Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Asal-usul Kata “Viral” Untuk Hal Populer di Internet

Viral_1_1
Ketahui asal usul dan juga makna dari kata viral yang pouler di internet. (Sumber: 123RF)

Unbox.id – Kebanyakan orang yang aktif menggunakan media sosial atau internet mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata-kata viral di sosial media. Saat ini, kata ini sering digunakan untuk menunjukkan hal-hal yang sangat populer di jejaring sosial. Misalnya video viral, foto viral, cerita viral atau kepribadian viral. Meski cukup marak di internet atau media sosial akhir-akhir ini, apakah Anda benar-benar tahu apa arti kata viral itu sendiri?

Asal-usul Kata Viral Yang Populer di Internet

Viral_1_2

Pada beberapa waktu lalu, Viral memiliki asal-usul kata yang merujuk pada artian virus. (Sumber: Freepik)

Sebelum memahami arti atau makna dari sebuah viral, penting untuk diketahui terlebih dahulu asal usulnya. Seperti kebanyakan kata lain, viral itu sendiri memiliki akar. Menariknya, akar kata viral sebenarnya memiliki arti negatif. Informasi lebih detail bisa dilihat di Unbox.id yang merangkum asal kata viral yang sering disebut-sebut di media sosial atau di internet.

Seperti disebutkan di atas, akar kata viral sebenarnya memiliki konotasi negatif. Kata viral berasal dari kata Latin “virus”. Dalam bahasa Latin, virus berarti racun cair yang mengalir dan menyebar dengan cepat dengan efek agresif, terkadang fatal. Dari dulu hingga sekarang, kata virus adalah definisi utama dari penyakit yang dapat menyebar atau berpindah ke tubuh orang lain dan terus berkembang biak.

Definisi virus ini telah lama digunakan dalam dunia medis. Selain kedokteran, kata virus juga telah digunakan dalam dunia teknologi dari waktu ke waktu. Sekitar tahun 1983, Fred Cohen, seorang mahasiswa teknik di University of Southern California, mengembangkan perangkat lunak yang “menginfeksi” komputer.

Seperti dikutip dari Institute for the Future of Education, perangkat lunak Cohen dapat menyebar dan berkembang biak di komputer. Pada tahun 1984, Cohen secara khusus menyebut perangkat lunak tersebut sebagai “virus” dalam jurnal penelitiannya. Pada titik inilah kata virus, sebagai akar kata virus, mengembangkan artinya.

Kata virus tidak hanya menggambarkan penyakit tubuh, tetapi juga perangkat lunak yang dapat menginfeksi komputer. Seiring perkembangan internet yang pesat pada tahun 1990-an, kata virus memiliki kata turunan yaitu kata virus. Sebagai turunan dari kata virus, tidak lagi memiliki arti negatif mengacu pada arti penyakit pada tubuh atau infeksi perangkat lunak pada komputer.

Baca juga: Crypto.Com Hentikan 20 Persen Karyawan-Nya

Arti Kata Viral

Meski tidak lagi memiliki arti negatif, kata viral tetap mengandung sifat kata virus yaitu menyebar dan berlipat ganda. Kata viral berarti sesuatu yang menyebar dan berkembang biak, bukan penyakit atau infeksi perangkat lunak, tetapi informasi. Seperti yang Anda ketahui, informasi dan konten dapat menyebar dengan sangat cepat di internet atau media sosial.

Informasi ini juga dapat digandakan, disalin, dan dibagikan secara besar-besaran dari satu pengguna ke pengguna lainnya. Informasi dan konten di Internet seperti viral yang dapat menyebar dan berkembang biak. Karena berasal dari kata viral, maka kata viral memiliki dua arti dalam Merriam Webster’s English Dictionary.

Pertama, arti kata viral adalah sesuatu yang disebabkan oleh virus. Misalnya infeksi virus (infeksi yang disebabkan oleh virus). Kedua, viral berarti juga dapat menyebar atau mempopulerkan dengan cepat dan masif di internet.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Operator

Unbox.id – Trafik internet di jaringan XL Axiata meningkat 16% selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H dibandingkan hari biasa sebelum Ramadhan. Mengutip informasi...

Oppo

Jakarta, Unbox.id – Teknologi kecerdasan buatan sedang diadopsi secara luas. Perusahaan-perusahaan di berbagai industri mengintegrasikan AI ke dalam produk dan layanan mereka, salah satunya...

Operator

Unbox.id – Layanan Internet satelit Elon Musk akan tersedia di IKN (ibu kota nusantara). Hal itu diumumkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut...

Tech Industry

Unbox.id – Pusat data Bitera yang berbasis di Indonesia mengumumkan siap beroperasi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Tedy Harjanto, CEO Bitera, meyakini Indonesia, khususnya...