Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Chatbot AI Grok Siap Luncur ke Pengguna X Premium Plus

Grok_1a
Grok. (Sumber: Tech Idea)

Unbox.id – Setelah banyak berdiskusi mengenai kehadiran Grok, AI chatbot dari App X alias Twitter, baru-baru ini Elon Musk mengonfirmasi bahwa chatbot tersebut akan tersedia untuk seluruh pelanggan premium. Diberitakan Tech Crunch, peneliti aplikasi Nima Owji membagikan tangkapan layar yang menunjukkan cara menginstal Grok di App X versi web. Ini juga menyertakan URL untuk mengaksesnya, twitter.com/i/grok. Selain itu, ia membagikan informasi bahwa pengguna yang belum menjadi pelanggan Premium Plus akan diundang untuk mengikuti paket berlangganan untuk dapat mengakses Grok.

xAI Sebagai Pembesut Grok

Grok_2b

Grok. (Sumber: Techverse Asia)

Awalnya Grok dirilis pada 4 November 2023 hanya untuk reviewer terpilih. Grok sendiri disebut sebagai jawaban Elon Musk terhadap ChatGPT milik OpenAI, Bard milik Google, Claude Anthropic dan lain-lain. xAI besutan Grok menjanjikan chatbotnya akan memiliki kepribadian lebih dibandingkan kompetitornya.

Menurut situsnya, chatbot ini dapat menjawab pertanyaan pengguna dengan “menunjukkan kecerdasan” dan dikatakan memiliki “kepribadian pemberontak”. Chatbot AI ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan “membakar” yang diajukan oleh sistem AI lainnya.

Selain itu, Grok juga akan memiliki akses wawasan langsung dari platform X. Menurut prediksi banyak analis, kehadiran Grok diharapkan dapat membantu meningkatkan jumlah langganan Premium X atau langganan Twitter.

Grok Digarap Oleh xAI

Grok diketahui merupakan milik xAI, sebuah perusahaan kecerdasan buatan yang didirikan Elon Musk beberapa waktu lalu. Melalui akun Twitternya, Elon Musk mengumumkan bahwa xAi dimaksudkan untuk “memahami kenyataan”.

Menjelaskan situs resminya, perusahaan tersebut mengatakan bahwa tujuan xAI adalah “untuk memahami sifat sebenarnya dari alam semesta.” Mereka akan menjadi tuan rumah slot Twitter pada Jumat, 14 Juli waktu setempat. Meski memiliki nama yang hampir sama dan didirikan oleh Elon Musk, xAI merupakan perusahaan yang berbeda dengan X Corp atau Twitter, serta Tesla.

“Kami adalah perusahaan terpisah dari X Corp, namun kami akan bekerja sama dengan X (Twitter), Tesla, dan perusahaan lain untuk mempromosikan pesan kami,” tulis xAI. Menurut situs resminya, Elon Musk memimpin langsung tim xAI.

Perusahaan juga mengatakan bahwa tim xAI mencakup orang-orang yang bekerja di DeepMind, OpenAI (pengembang ChatGPT), Google Research, Microsoft Research, Tesla, dan Universitas Toronto.

Ai Grok Akan Bisa Akses Informasi di Twitter Secara Real Time

Grok dibayar untuk menjadi AI, dan ia akan menyarankan dan bahkan menjawab pertanyaan! Menurut laman resmi xAI, xAI menyebutkan bahwa Grok dirancang untuk menjawab pertanyaan dengan sedikit kecerdasan dan memiliki karakter pemberontak.

“Jadi tolong jangan menggunakannya jika Anda membenci humor,” kata perusahaan tersebut, mengacu pada jenis AI ini. Selain itu, yang membedakannya dengan chatbot AI lainnya adalah Grok akan bisa mengakses dan memiliki informasi secara real-time dari platform X alias Twitter.

xAI juga mengklaim bahwa Grok akan menjawab “pertanyaan-pertanyaan penting” yang sering ditanyakan atau dilarang ketika ditanya tentang sistem AI lainnya. “Grok masih merupakan produk beta awal – hal terbaik yang dapat kami lakukan dengan pelatihan selama 2 bulan – jadi harap produk ini menjadi lebih cepat setiap minggunya dengan bantuan Anda,” kata xAI.

Grok dibangun di atas Large Language Model (LLM), Grok-1, yang dikembangkan oleh xAI selama empat bulan terakhir.

Baca juga: Chatbot AI Google Bard Mulai Belajar Pahami YouTube

Elon Musk Ungakpkan 2 Paket Langganan Terbaru

Elon Musk X Twitter_3c

Elon Musk X Twitter. (Sumber: Business Insider)

Sebelumnya, X meluncurkan dua paket berlangganan baru untuk layanan berbayarnya. Dengan hadirnya paket berlangganan baru ini, platform kini memiliki tiga level: Basic, Premium, dan Premium Plus. Di Indonesia ketiga paket ini bisa dinikmati, sedangkan harga bulanan termahal untuk paket Basic adalah Rp 33.750, sedangkan yang termahal adalah Rp 180.000 per bulan untuk Premium Plus.

Dalam paket dasar, pengguna X akan dapat menikmati banyak fitur seperti pengeditan email, unggahan panjang, pengunduhan video panjang, pengunduhan video, dan banyak lagi. Namun, pelanggan dasar tidak bisa mendapatkan lencana biru dan masih dapat menemukan iklan di Untuk Anda dan Lainnya. Tidak dapat mengelola akses ke Creator Hub.

Untuk paket Premium Plus, pelanggan paket Elon Musk akan memiliki akses ke semua fitur penerbitan, Creator Hub, fitur keamanan penuh, dan tanpa iklan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Chatbot AI yang diproduksi perusahaan Elon Musk kini mampu “memahami” gambar, mulai dari diagram hingga tabel berisi informasi. Hal tersebut diungkapkan xAI...

Social Media

Unbox.id – X, alias Twitter, telah memperluas dukungan untuk keamanan login kata sandi, menjadikan opsi tersebut tersedia bagi pengguna di seluruh dunia, selama mereka...

Social Media

Last updated on 8 April, 2024 Unbox.id – X, platform media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter dan kini dimiliki oleh Elon Musk, menawarkan...

Tech Industry

Last updated on 31 Maret, 2024 Unbox.id – Elon Musk telah membuat chatbot AI Grok perusahaannya, Grok, tersedia bagi banyak orang yang membayar langganan...