Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Cara Bayar PBB dan E-Samsat Online Lewat Tokopedia

Cara Bayar PBB Online_1
Ketahui cara bayar PBB dan E-Samsat secra online di platform Tokopedia. (Sumber: Berita Jatim)

Unbox.id – Warga negara Indonesia diwajibkan untuk membayar berbagai pajak, termasuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang harus dibayar oleh individu atau badan yang memiliki tanah dan bangunan setiap tahunnya. Selain itu, pemilik kendaraan bermotor wajib membayar pajak kendaraan bermotor setiap tahun dan memperbaharui Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) setiap lima tahun. Masyarakat juga dapat dengan mudah membayar berbagai pajak tersebut melalui Tokopedia. Memang, Tokopedia kini memiliki layanan pembayaran pajak online bernama Tokopedia Tax Counter. Dalam keterangan yang diterima Unbox.id, Sales and Operations Development Manager Tokopedia, Jonathan Tricahyo, mengatakan Tokopedia telah bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah serta banyak mitra strategis lainnya untuk Introducing kantor pajak Tokopedia.

Cara Bayar PBB di Tokopedia

“Kami bekerja sama dengan pusat, daerah, dan mitra strategis lainnya untuk memungkinkan masyarakat membayar pajak yang berbeda, termasuk penduduk di 260 kota/daerah untuk membayar PBB secara online, dengan lebih dari 50 metode pembayaran tersedia di Tokopedia,” ujar Jonathan.

Meteran Pajak Tokopedia memungkinkan masyarakat untuk mengatur fungsi E-Samsat untuk membayar biaya penyiaran PKB dan STNK.

  • Ketik PBB di kolom pencarian Tokopedia
  • Pilih cluster untuk memilih provinsi, kota/kabupaten, dan tahun pajak yang akan dibayar
  • Masukkan Nomor Objek Pajak
  • Cetak Tagihan dan akan muncul rincian tagihan.
  • Selanjutnya, pilih metode pembayaran yang diinginkan
  • ketika pembayaran sukses, sistem akan mengirimkan notifikasi

Keringanan Yang Diimplementasikan

Untuk pembayaran PBB DKI Jakarta, berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 5 Tahun 2023, wajib pajak dengan Nilai Jual Kena Pajak (NJOP) di atas 2 miliar akan mendapatkan tambahan pembebasan sebesar 5%.

Warga DKI Jakarta dapat menikmati potongan pembayaran untuk periode hingga Juni 2023 hingga 10% (tahun pajak 2023) dan 20% hingga Juni 2023 serta bebas dari sanksi administrasi (tahun pajak 2013-2022).

Jonathan mengatakan, berbagai keringanan telah diterapkan dalam sistem pembayaran PBB melalui Tokopedia. Sehingga ketika masyarakat membayar PBB melalui platform Tokopedia, mereka bisa langsung mendapatkan keringanan dari pemerintah.

Lebih lanjut menurutnya, Tokopedia menawarkan cashback kepada pengguna yang melakukan pembayaran PBB melalui Tokopedia. Sekadar informasi, Tokopedia mencatat nilai transaksi melalui fungsi PBB online meningkat hampir 50% pada kuartal pertama dibandingkan kuartal pertama 2022.

“Melalui kerjasama dengan mitra strategis, termasuk pemerintah daerah di tingkat provinsi dan kota/administrasi, kami berharap ini akan semakin mendorong masyarakat untuk memenuhi kewajiban perpajakannya sekaligus membantu meningkatkan pendapatan asli daerah,” ujar Jonathan.

Baca juga: Cara Membersihkan Air Fryer Agar Tidak Rusak

Cara Pembayaran E-Samsat Online

Cara Bayar E-Samsat_2

Ketahui beberapa cara langkah bayar E-Samsat online menggunakan Tokopedia. (Sumber: eFaktur dan eSPT)

Berikut adalah cara membayar PKB melalui fitur E-Samsat online Tokopedia:

  • Ketik Samsat di kolom pencarian Tokopedia
  • Pilih Loket Pajak Tokopedia
  • Pilih E-Samsat
  • Pilih wilayah dan masukkan kode bayar, bisa didapatkan daeri aplikasi Samsat masing-masing daerah atau melalui SMS ke Dispenda Samsat
  • Klik Cek Tagihan dan pilih metode pembayaran
  • Pengguna akan mendapatkan struk via email untuk ditukarkan ke SKPD di layanan Samsat daerah masing-masing

Untuk Membayar PKB:

  • Ketik Samsat di kolom pencarian Tokopedia
  • Pilih Signal
  • Masukkan kode bayar yang bisa didapatkan dari aplikasi Signal, pilih metode pembayaran sesuai preferensi, lakukan pembayaran
  • Setelah pembayaran sukses, status pembayaran pengguna akan berubah secara otomatis pada aplikasi Signal
  • Pengguna pun akan menerima Tanda Bukti Pembayaran Kendaraan Bermotor (TBPKB digital yang sah).

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – TikTok Shop kembali hadir di aplikasi TikTok mulai 12 Desember 2023. Kembalinya TikTok Shop terjadi setelah GoTo sehari lalu mengumumkan bahwa TikTok...

Apps & Games

Unbox.id – TikTok Shop pasti akan kembali hadir di Indonesia, setelah platform dagang tersebut berhenti beroperasi untuk mematuhi peraturan pemerintah. Kini TikTok Shop akan...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Penjualan perdana seri iPhone 15 pada 27 Oktober 2023 dilakukan oleh para penggemar setia Apple atau yang kerap disebut Apple fanboys. Tanpa...

Tech Industry

Unbox.id – Platform e-commerce Shopee menduduki peringkat pertama sebagai layanan belanja dan jualan online terpopuler bagi masyarakat Indonesia. Menurut Populix, Shopee menjadi pilihan 79%...