Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Baidu Perkenalkan ERNIE Bot Untuk Tantang ChatGPT OpenAI

Baidu chatgpt_1
Baidu hadirkan teknologi chat terbaru untuk platform ChatGPt. (Sumber: The Indian Express)

Unbox.id – Perusahaan mesin pencari Cina Baidu telah memperkenalkan chatbot tantangan ChatGPT yang merupakan versi terbaru dari ERNIE atau Representasi Lanjutan melalui bot Integrasi Pengetahuan. ERNIE sendiri telah dikembangkan oleh Baidu selama satu dekade terakhir dan diluncurkan pertama kali pada tahun 2019. CEO Baidu Robin Li menyatakan bahwa ERNIE Bot terbaru kemungkinan mendekati GPT-4, sesi versi terbaru dari model bahasa utama yang baru-baru ini dirilis oleh OpenAI.

ERNIE Bot Penantang ChatGPT

Seperti dikutip Engadget, Sabtu (18 Maret 2023), chatbot disebut memiliki 550 miliar peristiwa dalam grafik pengetahuannya, tetapi fokus utamanya adalah pasar negeri Tiongkok.

Jadi, meskipun dapat mencantumkan idiom bahasa Mandarin, chatbot ini mungkin tidak dapat menjawab banyak pertanyaan untuk beberapa topik di luar wilayahnya.

Selain itu, Bot ERNIE Baidu mampu merespons pengguna dengan umpan balik audio dalam dialek bahasa Mandarin yang berbeda, dan juga dapat menghasilkan gambar dan video dari teks berbahasa Mandarin.

Dalam kasus penggunaan, chatbot terbukti mampu meringkas sebuah novel sci-fi berbahasa Mandarin, beserta saran tentang cara melanjutkan penulisan buku jika ingin dilanjutkan lebih luas. AI juga dapat menyebutkan nama aktor dalam film yang diadaptasi, membandingkan ukurannya, dan menyimpulkan siapa yang lebih tinggi di antara keduanya.

Dalam demo lain, chatbot AI juga dapat menyarankan nama perusahaan teknologi besar yang melayani UKM, menulis slogan untuk mereka, dan membuat buletin dengan jumlah kata tertentu.

Baca juga: Apple Kenalkan Aplikasi Streaming Khusus Musik Klasik

Tidak Ada Demo Namun Sudah Timbulkan Keraguan

Baidu chatgpt_2

ERNIE bot di dalam platform media sosial asal Tingkok ini masih dalam tahap proses pengembangan. (Sumber: Head Topcis)

Li juga mengklaim bahwa 650 perusahaan telah mendaftar untuk menggunakan teknologi ERNIE Bot. Namun ia mengaku AI belum siap untuk go public.

Baidu memperkenalkannya lebih awal karena permintaan pasar, yang terjadi karena semakin populernya ChatGPT. Saat ini, Baidu hanya memberikan akses ke Bot ERNIE kepada mereka yang sudah memiliki undangan.

Meski begitu, semakin banyak perusahaan dapat mengklaim kemampuan untuk mengintegrasikan chatbots ke dalam produk mereka, melalui platform cloud Baidu. Sayangnya, mengutip Tech Crunch, perkenalan ini sepertinya disepelekan oleh banyak pihak.

Masalahnya adalah alih-alih menggunakan Ernie dalam demo langsung, Baidu memilih untuk menggunakan presentasi yang panjang dengan jawaban rekaman Ernie. Saham perusahaan juga turun 10% di Hong Kong setelah presentasi.

Baca juga: Scan Foto Dari Ponsel Lebih Mudah Dengan 3 Aplikasi Ini!

Waktu Peluncurannya Cepat

Beberapa orang bertanya-tanya apakah Baidu menghindari live demo karena kurang percaya diri dan apakah kepergiannya yang tergesa-gesa hanya karena tren AI.

Fangbo Tao, CEO dan pendiri startup AI Mindverse dan mantan ilmuwan AI di Alibaba dan Facebook, mengatakan bahwa di bawah tekanan ChatGPT, perusahaan negeri Tiongkok memang meluncurkan produk serupa jauh lebih cepat dari yang diharapkan.

“Baidu membutuhkan waktu kurang dari dua bulan untuk merilis produknya dan terbukti menjadi yang paling dekat dengan ChatGPT di antara ‘ChatGPT’ China,” katanya. “Namun, untuk benar-benar memanfaatkan Ernie Bot untuk membangun ekosistem aplikasi, itu mungkin perlu menunjukkan kinerja yang lebih baik dalam kemampuan seperti penalaran dan mengikuti instruksi.

” Meski begitu, menurut Tao, langkah pertama selalu yang paling sulit, yang menurutnya Baidu berani.

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – ChatGPT adalah chatbot kecerdasan buatan (AI) yang paling banyak digunakan saat ini. Dari segi informasi, ini adalah chatbot pertama yang didistribusikan secara...

Tech Industry

Unbox.id – Seperti yang dikabarkan beberapa pekan lalu, Apple mengonfirmasi di Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 bahwa pihaknya bekerja sama dengan OpenAI untuk menghadirkan...

Apps & Games

Unbox.id – Belakangan ini banyak beredar informasi mengenai akun TikTok para selebritis dan akun media yang diambil alih oleh orang yang tidak bertanggung jawab....

Tech Industry

Unbox.id – ChatGPT AI OpenAI yang populer tampaknya mogok tadi malam. Hal ini menyebabkan pengguna mengeluh karena tidak bisa menggunakan layanan ChatGPT. Menurut situs...