Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Bagaimana Cara Kirim Foto HD di Whatsapp? Ini Caranya!

Cara Kirim Foto HD di Whatsapp_1a
Cara Kirim Foto HD di Whatsapp. (Sumber: Detik INET)

Unbox.id – Mengirim foto menggunakan WhatsApp saat ini menjadi salah satu cara termudah untuk berbagi foto dengan teman atau keluarga. Oleh karena itu, WhatsApp baru-baru ini mengumumkan hadirnya fitur pengiriman foto HD. Pasalnya, dulu pengiriman foto lewat WhatsApp kerap menyebabkan kualitas gambar berkurang dan rusak.

Bagaimana Cara Kirim Foto WhatsApp Dengan Kualitas HD?

Cara Kirim Foto HD di Whatsapp_2b

Cara Kirim Foto HD di Whatsapp. (Sumber: Jabar Express)

Mengutip video yang dibagikan bos Meta – pemilik platform Facebook dan WhatsApp Mark Zuckerberg, mengirim foto HD lewat WhatsApp cukup mudah.

  • Kamu hanya perlu melakukan membuka WhatsApp dan memilih chat dengan orang atau grup obrolan yang ingin dikirimi foto.
  • Caranya sama seperti saat kamu hendak mengirimkan foto WhatsApp.
  • Baik itu memilih foto dari galeri atau menjepret foto dari kamera.
    Selanjutnya ketika foto sudah dipilih, akan ada pengaturan HD di bagian atas foto yang hendak dikirim.
  • Klik pengaturan HD lalu kamu akan disodorkan dua opsi kualitas foto yang mau dikirimkan,, yakni foto dengan kualitas standar dan kualitas HD.
  • Pilih kualitas HD untuk mengirimkan foto yang memiliki resolusi tinggi.
  • Foto pun siap dikirim dengan menekan tombol pengiriman.

Foto Yang Dikirim Tetap Dikompres?

Sementara itu, mengutip Gizchina, Senin (21 Juli 2023) mengatakan, menurut WhatsApp, gambar yang dikirim jika merupakan foto berkualitas HD bisa mencapai resolusi 4096 x 2692 piksel. Namun, meski dengan pembaruan, pengguna dapat mengirim foto dalam kualitas standar.

Dalam hal ini, pemrosesan mengubah ukuran gambar ke resolusi 1600×1052 piksel. Tetapi Anda harus memahami bahwa resolusi bukanlah satu-satunya hal yang penting.

Yang membuat WhatsApp kurang efektif dalam berbagi foto adalah fitur kompresinya. Pada resolusi standar, banyak kompresi dilakukan untuk membuat file gambar menjadi lebih kecil.

Meskipun WhatsApp tidak secara resmi menunjukkan tingkat kompresi opsi foto HD, ini lebih rendah dari mode standar. Ini berarti file akan selalu lebih kecil dari file aslinya. Dengan ini, WhatsApp pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk dengan mudah melihat dan mengunduh foto yang dikirim.

Rilis Fitur Kirimkan Foto HD

Cara Kirim Foto HD di Whatsapp_3c

Cara Kirim Foto HD di Whatsapp. (Sumber: PIFA)

CEO Meta Mark Zuckerberg telah mengumumkan bahwa aplikasi perpesanan WhatsApp sekarang dapat mengirim foto berkualitas tinggi atau high-definition (HD).

Seperti yang kita ketahui bersama, kemampuan mengirim foto dengan kualitas HD menjadi salah satu fitur yang diinginkan pengguna, karena kualitas foto yang dikirim di WhatsApp sudah berkurang dibandingkan dengan gambar asli atau terkompresi.

“Berbagi foto di WhatsApp baru saja diperbaiki. Sekarang bisa kirim dalam HD,” tulis Mark Zuckerberg di akun Facebooknya, dikutip Jumat (18 Agustus 2023). Dalam video yang dibagikan, Zuckerberg juga membeberkan langkah-langkah berbagi foto berkualitas HD di aplikasi WhatsApp.

Saat mengirim foto atau gambar, nantinya dengan fitur baru WhatsApp ini Anda akan menemukan pilihan kualitas foto yaitu “Kualitas Standar” dan “Kualitas HD”.

Baca juga: WhatsApp Tengah Uji Coba Satu Perangkat Dua Akun

Fitur Share Screen Juga Dirilis WhatsApp

Sebelumnya, WhatsApp baru saja mendapatkan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi layar atau share layar WhatsApp saat melakukan video call. Ya, dengan fitur ini Anda bisa dengan mudah menampilkan tampilan layar ponsel ke orang lain saat video call WhatsApp, dalam tampilan layar penuh atau aplikasi tertentu saja.

Mengutip keterangan resmi dari Meta, Rabu (9 Agustus 2023), pengguna akan memiliki opsi untuk membagikan seluruh layar atau aplikasi tertentu langsung dari fitur berbagi layar WhatsApp.

Mark Zuckerberg menulis dalam pernyataannya: “Pengguna dapat berbagi dokumen kerja, menelusuri foto dengan keluarga, merencanakan liburan, atau sekadar membantu kakek-nenek dengan dukungan teknis melalui kemampuan kalkulator ini.

Kami tahu bahwa fitur ini sudah tersedia di beberapa layanan konferensi video populer, seperti Zoom, Google Meet, atau Microsoft Teams. Dalam siaran persnya, Mark Zuckerberg mengatakan fitur tersebut tersedia untuk semua pengguna WhatsApp di perangkat Windows, iOS, dan Android secara global.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – WhatsApp telah mengumumkan fitur baru di Layanan Komunitas dalam aplikasinya. Pembaruan fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola acara di WhatsApp. Dalam keterangan...

Social Media

Jakarta, Unbox.id — WhatsApp ancam tutup layanannya di India jika terpaksa mengkompromikan enkripsi end-to-end. Perusahaan mengajukan permohonan ke Pengadilan Tinggi Delhi, menentang peraturan TI...

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Apple di Tiongkok mungkin tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store. Menurut Wall Street Journal...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...