Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

DANA Beri Ungkapan Terkait Modus Kejahatan di Platform Digital

Aplikasi Dana_1a
Aplikasi Dana. (Sumer: Jabar Express)

Unbox.id – Pengguna internet saat ini dimanjakan dengan transaksi digital yang lebih sederhana dan praktis dibandingkan transaksi tradisional. Faktor keamanan juga dinilai berperan penting dalam keberhasilan sistem dan kepercayaan pengguna saat beralih ke transaksi digital. Namun, seiring semakin banyaknya masyarakat yang beralih ke transaksi digital, ancaman kejahatan siber pun semakin meningkat. Menurut Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serangan siber di Indonesia pada bulan April mencapai 27 juta. Hal ini pun menarik perhatian banyak pemangku kepentingan, baik pelaku industri maupun masyarakat umum. Pasalnya, kejahatan siber dapat merugikan banyak pihak. Oleh karena itu, dompet digital Dana menawarkan program pendidikan untuk mencegah kejahatan dunia maya. Dana berbagi wawasan tentang pola kejahatan yang harus diingat oleh pengguna platform digital. Tidak ada apa-apa?

Customer Care Dana Palsu

Aplikasi Dana_2b

Aplikasi Dana. (Sumber: Antara News)

Penjahat dunia maya tidak puas dengan teknik peretasan yang rumit. Rekayasa sosial adalah cara yang sangat efektif untuk mengelabui korbannya. Rekayasa sosial adalah salah satu bentuk kejahatan dunia maya di mana pelaku bertindak atas nama platform digital resmi untuk mendapatkan akses ke platform digital, sehingga menipu korbannya.

Dalam hal ini, penulis mencoba mendapatkan informasi rahasia yang hanya diketahui oleh pemilik akun untuk mengakses platform digital tersebut. Misalnya mendapatkan informasi PIN dan kode OTP yang dikirimkan hanya ke perangkat korban.

Misalnya, pelaku kejahatan menyamar sebagai CS Dana dan menghubungi korban melalui WhatsApp atau media sosial untuk meminta data rahasia agar bisa terhubung ke layanan digital. Dana juga menghimbau seluruh pengguna untuk melaporkan permasalahan saat menggunakan aplikasi Dana melalui layanan pelanggan resmi.

Phishing Dengan Link Aplikasi Hingga Dana Kaget palsu

Mendapatkan hadiah gratis adalah dambaan banyak orang. Sadar bahwa masyarakat sering kali lengah karena terlalu senang menerima hadiah, para pelaku kejahatan kerap menipu dengan menjanjikan hadiah menarik.

Misalnya saja untuk menjebak pengguna Dana, pelaku kejahatan siber menggunakan iming-iming Dana Kaget. Namun, alih-alih menerima harga yang menarik, penjahat mengarahkan korbannya ke tautan Shock Fund palsu.

Meskipun sebenarnya itu adalah tautan penipuan. Situs web ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi rahasia dari pengguna, seperti kode PIN, atau mengelabui pengguna agar memasang kode berbahaya di ponsel.

Kode berbahaya ini juga secara tidak sengaja mengirimkan semua informasi kepada penjahat, terutama terlepas dari apakah pengguna memasukkan atau membacanya. Misalnya PIN atau OTP. Kode berbahaya ini dapat dipasang jika pengguna selalu mengklik OK di ponselnya tanpa membaca jenis akses yang diberikan kepada penjahat.

Aplikasi ini juga mengimbau pengguna untuk tidak sembarangan mengklik tautan mencurigakan dan memeriksa pengaturan keamanan ponsel mereka sesering mungkin. Pengguna sebaiknya memperhatikan pengaturan terkait keamanan dan pengaturan privasi yang memungkinkan aplikasi tertentu mengakses seluruh fitur ponsel.

Untuk menghindari penipuan, jangan klik tautan dari sumber yang tidak dapat dipercaya. Pastikan juga Anda hanya menginstal aplikasi dari sumber resmi, dalam hal ini App Store atau Google Play.

Baca juga: Pilihan Aplikasi Kamera Untuk Foto Lebih Bagus

Link Palsu untuk Memulihkan Akun yang Dibekukan

Aplikasi Dana_3c

Aplikasi Dana. (Sumber: Palima)

Teknik penipuan umum lainnya saat ini mencakup tawaran untuk memulihkan akun yang tiba-tiba dibekukan secara sepihak.

Dalam mode ini, pengguna dapat langsung melaporkan permasalahan pemblokiran akun ke asisten digital DIANA di aplikasi keuangan tersebut, melalui nomor layanan pelanggan resmi Dana 1500 445, atau mengirimkan email resmi ke bantuan @dana.id.

Pengguna diminta untuk tidak mempercayai dan tidak mengeksploitasi tautan yang diberikan peretas untuk memulihkan akunnya. Jika pengguna mendapat notifikasi terkait modus penipuan jenis ini, ia hanya perlu menunggu beberapa saat sesuai saran yang muncul di layar aplikasi Dana agar akunnya bisa digunakan kembali menggunakan PIN yang ia gunakan.

Namun jika lebih dari satu jam pengguna tidak dapat login ke akun Dana dan menerima pemberitahuan bahwa akun dibekukan, pengguna harus menghubungi dukungan pelanggan Dana. Dana juga memastikan layanan pelanggannya tidak pernah menghubungi pengguna terlebih dahulu untuk memulihkan akunnya, apalagi menghubungi melalui WhatsApp. Pasalnya Dana tidak memiliki layanan pengaduan konsumen melalui WhatsApp.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Seiring berkembangnya dunia perkreditan di Indonesia, semakin banyak jenis layanan yang ditawarkan. Salah satunya menggunakan aplikasi PayLater. Tak kalah dengan e-wallet, PayLater...

Apps & Games

Unbox.id – Memiliki smartphone canggih seperti Samsung Galaxy S21 Series atau iPhone 12 bukan lagi sekadar impian. Karena kamu bisa membelinya dengan sangat mudah...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Di jaman serba online seperti sekarang ini, banyak kegiatan yang semakin berubah. Saat ini, Anda bisa melakukan pembayaran air, tiket, pulsa, listrik,...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) memblokir layanan PayPal bagi para pengguna yang ada di Indonesia dikarenakan belum terdaftarnya layanan...