Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

5 Aplikasi Wajib Untuk Dosen dan Mahasiswa

Student using smartphone (sumber: pronto.io)
Student using smartphone (sumber: pronto.io)

Last updated on 29 Juni, 2024

Jakarta, Unbox.id – Saat ini smartphone hampir sudah menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan kita. Hampir semua aktivitas yang kita lakukan tak luput dari peranan smartphone. Namun akan rugi bila kita tidak bisa memanfaatkan kehadiran dan kecanggihan teknologi smartphone untuk menunjang kegiatan akademis dan produktivitas.

Berikut adalah 5 aplikasi wajib yang sangat berguna untuk membantu dan menunjang kegiatan belajar dan mengajar bagi dosen dan mahasiswa.

WPS Office + PDF

WPS Office + PDF

WPS Office + PDF (sumber: huaweicentral.com)

Dosen maupun mahasiswa sudah pasti selalu bergulat dengan dokumen. Pada dosen atau mahasiswa bisa memanfaatkan smartphone dengan aplikasi ini untuk membuka, mengedit, hingga membuat dokumen Word, Excel, PDF hingga Powerpoint. Aplikasi ini tentu dapat membantu untuk mengolah dokumen dari smartphone secara mudah dan efisien.

CamScanner

aplikasi CamScanner

CamScanner (sumber: mobileappdaily.com)

Sebagai dosen atau mahasiswa terkadang sering mendapat dokumen berbentuk hardcopy. Dengan menggunakan CamScanner, para dosen dan mahasiswa tak perlu khawatir tas akan penuh barang bawaan karena dengan aplikasi ini kita dapat melakukan scan berbagai dokumen. Hasil scan yang dihasilkan dari aplikasi ini pun sangat jernih dan mirip dengan dokumen aslinya. Dengan begitu Anda tak perlu lagi membawa dokumen tersebut atau mencari alat scan biasa.

Baca juga: Laptop untuk Mahasiswa Teknik Informatika

EPerpusdikbud

aplikasi EPerpusdikbud

EPerpusdikbud (sumber: lpmpjogja.kemdikbud.go.id)

Seiring berkembangnya zaman, kini buku tak lagi hanya berbentuk fisik, melainkan terdapat versi digitalnya. Platform membaca ebook juga sudah banyak tersedia, bahkan banyak yang gratis, salah satunya yakni Eperpusdikbud.

Eperpusdikbud merupakan aplikasi perpustakaan digital yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan adanya aplikasi ini, tentu akan sangat berguna terlebih untuk para dosen dan mahasiswa guna dapat menambah wawasan dengan membaca buku tanpa harus mengeluarkan biaya. Aplikasi ini menawarkan koleksi berbagai genre buku, majalah, hingga koran digital.

Aplikasi ini juga sudah dilengkapi fitur e-reader guna untuk mengatur pencahayaan saat membaca, mencari cepat kata atau kalimat dalam buku, melompat ke halaman yang diinginkan, dan memberi bookmark.

Baca juga: 6 Aplikasi Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Evernote

Evernote

Evernote (sumber: evernote.com)

Mencatat merupakan kegiatan yang tak bisa dihidarkan dalam perkuliahan baik untuk mahasiswa maupun dosen. Aplikasi ini tentunya sangat berguna untuk menulis mulai dari catatan materi yang disampaiakan dosen, dan kita juga dapat menyisipkan foto, rekaman suara, hingga video ke dalam catatan Anda. Dengan begitu, Anda akan menghemat kertas dan tentunya Anda dapat membuka catatan tersebut kapanpun dan dimanapun. Aplikasi ini juga dapat disingkronisasikan melalui PC, jadi Anda dapat leluasa untuk melihat atau mengatur catatan Anda.

Baca juga: 2 Cara Menggabungkan File PDF di Android

Google Drive

Google Drive

Google Drive (sumber: gsmarena.com)

Para dosen maupun mahasiswa tentu memiliki dokumen penting untuk disimpan. Tentu aplikasi satu ini sudah tidak asing lagi, aplikasi ini sangat berguna untuk menyimpan berbagai dokumen, foto, file suara video, hingga file besar lainnya. Jika dulu kita masih menggunakan flashdisk atau hard disk sebagai media penyimpanan, dengan adanya penyimpanan online seperti Google Drive tentu dapat memudahkan kita dalam menyimpan dokumen penting dan tentunya gratis dan efisien.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: pronto.io, gsmarena.com, evernote.com, lpmpjogja.kemdikbud.go.id, mobileappdaily.com, huaweicentral.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Software

Unbox.id – Ingin mempelajari cara membuat kode di situs pengkodean terbaik? Jangan khawatir, Anda bahkan bisa belajar secara gratis tanpa biaya. Untuk berbagai situs...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini, beberapa temuan mencengangkan terkait platform dan aplikasi belajar dilaporkan oleh Human Rights Watch. Terdapat kasus pencurian dan penjualan data...