Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Mau Tau Coding? Ini List Website Aplikasi Belajar Coding Buat Pemula!

Coding_1a
Coding. (Sumber: Work Beyond Coding)

Unbox.id – Ingin mempelajari cara membuat kode di situs pengkodean terbaik? Jangan khawatir, Anda bahkan bisa belajar secara gratis tanpa biaya. Untuk berbagai situs pembelajaran koding, simak saja ulasan kami. Anda bisa memilih salah satu website yang kami rekomendasikan dan mulai belajar coding hingga menguasainya. Bagi Anda yang ingin memiliki keahlian dalam pemrograman, Anda perlu belajar coding. Kami memberikan rekomendasi 12 website coding gratis terbaik. Lumayan untuk mengisi waktu luang saat desktop atau laptop Anda menganggur.

Codecademy

Codecademy adalah salah satu situs web pengkodean gratis terbaik. Di website ini, ada lebih dari 24 juta orang yang belajar coding. Melalui website ini Anda dapat mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman, baik itu PHP, CSS, HTML, Javascript, Ruby, Python, jQuery dan masih banyak lagi.

Situs Codecademy sendiri mulai populer karena terbukti cukup efektif dan interaktif untuk pembelajaran. Di sana Anda dapat belajar kode langkah demi langkah dan Codecademy akan menyimpan pekerjaan Anda. Cukup menarik bukan?

Udemy

Udemy_2b

Udemy. (Sumber: Udemy Business)

Situs coding terbaik kedua yang bisa Anda pilih adalah Udemy. Situs pengkodean ini menawarkan ribuan kursus online yang bagus.

Meskipun sebagian besar mengharuskan Anda membayar biaya, Anda masih dapat menemukan kursus lain secara gratis. Dengan Situs Web Coding Dasar Udemy, nanti Anda akan mempelajari hal-hal berikut:

  • Web development.
  • Mobile application development.
  • Game development.
  • E-commerce site creation.

Coursera

Situs Coursera menawarkan kursus berbasis instruksional, pengkodean, dan sumber daya yang kemudian diajarkan secara tatap muka oleh profesor tingkat perguruan tinggi. Melalui situs web ini Anda dapat menemukan berbagai kursus pengkodean. Selama pengembangan dan pengelolaan situs web, Coursera bekerja dengan beberapa guru terbaik dari universitas terbaik.

Mempelajari dasar-dasar Coursera seperti belajar langsung dari ahlinya. Juga, setiap kursus di situs ini gratis atau gratis.

Namun, jika dalam kursus menginginkan sertifikat, ada biaya untuk mengubah sertifikat. Beberapa hal yang dapat Anda pelajari melalui situs ini antara lain:

  • Java
  • Phyton
  • CSS
  • HTML
  • IoT Programming
  • Introduction to programming

MIT OpenCourseWare

Ingin belajar pemrograman web otodidak? Anda dapat melakukannya di MIT OpenCourseWare. Situs web ini menawarkan semua kursus online untuk semua mahasiswa sarjana dan pascasarjana.

Dengan cara ini, meskipun Anda tidak belajar secara resmi di universitas ternama ini, Anda tetap dapat mengakses dan menerima pendidikan yang setara di MIT.

Di MIT OpenCourseWare, Anda dapat memilih berbagai mata pelajaran, seperti kursus ilmu komputer. Selain itu, Anda bahkan dapat mengambil kursus untuk program gelar atau kursus individu.

Baca juga: Cocok Buat Mining, Ini Deretan Game Aplikasi Mining Crypto

GitHub & edX

GitHub & edX_3c

GitHub & edX. (Sumber: edX)

Salah satu situs pengkodean terbaik di luar sana, memungkinkan Anda mencari buku referensi saat Anda sedang terburu-buru.

Di GitHub, Anda dapat mencari dan menemukan secara gratis tidak kurang dari 500 buku pemrograman yang mencakup lebih dari 80 bahasa pemrograman yang berbeda. Buku-buku yang tersedia selalu diperbarui.

Merupakan website pembelajaran yang tergolong open source. Situsnya sendiri sudah memiliki populasi pelajar tak kurang dari 5 juta.

Website edX sendiri memiliki beberapa kategori yang bisa Anda teliti, termasuk informasi berkualitas di kategori IT. Melalui website edX ini Anda bisa mengakses berbagai tutorial bahasa pemrograman, antara lain:

  • CSS
  • HTML
  • Java
  • JQuery
  • C++
  • SQL
  • Phyton
  • Mobile app development
  • C++

Bagi Anda yang menginginkan materi yang luar biasa, edX juga menawarkan kursus berbayar. Tapi jangan khawatir, Anda masih bisa belajar pemrograman dasar secara gratis.

hack.pledge()

Situs ini merupakan komunitas yang anggotanya adalah developer berpengalaman. Mereka akan berbagi dengan Anda pengetahuan mereka tentang dunia pengkodean dan banyak lagi. Di situs web hack.pledge(), Anda dapat meningkatkan keterampilan pengembangan dengan belajar dari saran pengembang terbaik di bidangnya.

Untuk memulai kursus ini, Anda harus terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota. Kemudian Anda dapat mempelajari pengembangan perangkat lunak, meningkatkan keterampilan pengkodean, dan banyak lagi.

Keuntungan dari hack.pledge() sendiri, selain belajar secara online, Anda juga bisa terhubung dengan mentor-mentor yang baik dan berpengalaman. Sangat menarik bukan?

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Huawei

Unbox.id – Huawei kabarnya akan merilis Gopaint, sebuah aplikasi melukis yang dikembangkan oleh Huawei untuk tablet. Merujuk pada akun resmi Huawei, Gopaint akan segera...

Huawei

Unbox.id – Huawei semakin aktif berkolaborasi dengan pengembang untuk menciptakan berbagai aplikasi asli untuk sistem operasi selulernya HarmonyOS. Undangan ini disampaikan oleh Rotating Chairman...

Tech Industry

Unbox.id – Emulator Delta akhirnya resmi diluncurkan di app store Apple, khususnya App Store, dan pengguna di seluruh dunia dapat mengunduhnya secara gratis, termasuk...

Tech Industry

Unbox.id – Belakangan ini banyak beredar pemberitaan tentang pengemudi transportasi online yang memaksa penumpangnya untuk mentransfer uang bahkan hingga melakukan kekerasan. Kabar ini pun...