Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Cara Mudah Mengembalikan Chat WA Bila Terhapus

Jakarta, Unbox.id – Anda kehilangan chat penting dalam WhatsApp (WA)? Tenang saja, karena aplikasi keluaran perusahaan Meta ini bisa mengembalikan chat Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda bisa mendapatkan kembali chat selama Anda sudah melakukan back up. 

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan Anda kehilangan chat. Bisa saja Anda sendiri yang menghapusnya, baik sengaja maupun tidak sengaja. Namun ada juga alasan eksternal seperti Anda baru saja memindahkan akun dan belum mengaktifkan back up. Chat juga bisa terhapus dari menu Settings karena menghapus data aplikasi WA. Alasan terakhir karena ada corrupt pada file. 

Tentunya Anda bisa mengembalikan semua chat Anda selama sudah pernah mencadangkannya. Bila ingin memindahkan akun, Anda juga bisa melakukannya terlebih dahulu. Pilihan penyimpanan cadangan ini bisa secara online di cloud Google Drive atau secara offline di kartu memori.

Baca juga: Presentasi Online? Begini Cara Menampilkan PPT di Teams

Cara Mencadangkan Data Chat WhatsApp

Sebelum mulai mengembalikan chat, Anda harus menyiapkan data cadangannya. Data ini bisa terus diperbarui otomatis lewat pengaturannya. Jadi sebelum Anda kehilangan chat yang berharga, Anda sudah memiliki cadangannya. Untuk bisa melakukannya, caranya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan pilih ikon 3 titik vertikal di sudut kanan atas.
  2. Pilih Settings
  3. Buka pilihan Chats
  4. Akan ada pilihan “Chat backup” di bagian bawah, pilihlah.
  5. Di bagian atas ada tulisan “Back Up” yang bila dipilih akan memperbarui data cadangan Anda di memori internal dan online bila sudah diatur.
  6. Di bawahnya, ada pengaturan Google Drive. Pilih Back up to Google Drive untuk mengatur akun Google dan proses back up online Anda. Anda juga bisa mengatur kapan back up online dilakukan.
  7. Anda bisa mengganti akun GDrive, frekuensi, dan jaringan upload data di bagian bawahnya. 
  8. Setelah diatur, pilih kembali tombol “Back Up” di atas dan proses pun dimulai. Anda tinggal menunggu hingga proses selesai.

back up chat WA

Back up chat WA (sumber course net)

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Secara Online

Setelah memiliki data cadangan, sekarang Anda sudah bisa mengembalikan chat kapanpun. Untuk bisa melakukannya, ikuti langkah ini:

  1. Keluar dari WhatsApp dan hapus aplikasi dari ponsel Anda. Setelah itu, install kembali aplikasinya.
  2. Login dalam akun WhatsApp dengan nomor yang biasa Anda pakai.
  3. Aplikasi akan mendeteksi otomatis data cadangan yang ada di Google Drive atau kartu memori. Anda akan ditanya apakah ingin mengembalikannya atau tidak.
  4. Pilih “yes” dan chat WA yang terhapus akan kembali muncul.

Mengembalikan Chat dari Kartu Memori

Untuk bisa menjalankan cara ini, pastikan Anda memiliki aplikasi manajer file atau file manager. Bila belum ada, install terlebih dahulu. Bila sudah, ikut cara ini:

  1. Buka aplikasi manager file.
  2. Pilih penyimpanan lokal.
  3. Buka folder WhatsApp yang ada dan kemudian pilih folder Database.
  4. Bila tidak ada, Anda bisa mencoba mencari di “penyimpanan internal,” “penyimpanan utama,” atau “Kartu SD”.
  5. Setelah ditemukan, copy folder tersebut ke penyimpanan lokal.
  6. Buka kembali WhatsApp yang telah diinstall ulang.
  7. Saat diminta untuk memulihkan data, pilih back up dari cadangan lokal.
  8. Tunggu hingga proses selesai dan chat Anda pun sudah kembali. 

 

Itulah tadi cara mengembalikan Chat WA yang terhapus. Tentunya semua bisa dilakukan bila Anda sudah mengikuti cara back up terlebih dahulu. Pastikan cadangan data Anda terus diperbarui untuk selalu siaga mengembalikan chat bila terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan. Hampir setiap orang yang memiliki smartphone sudah menginstal aplikasi ini. Banyak orang yang tertarik...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – WhatsApp kini umumkan fitur chat baru untuk mengatasi kekurangan dari fitur sebelumnya. Beberapa waktu lalu, WhatsApp memperkenalkan fitur “Hapus untuk Semua...

Social Media

Unbox.id – Mentransfer obrolan WhatsApp atau WA dari ponsel lama ke ponsel baru lebih mudah. Pasalnya, WhatsApp diketahui menyiapkan fitur transfer chat tanpa Anda...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp adalah salah satu platform sosial media yang menjadi pilihan oleh para penggunanya. Selain itu, platform ini juga telah mengiringi aktifitas komunikasi...