Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Cara Aktifkan Pemberitahuan Pesan Gmail Telah Dibaca

Gmail
gambar ilustrasi | foto: Freepik

Jakarta. Unbox.id – Di era digital yang serba cepat saat ini, layanan pesan telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita. Baik itu WhatsApp, Gmail, atau platform perpesanan instan lainnya, mereka menawarkan tingkat interaksi dan umpan balik real-time.

Layanan untuk mengonfirmasi sebuah pesan telah sampai serta melacak apakah pesan tersebut telah dibaca, telah memberikan kepuasan instan pada pengguna. Namun, ketika berhubungan dengan email, pengalamannya sangat berbeda. 

Baca juga: Freebuds Pro 3 Huawei Meluncur, Berikut Spesifikasinya

Biasanya pengguna mengirim email melalui layanan seperti Gmail dan Outlook dengan ekspektasi respons yang tidak terlalu cepat. Meskipun status pengiriman sudah terkonfirmasi, akan tetapi fitur pemberitahuan pesan telah terbaca hingga saat ini belum ada.

Membuat Pemberitahuan Pesan Gmail Telah Terbaca

Pada artikel ini, Unbox akan menjelaskan bagaimana Anda dapat mengaktifkan tanda terima untuk pesan email Anda. Banyak yang belum mengetahui bahwa platform emal paling populer milik Google rupanya juga menyediakan fitur ‘telah terbaca’ ini.

Fitur ini bisa sangat berguna baik untuk komunikasi pribadi maupun profesional. Namun, ada kendalanya. Untuk memanfaatkan fitur ini, Anda harus memiliki akun Google Workspace atau menggunakan Gmail melalui akun yang disiapkan oleh administrator di lembaga pendidikan.

Baca juga: JioPhone Prima 4G, Ponsel Jadul Terbaru dengan Fitur 4G Rilis di India

Jika Anda memenuhi kriteria ini, mengaktifkan tanda terima telah dibaca di Google Mail sangatlah mudah. Mulailah dengan menulis email seperti biasa. Selanjutnya, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas jendela komposisi email Anda. Tindakan ini akan membuka menu ‘Opsi lainnya’. Dari menu ini, pilih opsi ‘Minta tanda terima telah dibaca’.

Setelah Anda mengaktifkan fitur ini, Anda akan menerima pemberitahuan otomatis ketika penerima membuka email Anda. Sebagai catatan, penerima harus mengkonfirmasi adanya fitur tersebut agar Anda bisa mendapatkan pemberitahuan pesan telah terbaca.

Menggunakan Ekstensi Mailtrack yang Ada di Chrome Store

Jika fitur bawaan Gmail tidak memenuhi harapan Anda, jangan putus asa. Ada metode yang lebih canggih yang tersedia untuk melacak tanda terima email telah terbaca yang sangat mirip dengan kepuasan instan dari layanan perpesanan. 

Salah satu solusinya adalah Mailtrack, ekstensi populer yang kompatibel dengan Gmail dan Outlook. Mailtrack menawarkan pendekatan yang ramah pengguna untuk tanda terima telah terbaca di Gmail. 

Untuk memulai, Anda hanya perlu mengunduh ekstensi dari Toko Web Chrome. Jika Anda menggunakan browser berbasis Chromium seperti Microsoft Edge, yakinlah bahwa Mailtrack dapat berjalan di browser.

Sumber: Gizchina

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Google Workspace mengumumkan sejumlah pembaruan fitur pada acara Google Cloud Next 2024. Seperti tema besar acara tahunan ini, kecerdasan buatan (AI) menjadi...

Apps & Games

Unbox.id – Setelah berhasil mengintegrasikan AI ke dalam produknya, kini Google akan menghadirkan fitur AI terbaru ke layanan Gmail. Fitur ini adalah ringkasan AI....

Software

Last updated on 12 Juni, 2024 Unbox.id – Google tampaknya mulai meluncurkan Gemini AI di layanan email Gmail-nya. Hal ini sejalan dengan kegigihan Google...

Apps & Games

Last updated on 12 Juni, 2024 Jakarta, Unbox.id – Duet AI merupakan fitur berteknologi kecerdasan, inovasi terbaru Google yang memudahkan pengguna untuk mengerjakan berbagai...