Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech News

Terbongkar, OnePlus dan Meizu Curangi Hasil Benchmark

Hasil benchmark mungkin tidak dapat sepenuhnya menggambarkan kinerja sebuah smartphone. Namun kebanyakan orang menjadikan benchmark sebagai patokan kemampuan ponsel. Itulah sebabnya beberapa tahun lalu Samsung dan HTC sempat menuai sensasi negatif karena keduanya mencurangi skor benchmark perangkat mereka. Kelakuan kurang baik ini yang ternyata diikuti oleh OnePlus dan Meizu.

Melalui laporan XDA diketahui OnePlus dan Meizu ketahuan mencurangi hasil benchmark pada perangkatnya.  Keduanya sengaja menerapkan tweak pada perangkatnya OnePlus 3T dan Meizu 6 yang membuat kinerja prosesor dan kecepatan clock akan meningkat saat smartphone menjalankan aplikasi uji benchmark seperti AnTuTu dan GeekBench.

OnePlus 3T menjadi smartphone dengan hasil benchmark tertinggi di dunia dengan skor 163.000. Membuatnya melibas smartphone flagship ternama macam LG G5 dan Galaxy S7.

Pasca beredarnya laporan ini OnePlus langsung memberikan pernyataan resmi. Menurut mereka hasil benchmark dengan Oxygen OS ini untuk membantu pengguna memaksimalkan performa gaming dan aplikasi lain yang membutuhkan kinerja tinggi.

“Dalam rangka memberikan pengalaman yang lebih baik pada pengguna saat menggunakan aplikasi dan permainan, terutama dengan aplikasi membutuhkan grafis tinggi, kami menerapkan mekanisme tertentu  untuk memicu prosesor agar bekerja lebih agresif,” tulis OnePlus dalam pernyataan resminya seperti dilansir AndroidPit.

Berdasarkan pernyataan tersebut tersirat bahwa OnePlus secara tidak langsung mengakui perbuatan “mencurangi” hasil benchmark perangkatnya. Sedangkan hingga berita ini diturunkan pihak Meizu belum memberikan tanggapan apapun terkait laporan ini.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Jakarta, Unbox.id — Baru-baru ini, salah satu produsen ponsel pintar asal China, OnePlus telah meluncurkan pembaruan sistem operasi OxygenOS versi 14.0.1.427. Pembaruan sistem operasi...

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id — Salah satu brand produsen perangkat ponsel cerdas asal Tiongkok, Meizu, hingga saat ini masih terus berinovasi dengan mengeluarkan produk andalannya. Beberapa...

Artikel

Jakarta, Unbox.id — OnePlus kabarnya tengah mengerjakan tablet andalannya, Pad 3. Dalam postingan X baru-baru ini oleh Max Jambor, jangka waktu peluncuran tablet tersebut...

Tech Industry

Unbox.id – Pernahkah Anda bertanya-tanya ponsel Android mana yang tercepat di pasaran saat ini? Hal ini tentu sering muncul di kalangan pengguna smartphone. Apalagi...