Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Cara Atasi Instagram Ngelag dan Sering Force Closed

Instagam App_1app
Instagram App. (Sumber: Sanepo)

Unbox.id – Diluncurkan pada tahun 2010, Instagram kini menjadi salah satu jejaring sosial yang paling banyak digunakan. Bahkan bisa dibilang jejaring sosial ini sangat adiktif karena bisa membuat kita berjam-jam melihat timeline kita untuk melihat banyak foto menarik yang dibagikan oleh banyak orang dan banyak pihak. Tak hanya itu, fitur Instagram sendiri lebih dari sekadar cara berbagi foto momen berharga. Lebih dari itu, Instagram menjadi bisnis yang sangat menggiurkan. Faktanya, seperti sebuah aplikasi, tentunya tidak akan pernah lepas dari masalah. Ini adalah kejadian umum bahwa aplikasi ini sering berhenti bekerja saat digunakan. Berbagai alasan untuk berhenti.

Hapus Cache

Instagram app_2app

Instagram Application. (Sumber: LabViral)

Pada dasarnya, aplikasi Instagram sendiri memakan banyak memori di ponsel. Jika digabungkan dengan banyak file sampah dan cache, tentu aplikasi Instagram akan crash dan menyebabkan aplikasi sering crash karena memori ponsel tidak dapat menjalankan aplikasi.

Itu sebabnya kita perlu membersihkan aplikasi dan cache terbaru secara berkala, meskipun cache dapat berguna untuk membuat aplikasi berjalan lebih cepat. Untuk menghapus cache, Anda dapat menggunakan aplikasi pembersih cache atau melakukannya secara manual di menu pengaturan.

Lakukan Update Jika versi Instagram Sudah Lama

Salah satu penyebab aplikasi Instagram crash saat digunakan adalah karena error. Padahal, masalah error selalu bisa diperbaiki jika kita rajin mengupdate aplikasi.

Sayangnya, tidak semua orang rajin melakukan hal ini, sehingga Anda perlu menghentikan kebiasaan tersebut. Di satu sisi update dianggap sebagai pemborosan kuota, namun di sisi lain bertujuan untuk memperbaiki sistem dan menghilangkan bug yang ada pada aplikasi versi sebelumnya.

Cara updatenya sangat mudah, kamu hanya perlu membuka aplikasi CH Play > Cari aplikasi Instagram > Buka aplikasi Instagram > Lalu pilih Update. Mudah, bukan?

Bersihkan Data di Instagram

Penyebab aplikasi Instagram crash juga bisa karena data di dalamnya terlalu besar. Memperbaiki masalah ini juga cukup sederhana, di mana Anda dapat menghapus data Instagram langsung dari menu pengaturan. Untuk lebih jelasnya, baca petunjuk di bawah ini:

  • Masuk ke setting
  • Pilih apps atau pengaturan apps/aplikasi
  • Pilih aplikasi Instagram
  • Lalu pilih clear data
  • Biasanya akan muncul pop up untuk memastikan apakah kita yakin akan menghapus data atau tidak.
  • Jika pop up ini muncul, pilih yes atau ok.
  • Setelah itu, aplikasi Instagram kamu akan kembali layaknya baru didownload. Silakan login kembali untuk masuk ke akun Instagram kamu.

Baca juga: Mengaktifkan Instagram Dark Mode Di Android Dan IOS

Restart Hp Kamu

Instagram app_3app

Instagram Application. (Sumber: Business Insider)

Ini adalah pilihan terakhir jika aplikasi Instagram seluler Anda berhenti berfungsi. Sebagai mesin, smartphone juga membutuhkan downtime dengan mematikannya dari waktu ke waktu.

Jika kondisinya adalah Anda harus mengistirahatkan ponsel Anda saat aplikasi Instagram dimatikan, maka yang harus Anda lakukan hanyalah memulai ulang ponsel Anda. Smartphone yang jarang restart sering mengalami penumpukan file sampah dan penurunan performa yang lebih cepat.

Selain itu, sebaiknya Anda juga mematikan ponsel selama jangka waktu tertentu. Waktu terbaik adalah bersamaan dengan tidur malam anda, saat anda tidur, anda bisa mematikan ponsel anda agar bisa istirahat juga.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Nasib Instagram Flipside akan berakhir setelah 24 Mei 2024. Bahkan, pada tanggal tersebut, fungsi Instagram yang mirip dengan akun kedua akan dihapus...

Social Media

Unbox.id – Aplikasi Threads kini memiliki lebih dari 150 juta pengguna bulanan, meningkat sekitar 20 juta sejak Februari 2024. Hal ini ditunjukkan oleh CEO...

Tech Industry

Unbox.id – Threads adalah platform dengan jumlah pengguna yang tumbuh paling cepat, meskipun platform jejaring sosial Meta baru berumur kurang dari satu tahun. Threads...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...