Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Android 15 Segera Hadir! Janjikan Keamanan Data Lebih Ketat

Android 15_1a
Android 15. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Pratinjau Android 15 baru saja diluncurkan ke pengembang aplikasi, bersama dengan versi terbaru Google Privacy Sandbox. Versi Developer Preview (DP) sistem operasi Android 15 akan meluncurkan serangkaian pembaruan, dimulai dari beta, stabilitas platform, dan terakhir rilis resmi pertama untuk perangkat Google pada Agustus 2024. Seperti fase DP sistem operasi Google sebelumnya, ada Seperti dilansir GSM Arena, belum ada fitur baru yang diperkenalkan. Memang Android 15 DP ditujukan untuk para developer agar aplikasi dan game mereka bisa berjalan lancar di sistem operasi Android 15. Namun ada fitur menarik yang didukung sistem operasi baru Google tersebut, yakni berbagi layar sebagian. Saat Android 15 diluncurkan, pengguna akan dapat merekam layar atau membagikan sebagian layar saat membuka aplikasi, tetapi tidak seluruh layar perangkat. Di Android 14, Google memperkenalkan fitur keamanan yang sama dengan yang biasa digunakan pengguna iOS tahun lalu, dan sepertinya Android 15 akan melakukan hal yang sama dengan beberapa perubahan baru.

Fokus Utama Google

Android 15_2b

Android 15. (Sumber: ShiftDelete)

Seperti disebutkan, privasi pengguna atau keamanan data telah menjadi prioritas utama Google sejak peluncuran Android 14.

Saat itu, perusahaan memperkenalkan Privacy Sandbox. Ini adalah proyek yang bertujuan untuk melindungi privasi pengguna di perangkat Android dan menciptakan “pengalaman periklanan yang dipersonalisasi untuk aplikasi seluler”.

Sistem operasi baru juga menawarkan Pembaruan memungkinkan pengembang untuk mengamankan integritas file aplikasi mereka sehingga tidak disusupi atau rusak. atau dimodifikasi oleh malware.

Versi DP Android 15 dapat diunduh dari situs pengembang Android mulai 15 Februari 2024, dan mungkin diluncurkan secara resmi pada musim gugur saat Google merilis ponsel Pixel baru dan perangkat Pixel lainnya.

Google Siapkan Pixel 8a

Google Pixel 8 dan 8 Pro baru diumumkan pada 6 September 2023, namun bocoran terkait model Pixel 8a sudah tersebar di internet. Informasi mengenai Pixel 8a terungkap melalui render yang dibagikan oleh OnLeaks dan SmartPrix, dan sepertinya ponsel Google ini memiliki bodi yang mirip dengan Pixel 8.

Selain berbagi nama yang sama, Pixel 8a juga mirip dengan Pixel 8a. 8 dan Piksel. 8Pro. Yang paling terlihat jelas adalah bagian tepi ponsel Android berbentuk bulat dan layarnya datar. Mirip dengan Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, Anda juga dapat melihat modul kamera khas Pixel di bagian belakang dengan lampu LED.

Mengutip GSM Arena, ponsel Android ini memiliki bodi berukuran 152,1 x 72,6 x 8,9 mm, dengan layar berukuran 6,1 inci dan kamera selfie di tengah layar.

Berdasarkan benchmark Agustus 2023, Pixel 8a berjalan dengan chipset Tensor G3 yang juga dipasang pada duo seri Pixel 8. Bedanya, kecepatan ponsel Google ini dikurangi. Pixel 8a juga akan mendukung RAM 8 GB dan menjalankan sistem operasi Android 14.

Sayangnya, masih belum jelas apakah Pixel 8a akan mendukung pembaruan sistem Android” yang telah dikembangkan selama 7 tahun, hai Pixel 8 dan 8 Pro. Menarik untuk melihat berapa harga Pixel 8a saat mulai dijual.

Jika masih menawarkan varian model utama yang “terjangkau”, ada kemungkinan besar ponsel besutan Google ini akan dijual. dengan harga di bawah $699.

Baca juga: Google, Meta, OpenAI, Dan Raksasa Teknologi Lainnya Teken Pakta Melawan Deepfake

Cek Spesifikasi dan Harga Googlr Pixel 8 dan Pixel 8 Pro

Google Pixel 8_3c

Google Pixel 8. (Sumber: Blog Google)

Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro akhirnya diumumkan dengan berbagai peningkatan, mulai dari hardware hingga fitur ponsel. Baik Google Pixel 8 maupun Pixel 8 Pro sama-sama dibekali chipset Tensor G3. Bedanya, Pixel 8 hadir dengan RAM 8 GB, sedangkan varian Pro maksimal 12 GB.

Kedua ponsel baru Google ini juga bersertifikasi IP68 sehingga tahan air dan debu. Berikut penjelasan lengkap mengenai kedua ponsel Android tersebut. Tampil sebagai varian kelas atas, Pixel 8 Pro menggunakan panel OLED QHD+ LTPO 120HZ berukuran 6,7 inci dan dilapisi Gorilla Glass Victus 2.

Untuk Pixel 8 Pro, pengguna dapat memilih tiga pilihan warna yang ditawarkan, seperti Biru, Obsidian dan Krem. Pixel 8 Pro dilengkapi dengan tiga kamera belakang, 50MP, 40MP ultra-wide, dan 48MP (5x zoom) dengan zoom digital hingga 30x pada resolusi super tinggi.

Untuk kamera depan, Google telah memasang Install kamera baru dengan resolusi 10,5 kali. Kapasitas MP. Selain itu, Google juga memasang sensor suhu khusus untuk varian Pixel 8 Pro. Disebutkan sensor ini hanya berfungsi membaca suhu.

Masih terkait fotografi, Google Pixel 8 Pro punya fitur eksklusif yakni Pro Control. Sementara itu, Photo Unblur, Eraser, Best Take, dan Macro Focus juga tersedia pada kedua model tersebut. Pixel 8 Pro menggunakan baterai 5.050mAh dengan kemampuan pengisian daya nirkabel 30@ dan 23W.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Google dikabarkan akan meluncurkan Android 15 dalam waktu dekat. Android terbaru ini akan memperkenalkan banyak fitur dan keamanan baru yang dapat meningkatkan...

Software

Unbox.id – Sementara peluncuran sistem operasi HyperOS berbasis Android 14 milik Xiaomi masih berlangsung, perusahaan telah memberikan gambaran umum tentang ponsel Xiaomi yang memenuhi...

Tech Industry

Unbox.id – Android 15 dikabarkan memiliki fitur penting yang memungkinkan pengguna melacak ponsel yang hilang meski dalam keadaan mati. Seorang pengembang Android mengungkapkan di...

Software

Jakarta, Unbox.id – Versi pratinjau pengembang pertama Android 15 telah rilis baru-baru ini. Pada pratinjau pengembang tersebut, Google menampilkan sedikit peningkatan privasi dan fitur...