Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Apa itu RCS? Inilah Bedanya Dengan Layanan Pesan SMS!

RCS Message_1a
RCS Message. (Sumber: Geek Tech)

Unbox.id – Apple baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan memberikan dukungan untuk layanan email RCS mulai tahun 2024. Keputusan tersebut mengakhiri salah satu “perselisihan terpanjang dan paling rumit” antara iOS dan Android. iPhone yang mengadopsi RCS pada akhirnya akan dapat memberikan dukungan untuk enkripsi, tanda terima telah dibaca, enkripsi kunci, serta gambar dan video resolusi tinggi, saat mengirim pesan antara perangkat iPhone dan Android. Jika Anda belum memahami apa itu RCS, berikut penjelasan apa saja yang akan berubah dengan diadopsinya sistem pesan generasi baru dari Global System for Mobile Communications Association (GSMA) ini.

Mengenal RCS

Mengutip dari Engdget, RCS adalah singkatan dari Rich Communication Service, meskipun terkadang dipasarkan sebagai “Pesan Lanjutan”.

RCS diposisikan sebagai pengganti SMS dan MMS generasi berikutnya. RCS memungkinkan pengguna menikmati banyak fitur yang sebelumnya hanya tersedia di platform perpesanan seperti WhatsApp. Misalnya, Profil Universal RCS mencakup dukungan penuh untuk penerima baca dan perangkat input. Teknologi ini juga dapat memfasilitasi diskusi kelompok yang sesuai dan memungkinkan pengguna mengirimkan gambar, video, dan klip berkualitas tinggi.

Mulai awal tahun ini, penerapan RCS oleh Google juga menyediakan enkripsi ujung ke ujung (E2EE) secara default untuk obrolan satu-ke-satu dan grup. Tidak seperti SMS, pesan RCS dikirimkan melalui koneksi data seluler atau Wi-Fi, dengan SMS berfungsi sebagai cadangan.

Oleh karena itu, protokol lama tidak akan berfungsi dalam waktu dekat. Satu hal penting untuk diingat tentang RCS adalah bahwa layanan perpesanan ini tidak dan tidak dimaksudkan untuk menjadi pengganti atau persaingan dengan aplikasi perpesanan instan.

Pada intinya, RCS adalah sistem komunikasi antara operator telepon atau antara telepon dan pengguna. Menggunakan RCS tidak memerlukan pendaftaran layanan baru. Selama ponsel dan operator yang Anda gunakan mendukung RCS dan Anda menggunakan aplikasi yang kompatibel seperti Message by Google, Anda dapat menggunakan semua yang ditawarkan protokol ini.

Bagaimana iMessage Terintegrasi Dengan RCS

RCS Message_2b

RCS Message. (Sumber: CNET)

Apple mengumumkan iMessage pada bulan Juni 2011, beberapa bulan sebelum pendirinya Steve Jobs meninggal pada tahun yang sama.

Tidak seperti RCS, iMessage adalah sistem perpesanan yang dikontrol secara eksklusif oleh Apple dan hanya tersedia di perangkat iPhone, iPad, Apple Watch, dan Mac. Mulai tahun 2024, Apple berencana menambahkan dukungan RCS ke aplikasi perpesanannya. Namun, saat ini kedua protokol tersebut tidak saling berkomunikasi.

Jadi, aplikasi perpesanan Apple akan menggunakan SMS/MMS secara default ketika pengguna mencoba mengirim file teks dan media ke seseorang dengan ponsel Android. Dari sudut pandang pengguna iMessage, tampaknya layanan Android terhenti di masa lalu pesan, meskipun masa lalu pesan tersebut bukan penyebab masalahnya.

Karena ketergantungan pada iMessage dan SMS/MMS untuk komunikasi Android, file media berbentuk piksel, tidak memiliki tanda terima atau label, dan tidak menyertakan banyak pengguna iPhone dan Android dalam obrolan grup yang sama.

Baca juga: Informasi Deretan Teknologi Di Asian Games 2023 Yang Canggih

Awal Mula Kelahiran RCS

RCS adalah proyek multi-segi yang melibatkan keterlibatan GSMA, sebuah badan profesional yang mewakili kepentingan industri komunikasi seluler secara keseluruhan.

Pada tahun 2015, Google berperan aktif dalam perluasan RCS dengan mengakuisisi Jibe Mobile. Dengan teknologi Jibe sebagai fondasinya, Google-lah yang benar-benar menyediakan perekat yang menyatukan lingkungan RCS.

Namun, untuk waktu yang lama, perusahaan gagal memastikan bahwa semua orang yang terlibat dalam RCS mendukung tujuan yang sama. Faktanya, tanggal peluncuran RCS adalah awal yang salah, dengan beberapa operator, termasuk grup yang mencakup AT&T, T-Mobile, dan Verizon, bekerja sama untuk sementara waktu untuk mempromosikan protokol tersebut sebelum akhirnya bergabung dengan Google.

Bahkan Samsung sempat membuat pilihannya sendiri untuk beberapa waktu sebelum akhirnya setuju untuk menjadikan perpesanan dari Google sebagai aplikasi perpesanan default pada ponsel di Amerika Serikat. Oleh karena itu, Apple tidak punya banyak alasan untuk mengadopsi RCS. Seperti tahun lalu, situasinya sepertinya tidak akan berubah dalam waktu dekat.

“Saya tidak mendengar pengguna kami meminta perusahaan untuk berupaya keras dalam hal ini,” kata CEO Apple Tim Cook di Code Conference 2022 ketika ditanya tentang postingan RCS.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Belakangan ini, iPhone SE 4 sedang ramai diberitakan. Kabar terkini menunjukkan bahwa Samsung telah menolak tawaran Apple untuk memproduksi panel OLED untuk...

Tech Industry

Unbox.id – Biasanya sebagian masyarakat masih meneruskan tradisi memberi bingkisan saat Natal dan Tahun Baru, tidak hanya kepada teman dekat dan sanak saudara saja,...

Tech Industry

Unbox.id – Pernahkah Anda membaca headline yang mengandung unsur clickbait? Judulnya eksplosif dan mengundang rasa penasaran, padahal isinya belum tentu sama. Situs clickbait ini...

Tech Industry

Unbox.id – Konferensi Perjalanan AI Internasional VIII diadakan di Moskow, Rusia, pada tanggal 22 hingga 24 November 2023. Acara tersebut merupakan forum terdepan bagi...