Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Google Workspace Makin Pintar Berkat AI

Google Workspace_1a
Google Workspace. (Sumber: Google Blog)

Unbox.id – Google Workspace mengumumkan sejumlah pembaruan fitur pada acara Google Cloud Next 2024. Seperti tema besar acara tahunan ini, kecerdasan buatan (AI) menjadi fitur menonjol yang diperkenalkan pada layanan produktivitas ini. Menurut Aparna Pappu, general manager dan wakil presiden Google Workspace, AI semakin terintegrasi ke dalam layanan Google Workspace. Dengan dukungan AI yang terus meningkat, beberapa fitur baru diperkenalkan kepada pengguna.

Adanya Fitur Baru

Google Workspace_2b

Google Workspace. (Sumber: Course.net)

Salah satu fitur baru yang dihadirkan adalah perluasan jangkauan penerjemah otomatis atau subtitle terjemahan. Hal ini memudahkan pengguna Google Meet di seluruh dunia untuk berkomunikasi. “Kami menambahkan dukungan terjemahan subtitle untuk 52 bahasa baru, sehingga fitur ini kini mendukung total 69 bahasa,” kata Aparna di acara Google Cloud Next yang diadakan di Las Vegas, AS.

Selain itu, platform aplikasi dari Google ini juga akan menampilkan add-on terbaru yaitu AI Security. Seperti namanya, add-on ini akan membantu organisasi mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan melindungi file sensitif yang disimpan di Google Drive.

Dijelaskan bahwa fitur ini menggunakan model AI yang dapat dilatih menggunakan data unik organisasi. Dengan cara ini, ia dapat terus mengevaluasi, mengklasifikasikan, dan melindungi file yang ada dan yang baru di Drive.

Selain itu, aplikasi Google Spreadsheet dan Dokumen juga memiliki fitur baru yang mempermudah pengorganisasian informasi. Di Spreadsheet, terdapat fitur tabel baru yang dapat digunakan untuk memformat dan mengatur data dalam desain yang lebih menarik.

Aplikasi Baru Google Vids

Lalu ada banyak opsi untuk templat blok penyusun baru, mulai dari manajemen proyek hingga manajemen inventaris. Kehadiran fitur ini memudahkan pengguna karena tidak perlu membuat spreadsheet dari awal.

Beralih ke Gmail, Help Me Write for Gmail di ponsel kini mendukung perintah suara untuk berbicara. Jadi pengguna bisa menggunakan perintah suara untuk mengirim email langsung dari aplikasi Gmail. Terakhir, Google Workspace memiliki aplikasi baru bernama Google Vids. Ini adalah aplikasi pembuatan video yang menggunakan kekuatan AI.

Google Vids memiliki kemampuan untuk membantu pengguna membuat video dengan lebih mudah. Aplikasi ini menawarkan beberapa video, gambar, dan bahkan musik latar.

Selama proses pembuatan, pengguna juga dapat berkolaborasi dengan pengguna lain. Google Vids diperkirakan akan diluncurkan ke Workspace Labs pada Juni 2024.

Baca juga: Google Photos Gratiskan Fitur Editing Berbasis AI

Apa Itu Google Workspace?

Google Workspace_3c

Google Workspace. (Sumber: ScalaHosting)

Google Workspace adalah paket aplikasi produktivitas yang disediakan oleh Google. Sebelumnya dikenal sebagai G Suite, Google Workspace menyediakan berbagai alat yang dapat digunakan untuk berkolaborasi, berkomunikasi, dan mengelola pekerjaan secara efisien.

Paket ini mencakup aplikasi seperti Gmail, Google Drive, Google Docs, Google Sheets, Google Slides, Google Calendar, Google Meet, Google Chat, dan lainnya. Berikut adalah beberapa fitur utama dari Google Workspace:

  • Gmail: Layanan email yang dapat diakses melalui web browser atau aplikasi klien email. Gmail memiliki fitur keamanan tinggi dan integrasi yang kuat dengan aplikasi lain dalam Google Workspace.
  • Google Drive: Layanan penyimpanan cloud yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi file secara online. Google Drive terintegrasi dengan aplikasi Google lainnya, seperti Docs, Sheets, dan Slides.
  • Google Docs, Sheets, dan Slides: Aplikasi pengolah kata, spreadsheet, dan presentasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan berbagi dokumen secara kolaboratif dengan orang lain dalam waktu nyata.
  • Google Calendar: Aplikasi penjadwalan yang memungkinkan pengguna untuk mengatur acara, rapat, dan tenggat waktu. Google Calendar dapat disinkronkan dengan aplikasi kalender lainnya dan diakses dari berbagai perangkat.
  • Google Meet: Layanan konferensi video yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pertemuan online dengan audio dan video berkualitas tinggi. Google Meet mendukung pertemuan dengan banyak peserta dan fitur-fitur kolaboratif, seperti berbagi layar dan catatan.
  • Google Chat: Aplikasi pesan instan yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara langsung dengan rekan kerja. Google Chat terintegrasi dengan Gmail dan Google Meet, sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan mudah saat bekerja dengan aplikasi lainnya dalam Google Workspace.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Setelah beberapa waktu meluncurkan fitur multi view di aplikasi YouTube TV, kini fitur tersebut akan segera hadir di perangkat Android. Dengan...

Tech Industry

Unbox.id – Google baru saja merilis kode untuk Project Gameface, sebuah proyek inovatif yang memungkinkan pengguna ponsel cerdas mengontrol menggunakan ekspresi wajah. Setelah dipresentasikan...

Tech Industry

Unbox.id – Google telah merilis fitur baru untuk meningkatkan kemampuan chatbot AI miliknya, Gemini AI. Fitur tersebut diharapkan disebut Memori dan akan membantu Gemini...

Tech Industry

Unbox.id – Kecerdasan buatan (AI) dinilai telah menghantam pasar kerja global seperti tsunami. Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva mengatakan AI kemungkinan...