Connect with us

Hi, what are you looking for?

Artikel

4 Fitur Tersembunyi Pada Gmail yang Jarang Diketahui

4 Fitur Tersembunyi Pada Gmail yang Jarang Diketahui (sumber: nypost.com)
4 Fitur Tersembunyi Pada Gmail yang Jarang Diketahui (sumber: nypost.com)

Jakarta, Unbox.id – Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat layanan berkirim pesan kini dapat dilakukan secara cepat dan efisien. Email adalah merupakan contoh dari revolusi pesan dan dokumen yang dulunya konvensional berupa surat, kini berubah menjadi digital.

Saat ini, Email merupakan sebuah sesuatu yang wajib dimiliki para pengguna smartphone, selain untuk dapat menikmati layanan dari Google dan media sosial, email juga dapat membantu kita dalam menjalankan pekerjaan, pendidikan, hingga aktivitas bisnis. Berbagai layanan email hadir untuk memudahkan seseorang dalam berkirim pesan, salah satunya yakni Gmail yang merupakan layanan berkirim pesan secara elektronik dari Google.

Gmail merupakan salah satu layanan email paling populer yang paling banyak digunakaan saat ini. Namun, walaupun memiliki banyak pengguna, Gmail memiliki beberapa fitur yang mungkin tak diketahui oleh banyak orang.  Beberapa fitur tersebut tentu dapat Anda manfaatkan untuk berkirim pesan, baik untuk pekerjaan, pendidikan, maupun bisnis.

Oleh karena itu, berikut adalah informasi mengenai 4 fitur dari Gmail yang mungkin jarang diketahui oleh pengguna.

Fitur offline

Fitur offline (sumber: fossmint.com)

Fitur offline (sumber: fossmint.com)

Jika Anda mungkin sedang ingin membaca beberapa email yang masuk namun tiba-tiba koneksi internet Anda terputus, ternyata Anda masih bisa memanfaatkan layanan dari Gmail walaupun sedang tidak memiliki koneksi internet. Anda dapat menggunakan cara ini dengan mengaktifkan fitur offline Gmail terlebih dahulu.

Cara mengaktifkan fitur offline Gmail ini pun juga cukup mudah. Anda tinggal masuk ke menu setelan, lalu klik pada tab Offline, lalu aktifkan fitur tersebut. Setelah mode offline Gmail aktif, Anda dapat mengunduh email yang hendak Anda baca dalam mode offline.

Baca juga: Kenali Apa itu Chromebook dan Bedanya Dengan Laptop

Fitur undo

Fitur undo (sumber: copper.com)

Fitur undo (sumber: copper.com)

Layanan Gmail ini memungkinkan Anda untuk membatalkan pesan elektronik atau email yang baru saja terkirim. Tentu fitur seperti ini sangat berguna jika Anda secara tidak sengaja salah alamat email atau terdapat lampiran yang kurang lengkap.

Akan tetapi, fitur Undo ini juga memiliki batasan waktu, yakni hanya pesan terkirim dalam rentang waktu tertentu saja yang bisa dibatalkan. Rentang waktu yang bisa dipilih antara 5 hingga 30 detik saja. Fitur ini secara otomatis akan muncul dibagian kiri bawah, ketika Anda berhasil mengirim email. Jadi jika Anda merasa ada yang salah, Anda memiliki rentang waktu tersebut untuk membatalkan pesan Anda dengan  klik Undo.

Fitur snooze

Fitur snooze (sumber: businessinsider.com)

Fitur snooze (sumber: businessinsider.com)

Gmail juga memiliki fitur penundaan pengiriman email atau snooze. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk mengatur waktu pengiriman email seperti yang dikehendaki.

Fitur ini dapat Anda temukan pada tab Terkirim, kemudian pilih pesan atau email yang hendak Anda tunda, kemudian klik pada ikon jam pada bagian kanan. Anda dapat menunda pengiriman hingga waktu yang tak terbatas.

Fitur mode rahasia

Fitur mode rahasia (sumber: howtogeek.com)

Fitur mode rahasia (sumber: howtogeek.com)

Untuk fitur kerahasiaan ini, Gmail memungkinkan Anda untuk dapat mengatur kerahasiaan email yang Anda kirim. Fitur ini dapat mengatur berapa lama pihak penerima email dapat membaca pesan email yang Anda kirim. Apabila Anda mengaktifkan fitur ini, Anda akan memberikan waktu tertentu terhitung sejak penerima membuka email hingga email tersebut tidak bisa dibaca lagi.

Baca juga: 4 Rekomendasi Aplikasi Webcam Untuk Laptop

Anda dapat mengaktifkan fitur ini ketika Anda membuat Pesan Baru atau sebelum pesan tersebut dikirim, caranya yakni klik pada ikon titik tiga pada bagian kanan bawah, kemudian pilih Aktifkan/nonaktifkan mode rahasia, lalu atur waktu sesuai yang Anda inginkan.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: nypost.com, howtogeek.com, businessinsider.com, copper.com, fossmint.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Setelah berhasil mengintegrasikan AI ke dalam produknya, kini Google akan menghadirkan fitur AI terbaru ke layanan Gmail. Fitur ini adalah ringkasan AI....

Apps & Games

Unbox.id – Google tampaknya mulai meluncurkan Gemini AI di layanan email Gmail-nya. Hal ini sejalan dengan kegigihan Google dalam mendistribusikan Gemini di seluruh layanannya....

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Duet AI merupakan fitur berteknologi kecerdasan, inovasi terbaru Google yang memudahkan pengguna untuk mengerjakan berbagai tugas. Kehadiran fitur AI yang satu...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Hampir semua orang mendapat banyak email setiap hari. Pada bulan Oktober tahun ini, Google telah memberikan pengumuman menarik terkait kebijakan baru...