Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Cara Menambahkan Rumus Matematika di Google Docs

Docs
ilustrasi: rifki.id

Jakarta, Unbox.id – Banyak pelajar dan mahasiswa yang saat ini telah beralih menggunakan Google Docs. Menurut mereka, penggunaan aplikasi Google Docs lebih mudah karena menggunakan fungsi bahasa Indonesia. Selain itu. penulisan bisa langsung terhubung pada Google Drive. Karenanya, setelah mengerjakan tugas di perangkat komputer, mereka langsung bisa membukanya di ponsel.

Integrasi Google Workspace yang memungkinkan aplikasi ini terhubung ke layanan lain seperti Slides, Spreadsheet, dan Forms makin memudahkan penggunaannya. Selain itu, adanya fitur pemeriksaan ejaan dan tata bahasa meminimalisir adanya kesalahan penulisan.

Baca juga: Langkah Cepat Membuat Daftar Isi di Microsoft Word

Namun, bagi anda yang ingin mengerjakan atau menulis esai matematika, tentunya menemui kesulitan saat harus membubuhkan simbol. Penulisan matematika seperti lambang dan persamaan, tentunya akan sangat sulit untuk ditemukan. Nah, kali ini redaksi akan sedikit berbagi tentang penulisan matematika di Google Docs

Cara Menulis Matematika di Docs

Untuk menyisipkan simbol matematika seperti 𝜋 (pi) atau 𝛴 (sigma), cukup membuka menu insert atau ‘sisipkan’ yang ada di baris menu. Kemudian, pilih fitur ‘karakter khusus’ yang memiliki lambang Ω atau omega. Di sana sudah tersedia lambang apa pun yang anda inginkan.

tampilan simbol di google docs

Cara mencari lambang matematika di tengah ribuan lambang, tinggal tuliskan nama lambang yang anda inginkan di penelusuran. Jika anda tidak tahu nama lambang yang anda inginkan, cukup dengan menggambarnya di kolom yang disediakan. Cukup sederhana, bukan?

Masalahnya, untuk menuliskan rumus yang lebih kompleks seperti pangkat, kuadrat, dan akar, perlu cara tersendiri untuk memasukkannya. Nantinya, anda harus mengunduh aplikasi tambahan dari Google. Tenang saja, aplikasi ini bisa anda dapatkan di fitur ‘add on’ secara gratis.

Menambahkan Aplikasi MathType

Aplikasi yang harus anda tambahkan untuk menulis rumus matematika ini adalah MathType. Aplikasi tersebut memiliki logo ‘akar’ yang berwarna merah. Cara mendapatkannya cukup mudah. Langkah pertama adalah buka menu ‘ekstensi’ yang ada di atas, kemudian pilih ‘add on’.

Baca juga: Cara Ganti Atau Hapus Password Saat Login Windows

Setelah membukanya, klik dapatkan add on. Di mana halaman add on akan muncul secara otomatis dan menampilkan banyak sekali aplikasi tambahan untuk mendukung fitur pengetikan anda. Selain penulisan matematika, anda juga bisa mengunduh ratusan aplikasi yang memiliki fungsi beragam.

Setelah anda menemukan aplikasi MathType, unduh aplikasi tersebut, konfirmasi akun Google, dan aplikasi siap anda gunakan. Jangan lupa untuk memasukkan akun Google anda ke aplikasi MathType untuk dapat mengaksesnya. Ketika anda membuka fitur tersebut, anda dapat mengetik rumus apa saja yang ada inginkan.

Namun, nantinya bentuk yang akan anda masukkan ke lembar kerja tidak lagi berbentuk teks yang dapat anda edit. Akan tetapi akan muncul dalam bentuk gambar. Demikian tips yang dapat redaksi paparkan, semoga bermanfaat.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Mengoperasikan aplikasi pengolah kata baik Word atau Google Docs yang ada di laptop atau komputer saat ini merupakan salah satu keahlian...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Sebuah tanda tangan atau paraf adalah salah satu unsur penting yang wajib ada di dalam dokumen. Menyisipkan paraf ke dalam draft...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Membuat daftar isi di aplikasi pengolah kata Microsoft Office Word dan Google Documents tidaklah serumit yang dibayangkan. Pembuatan daftar isi di...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Jenis dan bentuk tulisan yang ada di aplikasi pengolah kata memiliki variasinya tersendiri. Tidak semua aplikasi memiliki jenis font yang sama,...