Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

3 Kemungkinan Penyebab Aplikasi WhatsApp Down

Whatsapp error_1
Adanya masalah pada aplikasi WhatsApp bisa berdampak kepada aktivitas para penggunanya. (Sumber: Pikiran Rakyat)

Last updated on 31 Oktober, 2022

Unbox.id – Pada tanggal 25 Oktober 2022 kemarin di hari Selasa, jagad dunia maya di seluruh Indonesia dan juga tak terkecuali di Indonesia mengalami kehebohan. Ya, kehebohan ini sendiri diakibatkan salah satu aplikasi media sosial yang cukup penting untuk digunakan dalam keseharian para penggunanya yaitu WhatsApp telah mengalami gangguan. Dengan adanya gangguan tersebut, tak heran jika aplikasi WhatsApp Down dan tidak bisa diakses oleh penggunanya untuk mengirimkan pesan untuk berkomunikasi. Tentunya hal ini menjadi pehatian warganet dan berbondong-bondong memberikan tangapannya di aplikasi media sosial lainnya. Seriring akan hal itu, ternyata ada beberapa sebab kemungkinan jika aplikasi WhatsApp down kemarin karena disebabkan oleh beberapa hal. Lantas, apa saja yang memungkingkan terjadinya down pada aplikasi tersebut?

Human Error

Whatsapp error_2

Kesalahan pada operatornya atau human error bisa menjadi salah satu penyebab sebuah aplikasi mengalami kendala atau error. (Sumber: Mitranews)

Salah satu hal yang mungkin bisa terjadi yang menyebabkan aplikasi WhatsApp Down adalah dari kesalahan manusia atau istilahnya bisa dieketahui sebahai human error. Para penggunanya tentu menegtahui bahwa sebuah sistem akan berjalan operasionalnya apabila dijalankan oleh para tenaga IT profesional yang mampu menjaga sistem tersebut agart tetap berjalan seperti sedia kala. Itulah mengapa disebut adanya Manager Server yang mampu menjaga funsgionalitas dari perangkat sistemnya tersebut.

Terlabih akibat adanya WhatsApp down di waktu kemarin, kemungkinan adanya human error bisa saja terjadi. Untuk mengecek dan memonitor berjalannya sistem yang ada, pastinya membutuhkan tenaga ekstra beserta adanya ketelitian lebih untuk bisa menggunakan perangkat sistemnya tersebut bai para penggunanya.

Lewat adanya kejadian down pada sebuah aplikasi, kejadian human error pastinya bisa mempengaruhi kejadian yang terjadi di waktu kemarin tersebut pada aplikasi WhatsApp. Dalam hal ini, pihak dari sang pengembangnya juga turut mengecek lebih lanjut apakah adanya kesahalahan dari manusia atau human error yang mengakibatkan downnya keberlangsungan sistem untuk digunakan oleh para penggunanya itu.

Baca juga: Mengganggu? Ini Cara Matikan Notifikasi WhatsApp Di Windows 10

Kerusakan Pada Jaringan

Kemungkinan lainnya yang menyebabkan aplikasi WhatsApp down seperti waktu kemarin adalah adanya kerusakan pada jaringan. Jaringan pastinya menjadi sebuah hal yang penting dan juga esensial untuk keberlangsungan dari sebuah platform sistem digital. Tentunya dalam hal ini, jaringan tersebut membutuhkan server yang dapat mengolah data yang dikirimkan atau diberikan oleh para penggunanya.

Terlepas akan yang terjadi, kerusakan pada jaringannya bisa menjadi salah satu pemicu aplikasi WhatsApp down dan cukup mengganggu bagi aktivitas dalam waktu kesehariannya. Perlu diketaui jika jaringan server pada WhatsApp ini menjadi sangat penting di mana para penggunanya sudah sering melakukan komunikais dengan pengguna lainnya. Bahkan seperti foto, video, catatan, hingga pesan yang dikirimkannya itu memerlukan server untuk berjalannya aplikais operasi sistemnya itu.

Namun apabila salah satu server jaringan mengalami gangguan, maka rasa error terhadap aplikasi yang dihadirkannya itu bisa terjadi dan cukup mengganggu bagi par penggunanya tersebut.

Baca juga: Ketahui Fitur Baru WhatsApp Yang Semakin Canggih

Kerusakan Pada Hardware

Whatsapp error_3

Kerusakan pada sistem hardware bisa menjadi salah satu penyebab WhatsApp Down seperti kemarin. (Sumber: Jabarexpress)

Hadrware atau perangkat keras pada sebuah aplikasi memang menjadi bagian yang penting untuk bisa digunakan bagi para penggunanya secara menyeluruh. Perlu diketahui bahwa sebuah hardware bekerja selama hampir 24 jam dan 7 hari penuh yang mana untuk menghadirkan performa layanan mumpuni bagi para penggunanya. Dengan masifnya penggunaan itu, hardware bisa saja cepat rusak dan perlu mendapatkan perawatan secara berkala terlebih dahulu untuk kembalikan performanya.

Apabila salah satu hardware sedang rusak ataupun sedan dalam perbaikan, pastinya sebuah aplikasi bisa dengan mudah karena kinerjanya menurun. Hal ini juga yang memungkinkan WhatsApp down yang membuat para penggunanya tidak dapat mengakses aplikasi tersebut untuk berkomunikasi kepada para pengguna lainnya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Apple di Tiongkok mungkin tidak lagi dapat menemukan dan mengunduh aplikasi WhatsApp dan Threads dari App Store. Menurut Wall Street Journal...

Social Media

Unbox.id – Setelah menyaksikan pesatnya perkembangan AI, Meta pun tak tinggal diam. Perusahaan induk Facebook telah berupaya menerapkan AI ke dalam ekosistemnya selama beberapa...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru untuk memberikan informasi tentang kontak yang baru saja diunggah. Untuk memperkuat posisi WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan nomor...

Apps & Games

Unbox.id – WhatsApp, platform perpesanan instan terkemuka di dunia, secara aktif menjajaki pengintegrasian fitur-fitur kecerdasan buatan, yang juga dikenal sebagai AI. Meta dikatakan sedang...