Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Bill Gates Ramal ChatGPT Akan Ubah Dunia Teknologi?

ChatGPT_1_1_1
Sebuah sistem CHatGPT dikabarkan akan menjadi salah satu sistem yang akan merubah teknologi global menurut Bill Gates. (Sumber: Cubic Startup Incubator)

Unbox.id – Salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates, menggambarkan ChatGPT sebagai chatbot yang mampu menanggapi berbagai permintaan pengguna. Dia mengatakan ini dalam sebuah wawancara yang baru-baru ini diterbitkan di surat kabar bisnis Jerman Handelsblatt. Lebih lanjut Bill Gates menilai bahwa jawaban yang diberikan ChatGPT terhadap sebuah pertanyaan seolah-olah berasal dari manusia. Ia bahkan menyamakan perkembangan artificial intelligence (AI) dengan penemuan internet.

ChatGPT Dari OpenAI

Bill Gates chatgpt_1

Bill Gates informaiskan bahwa ChatGPT bisa memberikan efiesiensi waktu bagi penggunanya. (Sumber: The Economic Times)

“Sampai sekarang, AI dapat membaca dan menulis, tetapi tidak dapat memahami isinya. Program baru seperti ChatGPT akan meningkatkan efisiensi banyak tugas kantor dengan membantu menyusun faktur atau email. mengubah dunia kita,” katanya dalam komentar mengutip Gizchina.

Perusahaan kecerdasan buatan Amerika OpenAI, yang mengembangkan ChatGPT, dinobatkan sebagai aplikasi konsumen dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah. Microsoft juga banyak berinvestasi dalam proyek ini. Baru-baru ini, ChatGPT menimbulkan banyak kontroversi karena kapasitasnya yang besar.

Model pra-pelatihan GPT meningkatkan pemrosesan bahasa alami dari perspektif teknologi dan mengidentifikasi model canggih baru di bidang percakapan cerdas. ChatGPT mengadopsi inovasi algoritmik, terutama pengenalan kreatif “pembelajaran penguatan umpan balik manusia”, membuatnya sangat lancar.

Inilah yang memungkinkan chatbot AI ini dengan cepat dan mudah menangani berbagai tugas umum seperti pengkodean, menerjemahkan dokumen, dan menulis salinan. Microsoft telah merilis versi baru dari mesin pencari Bing dan browser Edge yang menyertakan teknologi ChatGPT OpenAI.

Perusahaan menggambarkan teknologi tersebut sebagai asisten peneliti, perencana pribadi, dan teman kreatif saat pengguna menelusuri web.

Baca juga: Microsoft Bing Dan Edge Dilengkapi Fitur Mirip ChatGPT

ChatGPT Jadi Naik Daun dan Apple Siap Ramaikan Tren AI

Apple tampaknya tidak mau ketinggalan dalam perlombaan pengembangan kecerdasan buatan (AI) yang semakin memanas setelah ChatGPT OpenAI muncul. Mark Gurman dari Bloomberg baru-baru ini menyebutkan bahwa Apple akan mengadakan pertemuan AI dengan karyawannya, mirip dengan Konferensi Pengembang Seluruh Dunia mereka.

Dalam cuitan di Twitter miliknya, Gurman juga mengatakan pertemuan itu akan diadakan dan disiarkan secara langsung bagi karyawan yang berhalangan hadir. “Menariknya, acara tersebut akan diadakan di Teater Steve Jobs di kantor pusat Apple dan acara langsung juga akan disiarkan ke karyawan. Pada dasarnya Apple seperti mengadakan acara media sebelumnya. Covid,” kata Gurman.

Gurman juga mencatat bahwa pertemuan ini berlangsung di tengah kesibukan industri teknologi terkait chatbot dengan kecerdasan buatan ChatGPT, yang telah mendapat dukungan dari Microsoft.

Di sisi lain, Google juga baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan merilis chatbot AI bertenaga LaMDA bernama Bard.

CEO Apple Tim Cook juga baru-baru ini berbicara tentang kemajuan dalam kecerdasan buatan. Dalam laporan pendapatannya kepada investor dan reporter beberapa waktu lalu, Cook menyebut AI sebagai “fokus utama” Apple.

Baca juga: Google Hadirkan Chatbot Untuk Lawan ChatGPT Bernama Bard

Teknologi yang Sama Dengan ChatGPT

ChatGPT_1_1_2

Sistem ChatGPT mulai berkembang dalam penggunaannya di seluruh dunia. (Sumber: Gradasi)

Dalam pratinjau pengujian di Bing.com, kami melihat seperti apa hasil pencarian tradisional di samping anotasi AI. Sementara itu, mode lain memungkinkan pengguna untuk berbicara langsung dengan chatbot AI Bing, mengajukan pertanyaan dalam antarmuka obrolan seperti ChatGPT.

Salah satu contoh yang disarankan di Microsoft Bing baru ini terlihat seperti “ide seni dan kerajinan, dengan instruksi untuk balita hanya menggunakan kotak kardus, botol plastik, kertas, dan tali”.

Kemudian, selain berbagai situs sumber rujukan, Bing juga akan memberikan tanggapan yang dihasilkan AI seperti ChatGPT di hasil pencarian, beserta sumber rujukan yang mereka gunakan.

Seperti dikutip dari The Verge, semua fitur ini didukung oleh versi upgrade dari GPT 3.5, yang merupakan model bahasa OpenAI yang mendukung ChatGPT.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikatakan sedang mengembangkan model bahasa baru yang disebut ReALM (Reference Resolusi Modeling sebagai Bahasa) dan dapat bersaing dengan chatbot AI ChatGPT...

Apple

Unbox.id – Belakangan ini, iPhone SE 4 sedang ramai diberitakan. Kabar terkini menunjukkan bahwa Samsung telah menolak tawaran Apple untuk memproduksi panel OLED untuk...

Software

Jakarta, Unbox.id — Penantang baru telah muncul untuk mengubah lanskap AI dan chatbot. Anthropic, sebuah startup AI, telah meluncurkan Claude 3, trio model bahasa...

Tech Industry

Unbox.id – Pengembang ChatGPT OpenAI baru saja merilis model AI yang mampu mengubah perintah teks menjadi video. Model AI disebut Sora. OpenAI mengatakan Sora...