Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Bug di Instagram Bikin Camera Zoom In Berlebih Bagi Usernya

Bug Instagram Zoom In_1a
Bug Instagram Zoom In. (Sumber: Techno ID)

Unbox.id – Instagram memungkinkan pengguna mengambil foto dan merekam video langsung dari aplikasi, demi kenyamanan pengguna. Namun, bagi sebagian pengguna, sepertinya fitur ini mengalami masalah. Beberapa laporan pengguna, juga dikonfirmasi oleh 9to5Mac, mengatakan bug Instagram menyebabkan pembesaran berlebihan saat pengguna menyimpan cerita. Tapi sekarang ada solusi untuk ini. Mengutip 9to5Mac, Selasa (15 Agustus 2023), seperti dicerminkan sebagian pengguna di Reddit, Instagram versi terbaru di iPhone mengalami error dengan fitur Zoom saat menyimpan Stories.

Kamera Jadi Zoom In

Bug Instagram_2b

Bug Instagram. (Sumber: Popular Science)

Biasanya, pengguna dapat menggeser layar ke atas sambil menahan tombol rekam untuk memperbesar dan menggeser ke bawah untuk memperkecil. Namun, bug Instagram menyebabkan zoom meluncur ke maksimum. Tentu hal ini sangat mengganggu bagi pengguna yang merekam story langsung dari kamera Instagram.

Belum diketahui apakah bug ini akan memengaruhi semua pengguna Instagram di iOS. Namun, 9to5Mac dapat mereplikasinya di beberapa model iPhone yang menjalankan iOS 16 dan iOS 17 beta.

Tidak Ditemukan di Android

Namun, tim tidak dapat menemukan bug ini di ponsel Android. Ini menunjukkan masalah dengan aplikasi Instagram di iOS. Sayangnya, menurut sumber yang sama, Meta tidak mengakui adanya bug tersebut. 9to5Mac juga menawarkan solusi alternatif hingga bug diperbaiki secara resmi.

Pengguna dapat memperbesar atau memperkecil secara manual dengan mencubit alih-alih menggesek ke atas dan ke bawah. Saat menggunakan gerakan mencubit, pembesaran berfungsi seperti yang diharapkan.

Untuk mempermudah, pengguna juga bisa mengaktifkan mode handsfree di kamera Instagram sehingga tidak perlu menahan tombol rekam saat melakukan zoom. Karena Apple tidak mengizinkan pengguna untuk menurunkan versi aplikasi yang terinstal melalui App Store, pengguna harus menunggu Meta merilis versi baru aplikasi Instagram di App Store.

Hacker Retas Akun Instagram

Hackers IG_3c

Hackers IG. (Sumber: Business Insider)

Terkait Instagram, Polda Metro Jaya menangkap dua pemuda berinisial A (19) dan MRP (21) atas tindak pidana intimidasi dan pemerasan dengan cara meretas akun Instagram korban. Kepala Satreskrim Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan, pihaknya berhasil mengungkap kasus dan mengamankan dua tersangka.

Kejadian bermula saat tersangka MRP menghubungi korban melalui nomor akun WhatsApp 08579…..33. Gunakan gambar profil korban. Korban menerima pesan seperti “Apakah akun Instagram Anda diretas?”. “MRP meretas akun Instagram korban dengan username @arlanlukman kemudian menghubungi korban mengatakan bahwa akun Instagram korban dengan username @arlanlukman telah diambil alih,” kata Ade.

“Dan tersangka MRP meminta uang kepada korban dengan janji Instagram korban akan dikembalikan kepadanya,” tambah Ade. Melalui akun ini, MRP juga mengancam seluruh tim yang terdiri dari 10 orang. MRP meminta uang tebusan sebesar Rp10.000.000 untuk mengembalikan akun Instagram korban.

Baca juga: Cara Atasi Instagram Ngelag Dan Sering Force Closed

Korban Kirim Belasan Juta

“Korban kemudian menyetor uang sejumlah Rp12.500.000 ke rekening BRI atas nama IH,” jelasnya. Puluhan juta korban dikirim ke akun yang dibuat oleh A, yang pertama-tama bertanggung jawab menerima uang dari kejahatan MRP.

Namun, setelah uang dikirim, rekening korban tidak pernah dikembalikan. MRP kembali melakukan pemerasan dengan mengancam akan membuka data dan informasi milik korban beserta data dan informasi yang tersimpan di IG korban.

“Akun WhatsApp diminta untuk ditransfer kembali ke korban sebesar Rp 100.000.000. Tapi korban protes dan kemudian menelepon polisi,” kata Ade. Ade mengatakan, setelah dilakukan penyelidikan, penyidik ​​berhasil menangkap tersangka A di Dusun Polewali, Mattunru Tunrue, Cempa, Pinrang, Sulawesi Selatan pada Rabu (9 Agustus 2023).

Berdasarkan hasil pengembangan, penyidik ​​kembali menangkap MRP di Jalan Jalan Manunggal, Bukit Harapan, Soreang, Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan. “Kembangkan sidik jari untuk mencari korban lain yang menjadi korban tersangka,” kata Ade.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Nasib Instagram Flipside akan berakhir setelah 24 Mei 2024. Bahkan, pada tanggal tersebut, fungsi Instagram yang mirip dengan akun kedua akan dihapus...

Social Media

Unbox.id – Aplikasi Threads kini memiliki lebih dari 150 juta pengguna bulanan, meningkat sekitar 20 juta sejak Februari 2024. Hal ini ditunjukkan oleh CEO...

Tech Industry

Unbox.id – Threads adalah platform dengan jumlah pengguna yang tumbuh paling cepat, meskipun platform jejaring sosial Meta baru berumur kurang dari satu tahun. Threads...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...