Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Bos OpenAI Sam Altman Jadi CEO Of The Year 2023 di Majalah TIME

Sam Altman CEO of The Year 2023_1a
Sam Altman CEO of The Year 2023. (Sumber: Jagran Josh)

Unbox.id – Sam Altman, CEO OpenAI, perusahaan di balik ChatGPT, dinobatkan sebagai CEO of the Year 2023 oleh majalah TIME. Penghargaan ini diberikan oleh TIME, tak lama setelah serangkaian insiden internal dalam OpenAI, setelah Sam Altman dipecat sebagai CEO dan kembali ke kursinya. “Terlahir dari laboratorium penelitian nirlaba yang didedikasikan untuk membangun kecerdasan buatan demi kepentingan umat manusia, OpenAI telah berkembang menjadi kapal roket senilai $80 miliar,” tulis TIME.

Muncul Sebagai Salah Satu Eksekutif Paling Berkuasa dan Dihormati Dunia

Sam Altman CEO of The Year 2023_2b

Sam Altman CEO of The Year 2023. (Sumber: MetaStory)

“Altman menjadi salah satu eksekutif paling berkuasa dan dihormati di dunia, tokoh publik dan pemimpin revolusi industri,” kata majalah itu di situs resminya. Dalam wawancara dengan TIME setelah kembali menjadi CEO OpenAI, Altman mengatakan mereka kini merasa lebih kuat, lebih bersatu, dan lebih fokus dibandingkan sebelumnya.

“Tetapi saya berharap ada cara lain untuk mencapainya,” kata pria yang juga menerima sebuah tip. Kuning. Visa pemerintah Indonesia. Juru bicara OpenAI mengatakan kepada TIME juga enggan mengomentari apa yang terjadi pada Altman.

“Kami tidak dapat mengungkapkan rincian spesifik sampai tinjauan independen dewan selesai. Kami menantikan hasil tinjauan ini dan terus mendukung Sam, kata a Juru Bicara perusahaan.

“Fokus utama kami tetap pada pengembangan dan peluncuran keamanan AI yang berguna dan aman, serta mendukung dewan baru saat mereka berupaya meningkatkan struktur tata kelola kami,” kata OpenAI.

Sam Altman Sempat Didepak Dari CEO OpenAI

Seperti yang Anda ketahui, Sam Altman dipecat oleh dewan OpenAI beberapa waktu lalu. Dia dituduh melakukan “kesalahan sistematis dalam komunikasinya dengan dewan, yang menghambat kemampuannya untuk melaksanakan tanggung jawabnya.”

Dewan tidak lagi “percaya pada kemampuannya untuk terus memimpin OpenAI”. Setelah Altman dicopot dari jabatan CEO OpenAI, Brockman mengatakan kepada karyawan OpenAI melalui email pada hari Jumat bahwa ia akan mengundurkan diri sebagai ketua “berdasarkan berita hari ini.”

Keduanya Telah terjadi babak baru diskusi dengan dewan direksi. pada akhir minggu, untuk mendapatkan kembali posisi mereka, namun diskusi ini tidak menguntungkan mereka. Pada Minggu malam, terungkap bahwa dewan kemudian memilih mantan CEO Twitch Emmett Shear sebagai CEO sementara OpenAI.

Cerita berlanjut setelah bos Microsoft Satya Nadella, melalui akun X-nya, mengungkapkan bahwa dia telah merekrut Altman dan OpenAI untuk bekerja sama. pendiri Greg Brockman untuk memimpin tim riset AI Microsoft.

Sam Altman, Greg Brockman dan tim mereka akan bergabung dengan Microsoft untuk memimpin tim riset AI tingkat lanjut di Microsoft,” tulis Satya. Namun, dia juga menambahkan: “Microsoft tetap berkomitmen untuk bekerja dengan OpenAI.”

Baca juga: Sam Altman Resmi Jabat CEO OpenAI Lagi

Perlawanan Dari Karyawan

ChatGPT OpenAI_2b

ChatGPT OpenAI. (Sumber: Business Insider)

Namun pemecatan Altman mendapat tentangan dari karyawan perusahaan. Laporan menunjukkan bahwa sekitar 500 karyawan OpenAI, termasuk beberapa eksekutif, mengancam akan mengundurkan diri jika Sam Altman dan mantan ketua Greg Brockman tidak diangkat kembali oleh dewan.

Jumlah orang yang menandatangani surat kepada sekitar 700 karyawan, menurut laporan Bloomberg, dikutip oleh Engadget. Beberapa karyawan, termasuk CTO Mira Murati, yang sempat mengambil alih jabatan puncak perusahaan pada akhir pekan, juga menulis di X “OpenAI tidak akan berarti apa-apa tanpa orang-orangnya.”

Beberapa hari kemudian, diumumkan bahwa Sam Altman akan kembali ke dalam peran CEO, di mana dewan direksi baru juga akan dibentuk. Dia secara resmi mengambil peran tersebut pada akhir November.

“Saya akan kembali ke OpenAI sebagai CEO. Mira akan melanjutkan perannya sebagai CTO. “Dewan direksi baru pada awalnya akan mencakup Bret Taylor (ketua), Larry Summers dan Adam D’Angelo,” kata Altman di blog resmi OpenAI.

Mengutip Engadget, Bret Taylor adalah mantan CEO Salesforce CEO Larry Summers adalah mantan Menteri Keuangan AS di bawah Bill Clinton, sementara D’Angelo adalah salah satu pendiri Quora dan sebelumnya menjabat sebagai dewan direksi OpenAI.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Google, Meta, OpenAI, dan beberapa perusahaan teknologi terkemuka lainnya telah menandatangani perjanjian kerja sama dalam upaya memerangi misinformasi dan manipulasi informasi menjelang...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – OpenAI, perusahaan di balik ChatGPT, memperkenalkan model generasi teks-ke-video pertama yang didukung kecerdasan buatan (AI) Sora pada hari Kamis. Perusahaan mengklaim...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Unbox.id – Apple Vision Pro adalah produk terpenting perusahaan sejak AirPods. Sebagai produk baru, perangkat ini menarik banyak perhatian. Mulai dari kompetitor, media besar...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Terbaru dari OpenAI, perusahaan pengembang teknologi kecerdasan buatan tersebut telah memperkenalkan aplikasi ChatGPT untuk headset Apple Vision Pro. Pada varian headsetnya...