Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Google Mengumumkan Inisiatif Pertahanan Siber AI untuk Melindungi dari Peretas

Google
Google kembangkan teknologi AI untuk keamanan pengguna | foto: Gizmochina

Jakarta, Unbox.id – Google baru saja mengumumkan inovasi terbaru yang cukup besar. Perusahaan mesin pencari tersebut berencana akan meluncurkan fitur kecerdasan buatan untuk software protektif yang dapat melindungi ancaman siber di perangkat pengguna.

Pembaruan tersebut merupakan salah satu inisiatif Pertahanan Cyber ​​AI yang mereka lakukan. Idenya adalah menjadikan internet tempat yang lebih aman bagi semua orang dengan tetap selangkah lebih maju dari peretas dan serangan siber.

Baca juga: Google Rilis Alat Deteksi Phishing dan Malware untuk Pengguna Android

Masalah dalam menjaga keamanan ruang digital saat ini adalah peretas hanya perlu menemukan satu titik lemah untuk menimbulkan masalah. Di sisi lain, orang-orang yang membela dunia digital kita harus selalu sempurna, dan ini sangat sulit. 

Google akan melatih AI untuk mengenali tanda-tanda serangan siber sebelum terjadi

Menurut mereka, sistem kecerdasan buatan atau AI tersebut dapat membantu mengatasi masalah ini. Dengan menggunakan AI, perusahaan ingin memudahkan pakar keamanan menemukan dan menghentikan ancaman sebelum berubah menjadi masalah besar.

Rencana tersebut mencakup penggunaan AI untuk mengetahui kapan dan di mana serangan siber mungkin terjadi. Mereka melatih sistem AI untuk mengenali tanda-tanda ancaman yang ada di dunia maya dengan melihat data dari seluruh dunia. 

Baca juga: Android 15 Segera Hadir, Google Luncurkan Versi Pratinjau Developer

Hal ini dapat membantu menghentikan peretas sebelum mereka melakukan kerusakan. Salah satu hal keren yang mereka lakukan adalah dengan cara membagikan alat buatannya yang bernama Magika. Yaitu rancangan khusus untuk mengenali malware, perangkat lunak yang berfungsi untuk merusak atau meretas sistem. 

Informasi Lainnya

Magika sangat pandai dalam membedakan jenis file mana yang aman dan mana yang tidak. Artinya, hal ini dapat memudahkan untuk menangkap perangkat lunak berbahaya sebelum menimbulkan masalah.

Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut juga percaya bahwa memerangi ancaman dunia maya adalah upaya tim. Mereka menyerukan agar perusahaan dan pemerintah bekerja sama, berbagi informasi, dan menggunakan AI untuk menjadikan internet lebih aman bagi semua. 

Singkatnya, Google menggunakan AI tidak hanya untuk bereaksi terhadap ancaman dunia maya namun juga untuk mencegahnya. Ini adalah langkah besar dalam menjadikan internet sebagai tempat yang lebih aman, dan ini menunjukkan bahwa AI berguna untuk kebaikan.

Sumber: Gizmochina

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google Pixel Fold memang tidak sepopuler merek ponsel layar lipat lainnya seperti Samsung, Oppo, atau Huawei. Meski begitu, Google Pixel Fold tetap...

Tech Industry

Unbox.id – Membeli aplikasi atau game melalui Google Play kini lebih aman. Pasalnya Google menerapkan metode keamanan biometrik untuk mengonfirmasi transaksi yang dilakukan. Ini...

Tech Industry

Unbox.id – Chatbot AI yang diproduksi perusahaan Elon Musk kini mampu “memahami” gambar, mulai dari diagram hingga tabel berisi informasi. Hal tersebut diungkapkan xAI...

Tech Industry

Unbox.id – Elon Musk, CEO Tesla dan pemilik platform media sosial X, kembali menjadi perbincangan setelah mengutarakan pandangannya tentang kecerdasan buatan (AI). Dalam wawancara...