Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Cara Cek SIM Card Bocor Atau Tidak Datanya

Data Cyber_1
Masyarakat Indonesia dikagetkan dengan adanya kebocoran data SIM Card dari para penggunanya. (Sumber: Mancode)

Yukke.id – Belum lama ini, para pengguna gadget di Indonesia dikabarkan bahwa data-data milik penggunanya telah diretas. Bahkan, data-datanya tersebut juga telah diperjual belikan secara online di mana hal ini tentunya sangat meresahkan bagi para penggunanya di tanah air. Sejalan akan hal tersebut, ada acara yang bisa dilakukan oleh para pengguna smartphone guna mengecek apaka SIM Card milikinya telah terkena serangan siber tersebut ataukah masih aman dari bocornya data digital tersebut.

Adanya Kebocoran Data SIM Card

SIM Card_1

Kebocoran data pada SIM Card ini dikabarkan data dari penggunanya telah dijual lewat online. (Sumber: Forbes)

Di dalam perkembangan teknologi, keamanan sebuah data dari para penggunanya menjadi suatu hal prioritas utama yang mana penting untuk dimiliki. Ya, memang data dari para pengguna smartphone ataupun ragam apikiasi digital lainnya bisa dibilang cukup berharga bagi pihak-pihak tertentu yang bisa di gunakan untuk berbagai tindakan.

Jika berbicara dengan sebuah data digital, belum lama ini masyarakat di Indonesia cukup dihebohkan dengan adanya kebocoran data di dalam aplikasi sistem digitalnya tersebut. Dalam hal ini, kebocoran data yang terjadi di tanah air yang belum lama ini terjadi adalah adanya kebocoran data SIM Card dari para penggunanya tersebut.

Kabar ini tersiar dari breached.to di mana sebuah akun bernama Bjorka mengunggah sebuah data di mana data tersebut merupakan bocoran data dari kumpulan nomor-nomor pada SIM Card dan juga data dari email para pengguna di Indonesia. Lebih lanjut, keterangan akun bernama Bjorka ini mengklaim bahwa data tersebut didapat dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Tentunya dengan adanya kebcooran data tersebut, para pengguna teknologi digital di Indonesia pun dibuat was-was akan apa yang terjadi dari data yang telah bisa diperjual belikan secara online tersebut. Dengan adanya hal ini, pihak Kemenkominfo sampai sekarang masih menyelidiki kabar dan juga kebenaran akan kebocoran data itu.

Baca juga: Daftar Situs Yang Diblokir Kemenkominfo

Cara Cek SIM Card Bocor Tidaknya

Seiring dengan adanya kabar kebocoran data dari banyaknya nomor-nomor SIM Card tersebut, hal ini membuat masayrakat Indonesia merasa cukup was-was dan juga khawatir tentang bagaimana data nomor tersebut bisa sampai diretas. Selain itu, masyarakat juga takut bahwa nomor tersebut bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dalam hal ini, salah satu cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat Indonesia selaku para pengguna beragam aplikasi digital yang ada adalah dengan melakukan pengecekan terhadap nomor dari SIM Card yang digunakannya tersebut. Hal ini memang menjadi sebuah langkah awal yang bisa dilakukan agar dapat mengtahui apakah nomor dari penggunanya sudah terkena dampak serangan siber ini ataukah belum.

Apabila para pengguna ingin mengecek nomor SIM Card yang dimilikinya, para pengguna bisa mengakses sebuah website yaitu www.periksadata.com. Website ini merupakan salah satu halaman digital di mana para pengguna bisa mengecek apakah nomor yang dimilikinya telah sempat bocor atau tidaknya.

Untuk melakukan pengecekan tersebut, para pengguna juga cukup menuliskan nomor SIM Card yang masih aktif di dalam sisi kolomnya itu. Jika sudah menuliskan data nomornya, maka para pengguna bisa mendapatkan hasilnya apakah nomornya tersebut masih aman ataukah sudah pernah bocor kepada pihak-pihak lainnya.

Baca juga: Viral Diblokir Kemenkominfo, Kenali Apa Itu PayPal

Bisa Untuk Mengecek Email

Periksadata.com_1

Selain mengecek kebocoran data pada SIM Card, Periksadata.com juga bisa mengecek e-mail dari para penggunanya apakah aman atau telah dibocorkan ke pihak lain. (Sumber: Saung Net)

Selain SIM Card, website www.periksadata.com juga bisa melakukan pengecekan terhadap alamat e-mail yang dimiliki oleh para penggunanya. Perlu diketahui, kebocoran data ini tidak hanya sampai pada SIM Card saja, melainkan alamat e-mail beserta data-data dari para penggunanya juga ikut bocor dan disebarluaskan dalam platform online

Dan untuk melakukan pengecekan pada e-mail penggunanya di aplikasi website ini, para pengguna cukup melakukan hal yang sama untuk melakukan pengecekan tersebut. Bedanya, untuk pengecekan pada e-mail memiliki kolom tersendiri yang membedakan antara untuk melakukan pengecekan terhadap SIM Card ataupun terhadap alamat e-mail.

Tentunya dengan adanya website ini, hal tersebut bisa menjadi salah satu sarana untuk memberikan sinyal betapa pentingnya untuk menghadirkan keamanan ganda di dalam setiap platform digital yang diakses oleh para penggunanya. Untuk itu, para pengguna perlu memberlakukan update kata sandi secara berkala dan juga menambahkan keamanan autentikasi ganda untuk memberikan pengamanan ekstra.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Vivo

Last updated on 18 November, 2022 Unbox.id – Membuat konten sudah jadi bagian keseharian kita saat ini. Oleh karena itu, kamera pada smartphone pun...

Tech Industry

Unbox.id – Perangkat smartphone pada saat ini memang menjadi sebuah perangkat yang penting untuk bisa mendukung penggunananya di waktu kesehariannya tersebut. Selain itu, perangkat...

Artikel

Unbox.id – Platform Android memang bisa menjadi pilihan tersendiri untuk bisa digunakan bagi para penggunanya. Selain menghadirkan suatu kemudahan tersendiri, smartphone Android memang dikenal...

Tech Industry

Last updated on 31 Oktober, 2022 Unbox.id – Perkembangan dunia teknologi secara global memang menghadirkan sebuah hal yang menarik dan juga seru untuk diketahui....