15 Pro, sama-sama mengusung layar Super Retina XDR berukuran 6,1 inci, beresolusi 2.556 x 1.179 piksel.

Namun layar iPhone 15 Pro didukung fitur bernama ProMotion yang memungkinkan pengguna mengubah kecepatan refresh antara 10Hz dan 120Hz, sedangkan iPhone 15 didukung dengan kecepatan refresh standar 60Hz.

Berkat fungsi ProMotion akan membuat gerakan lebih halus dalam video, game, atau saat menggulir layar. Saat pengguna tidak sedang menonton YouTube atau bermain game, layar iPhone 15 Pro akan menurunkan kecepatan refresh untuk menghemat baterai.

Selain itu, iPhone 15 Pro juga hadir dengan fitur Always On Display yang memungkinkan layar tetap terang dan redup saat mengisi daya. Di iPhone 15 tidak ada fitur Always on Display.

Bodi iPhone 15 vs iPhone 15 Pro

iPhone 15 vs iPhone 15 Pro_2b

iPhone 15 vs iPhone 15 Pro. (Sumber: 9to5Mac)

iPhone 15 dan iPhone 15 Pro terbuat dari bahan yang berbeda. iPhone 15 memiliki bingkai aluminium dengan bagian belakang kaca dengan warna yang sama. Sedangkan rangka iPhone 15 Pro berbahan titanium dengan bagian belakang kaca buram.

Pilihan warna iPhone 15 lebih banyak, yakni pink muda, biru muda, biru muda, atau hitam condong abu-abu muda. Berikutnya, iPhone 15 Pro hadir dalam warna titanium natural berwarna hitam, putih, biru tua, dan krem.

Dari segi ukuran, iPhone 15 sedikit lebih besar namun lebih ringan dibandingkan iPhone 15 Pro. Meski bahan titanium lebih ringan dibandingkan aluminium, iPhone 15 Pro tetap lebih berat dibandingkan iPhone 15 karena kamera ketiganya.

iPhone 15 berbobot 171 gram dan iPhone 15 Pro berbobot 187 gram. Bezel iPhone 15 Pro sangat tipis dan lebih tipis 1mm dibandingkan iPhone 15. Masih dilihat dari bodinya, iPhone 15 Pro mempunyai tombol Action menggantikan tombol mute. Di iPhone 15 masih ada tombol mute.

Jika ditekan dalam waktu lama, tombol aksi akan mati sendiri dan mengaktifkan suara. Namun, pengguna dapat menyesuaikannya untuk mengaktifkan pintasan keyboard tertentu. Misalnya untuk menyalakan senter, merekam audio, membuat catatan, atau membuka kamera dan mengambil foto.

Baca juga: Apple Stop Produknya Yang Satu Ini! Akibat Rilis IPhone 15?

Kamera iPhone 15 vs iPhone 15 Pro

Seperti lini iPhone standar lainnya, iPhone 15 menggunakan kamera ganda di bagian belakang. Sedangkan iPhone 15 Pro memiliki tiga kamera. Ketiga kamera pada iPhone 15 Pro adalah lensa wide-angle 48 MP, lensa ultra-wide 12 MP, dan lensa telefoto 12 MP dengan zoom optik 3x.

Sedangkan iPhone 15 hanya memiliki dua kamera, lensa wide 48 MP dan lensa ultra wide 12 MP. Kedua model mendukung mode malam, namun hanya iPhone 15 Pro yang memungkinkan pengguna mengambil foto malam dalam mode potret.

Chipset iPhone 15 vs iPhone 15 Pro

iPhone 15 vs iPhone 15 Pro_3c

iPhone 15 vs iPhone 15 Pro. (Sumber: Utterly Techie)

Di dalam bodinya, iPhone 15 menggunakan chipset yang digunakan Apple pada iPhone 14 Pro tahun lalu, yakni A16 Bionic.

Sedangkan iPhone 15 Pro menggunakan chipset A17Pro. Kedua model ini cukup cepat, masing-masing memiliki prosesor enam inti, dua di antaranya membantu kinerja. Lalu ada 4 core lagi untuk menunjang efisiensi.

Kedua model tersedia dalam pilihan memori 128GB, 256GB dan 512GB. Sedangkan versi Pro memiliki opsi tambahan memori 1TB. Tentunya pilihan dari memori ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan oleh para penggunanya untuk aktivitas kesehariannya.

Bagaimana? Mana dari kedua smartphone ini yang bisa menjadi pilihan para penggunanya untuk bisa menjadi smartphone andalan untuk berbagai aktivitas kesehariannya dengan beragam aplikasi yang ada pada perangkatnya tersebut?

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Baru-baru ini, sebuah penelitian menguji kecepatan 5G pada ponsel Galaxy S24 dan iPhone 15 untuk mengetahui ponsel mana yang memiliki kemampuan 5G...

Apple

Unbox.id – Apple telah memperbarui masa pakai baterai iPhone 15. Namun, bukan dengan memberikan baterai baru atau melalui pembaruan perangkat lunak, melainkan dengan memperbarui...

Apple

Unbox.id – Tingkat kepuasan Samsung Galaxy S24 dinilai sangat tinggi, untuk pertama kalinya mengungguli iPhone 15. Data analisis ini ditemukan oleh grup situs rekomendasi...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Apple akan melakukan perubahan signifikan pada ukuran layar smartphone besutannya. Perubahan tersebut dilakukan dengan diluncurkannya seri iPhone 16 pada tahun 2024. Model...