Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

Beberapa Tips Untuk Hemat Baterai Ponsel di Perjalanan Mudik

Battery Smartphone_1bs
Ada cara yang bisa dilakukan untuk menjaga baterai smartphone agar hemat saat mudik. (Sumber: Popular Science)

Unbox.id – Perjalanan pulang menjelang Idul Fitri biasanya memakan waktu yang cukup lama, apalagi jika menggunakan jalan tanah. Menggunakan smartphone biasanya merupakan cara untuk menghilangkan kebosanan, tetap berhubungan dengan orang lain, dan membantu berbagai perjalanan seperti tugas atau peta. Namun, ponsel pasti memiliki keterbatasan kinerja. Meski ponsel yang ditawarkan saat ini sudah memiliki kapasitas yang besar, tetap penting untuk menghemat baterai saat bepergian.

Tips Hemat Baterai Ponsel Saat Mudik

Nah pada Jumat (21 April 2023), mengutip berbagai sumber, berikut beberapa tips menghemat baterai HP saat bepergian menuju dan dari Lebaran. Anda dapat mencoba tips ini:

Kamu bisa mulai dengan melihat aplikasi mana saja yang paling banyak menggunakan baterai HP. Jika ada sesuatu yang jarang digunakan, lebih baik dihapus atau dinonaktifkan fungsinya. Mengurangi kecerahan dan mematikan kecerahan secara otomatis seringkali menjadi solusi umum untuk menghemat masa pakai baterai smartphone.

Beberapa ponsel saat ini mendukung fitur seperti LTE, NFC, GPS, WiFi dan Bluetooth. Tapi tidak semuanya harus aktif sepanjang waktu. Untuk melakukan ini, mulailah apa yang dibutuhkan pada waktu yang tepat.

Matikan Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Battery Smartphone_2bs

Mematikan beberapa aplikasi yang tidak diperlukan bisa jadi salah satu yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai. (Sumber: Computerworld)

Menjalankan banyak aplikasi di latar belakang secara bersamaan juga dapat menguras daya baterai smartphone Anda. Jadi pastikan CPU ponsel Anda digunakan lebih efisien agar tidak menghabiskan daya.

Memindahkan widget atau wallpaper hidup juga dapat menguras daya ponsel Anda. Jadi pertimbangkan untuk menggunakannya jika Anda ingin menghemat baterai. Aplikasi yang terus berjalan kemudian mengeluarkan notifikasi biasanya akan secara otomatis menyalakan layar. Hal ini juga bisa menyebabkan baterai HP lambat terkuras.

Karena itu, matikan yang tidak perlu. Sistem dan aplikasi biasanya menerima pembaruan agar lebih hemat energi. Jadi pastikan pengguna telah membangun sistem versi terbaru dan aplikasi yang mereka gunakan.

Baca juga: Ada Beberapa Cara Untuk Memindahkan File Dari Laptop Ke Ponsel

Manfaatkan Power Saving Mode

Mengutip Gizchina: Ponsel yang selalu mencari informasi terbaru juga mengonsumsi listrik. Matikan saja sinkronisasi otomatis jika Anda ingin memperpanjang masa pakai baterai ponsel cerdas Anda.

Mode hemat daya biasanya membatasi ponsel hanya untuk kebutuhan dasar, seperti mengirim pesan, menelepon, berselancar atau media sosial tertentu. Itu juga dapat memperpanjang umur baterai HP Anda.

Aplikasi yang sering menampilkan iklan akan lebih cepat menguras baterai. Oleh karena itu, tidak ada salahnya membeli program versi premium bebas iklan untuk mengurangi konsumsi baterai dan data.

Banyak smartphone saat ini memiliki fungsi tampilan selalu aktif, sehingga beberapa informasi tetap ada di layar. Namun, jika ingin menghemat baterai, pengguna disarankan untuk menonaktifkan fitur ini sementara.

Mematikan Beberapa Fitur

Mengutip PCMag, semakin lama layar ponsel menyala, semakin banyak baterai yang digunakan. Caranya, atur layar smartphone agar tidak menyala terlalu lama dan otomatis mati.

Saat pengguna mengaktifkan asisten suara, perangkat akan aktif untuk suara pengguna, yang juga menghabiskan baterai. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menonaktifkan fitur ini untuk sementara waktu.

Untuk menghemat baterai, pengguna juga harus menutup perangkat smartphone lain. Salah satu opsinya adalah mengatur kecepatan refresh ke mode yang lebih efisien. Tidak ada salahnya untuk waspada dan membawa power bank yang terisi penuh dalam perjalanan Anda. Selain itu, kami tidak tahu apakah akan ada soket di tempat istirahat atau di target atau tidak.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

How To

Jakarta, Unbox.id – Saat kita mempunyai sebuah HP tentunya kita memiliki kesempatan dalam bermain macam game. Namun terkadang ada saja hal yang kita selalu...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Iphone, merk ponsel ternama asal Negeri Paman Sam ini memang dikenal akan inovasinya dan juga kemampuannya. Namun dia juga dikenal sebagai...

Apps & Games

Sudah bersiap mudik? Atau sudah dalam perjalanan mudik? Yang pasti mudik merupakan adalah suatu hal suatu hal yang ditunggu sebagian banyak warga Iandonesia, terutama...

How To

Bagi para pengguna smartphone, daya tahan baterai terkadang menjadi sesuatu yang lebih penting daripada spesifikasi lainnya. Sebab, tanpa baterai yang awet tentu saja aktivitas...