Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Akan Ada Filter Baru Dari WhatsApp! Apakah Itu?

Aplikasi Fitur Whatsapp_1a
Aplikasi Fitur Whatsapp. (Sumber: Mid-day)

Unbox.id – Aplikasi chat Meta, WhatsApp, terus berkembang dengan memperkenalkan pembaruan terkini yang berfokus pada peningkatan UI/UX dan penambahan fitur. Salah satunya, dikutip Gizmochina, adalah update WhatsApp terbaru versi 2.23.19.7 yang tersedia melalui program beta Google Play. Diketahui, aplikasi chat ini akan menyediakan filter chat. Menurut WABetaInfo, fitur baru ini bertujuan untuk memberikan kontrol lebih besar kepada pengguna atas obrolan mereka. Dengan cara ini, pengguna dapat menyederhanakan proses pengelolaan dan penentuan prioritas pesan. Filter baru ini memungkinkan pengguna aplikasi WhatsApp untuk mengatur daftar obrolan grup mereka. Pengguna juga dapat memisahkan obrolan grup dari obrolan individual.

Tab Group Khusus

Untuk meningkatkan fungsinya, filter Pribadi telah diubah namanya menjadi Kontak. Filter Perusahaan juga telah dihapus dalam pembaruan ini dan sekarang ada filter tab Grup khusus.

Saat ini, fitur filter obrolan grup hanya tersedia untuk sekelompok penguji beta WhatsApp tertentu. Namun, fitur tersebut diperkirakan akan diluncurkan ke khalayak yang lebih luas dalam waktu dekat setelah perbaikan lebih lanjut.

Selain filter obrolan, WhatsApp secara aktif mengerjakan fitur lain, seperti verifikasi email dan kemampuan menyembunyikan alamat IP selama panggilan. Selain itu, pada versi beta terbaru, pengguna aplikasi chat juga dapat merespons pembaruan status pengguna lain dengan avatar, sehingga memperkaya pengalaman pengguna.

Berbagi Riwayat Pesan Group Chat di WhatsApp Channel

WhatsApp Fitur Baru_2b

WhatsApp Fitur Baru. (Sumber: Antara News)

Menurut laporan Android Police, WhatsApp berkembang pesat dalam beberapa waktu terakhir. Dari peluncuran saluran WhatsApp hingga penambahan dukungan peralihan lintas akun.

Pengguna yang masuk ke satu atau lebih saluran mungkin memperhatikan bahwa setelah bergabung, sejumlah besar postingan ditampilkan. Memang benar, fungsi berbagi riwayat telah diperkenalkan di seluruh saluran.

Di WhatsApp beta 2.23.18.5, WABetaInfo menemukan pengaturan baru bagi grup untuk mengelola pembagian riwayat terkini. Jika admin grup mengaktifkan opsi ini, semua orang di grup dapat mengetahuinya.

Sejak saat itu, ketika anggota baru bergabung, mereka dapat melihat riwayat obrolan selama 24 jam terakhir. Fitur Saluran pertama kali diperkenalkan pada bulan Juni di Singapura dan Kolombia. Kemudian diperluas ke tujuh negara lagi pada akhir Juli.

Seperti obrolan grup yang ada, pengguna yang bergabung dengan suatu saluran dapat melihat semua postingan dari 30 hari sebelumnya.

Tidak Hanya Memperbanyak Fitur, WhatsApp Juga Melindungi Privasi Pengguna

Selain itu, WhatsApp juga terus berupaya meningkatkan privasi pengguna. Pembaruan terkini (versi 2.23.18.15) yang dapat diakses melalui program beta Google Play menyoroti fokus aplikasi dalam melindungi data pengguna dan memastikan privasinya.

Menurut WABetaInfo, WhatsApp sebelumnya telah memperkenalkan fitur untuk membungkam penelepon tidak dikenal. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan panggilan dari nomor tak dikenal.

Kini, WhatsApp juga telah menciptakan fitur penerusan privasi untuk panggilan. Fitur ini dapat menyembunyikan alamat IP pengguna dan mencegah peserta panggilan menebak lokasinya. Namun sayangnya, metode ini mungkin sedikit menurunkan kualitas panggilan karena enkripsi.

Selain itu, dilansir sumber yang sama, WhatsApp juga melindungi privasi pengguna di WhatsApp Web beta. Aplikasi obrolan telah memperkenalkan fitur kunci layar yang memungkinkan pengguna melindungi aplikasi beta WhatsApp Desktop mereka dengan kata sandi.

Baca juga: WhatsApp Uji Coba Fitur Chat Lintas Platform

Pengguna Dapat Menggunakan Dua Akun pada Satu Perangkat yang Sama

Aplikasi Whatsapp_3c

Aplikasi Whatsapp. (Sumber: The Times)

Baru saja diumumkan, pengguna WhatsApp kini bisa menggunakan banyak akun di perangkat yang sama tanpa harus menggunakan cara yang ribet dan berbahaya.

Sebelumnya, pengguna harus mengkloning aplikasi WhatsApp atau menggunakan aplikasi penyimpanan paralel. Kedua cara ini berpotensi memperlambat perangkat dengan menjalankan Layanan Google Play secara paralel dan meningkatkan beban kerja CPU.

Neowin melaporkan, mulai WhatsApp Beta 2.23.18.21, pengguna di Android mungkin melihat fitur baru dengan tombol “Tambah Akun”. Fitur ini terbatas pada penguji beta tertentu, seperti yang disebutkan sebelumnya untuk versi 2.23.17.8.

Selain menambahkan kemampuan untuk menggunakan akun yang sama di beberapa ponsel, meluncurkan fitur ini secara lebih luas akan membuat aplikasi ini lebih mirip dengan Meta’s Messenger. Dalam pengumumannya ini, WhatsApp juga akan memperluas fungsi login dari login hanya dengan satu nomor telepon menjadi login berkali-kali.

WhatsApp telah menambahkan opsi perpesanan untuk memverifikasi alamat email sebagai saluran alternatif untuk menerima kode verifikasi.

 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Social Media

Unbox.id – WhatsApp beta terbaru yaitu beta 2.24.4.23 untuk Android menghadirkan pembaruan estetika pada tab Status. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat...

Apps & Games

Unbox.id – Selama bertahun-tahun, aplikasi perpesanan selalu memblokir pengguna untuk mengobrol dengan aplikasi perpesanan lain. Misalnya pengguna WhatsApp hanya bisa chatting dengan pengguna WhatsApp...

Apps & Games

Unbox.id – Banyak pengguna WhatsApp yang membagikan informasi dan pesan pribadinya melalui aplikasi chatting ini. Meski dilengkapi enkripsi end-to-end, aplikasi chatting ini sebenarnya memiliki...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru yang disebut Berbagi File Terdekat, yang memungkinkan pengguna berbagi file dengan kontak terdekat. WhatsApp versi beta terbaru...